10 Gerakan Workout di Rumah dengan Hasil yang Memuaskan


 

Hidup sehat tak perlu harus pergi ke pusat kebugaran. Berkat niat dan konsisten, siapapun bisa sehat dengan melakukan 10 macam gerakan workout di rumah.

Ke sepuluh gerakan itu mudah dikerjakan, tidak memerlukan tempat yang luas dan hanya mengandalkan barang sehari-hari yang selalu ada di rumah misalnya tisu untuk alat bantu workout.

Selain alat bantu, tisu juga perlu disediakan saat olahraga di rumah untuk mengusap keringat. Pastikan tisu yang dipilih harus punya daya serap baik karena tebalnya 2 ply. Bahkan kehebatan tisu tersebut bisa Anda dapatkan dengan harga yang murah.

Artikel ini akan membahas 10 rekomendasi gerakan workout di rumah sekaligus merek tisu yang wajib disediakan.

10 Gerakan Workout di Rumah yang Gerakannya Mudah

Ayo hidup sehat dengan melakukan 10 gerakan workout di rumah ini secara rutin:

1. Frog Leaps

Frog leaps atau lompat katak adalah gerakan workout di rumah yang tidak memerlukan banyak alat. Selain itu Frog Leaps dipilih banyak dipakai karena tidak memerlukan tempat yang luas untuk melakukannya sehingga Anda dapat melakukan lompat katak di dalam kamar saja.

Fungsi gerakan Frog Leaps diantaranya dapat memperkuat otot, meningkatkan kelincahan, meningkatkan kecepatan dan meningkatkan ketangkasan.

Frog Leaps memerlukan satu alat saja sebagai alat pembantu yaitu tisu jenis apapun. Caranya bukalah kaki selebar pinggul. Kemudian, letakkan satu gulungan tisu di depan kaki yang sudah dibuka selebar pinggul. Pastikan tisu toilet tersebut berada tepat di tengah-tengah kaki depan.

Jongkoklah dan ambil tisu toilet itu. Angkat kedua tangan yang sudah memegang tisu ke atas kepala. Lakukan lompatan sambil meluruskan lengan Anda dan mengangkat tisu toilet jauh di atas kepala Anda.

Tutorial lompat katak pakai tisu selengkapnya pernah dijelaskan oleh laman resmi tisu ramah lingkungan Indonesia.

2. Jumping Jacks

Jumping jacks mampu meningkatkan kebugaran tubuh meskipun Anda melakukannya di rumah saja. Gerakan workout di rumah ini dengan cara melompat sambil merentangkan kaki dan tangan secara bersamaan ini tidak hanya melatih kekuatan otot, tetapi juga memperkuat sistem kardiovaskular. Maka dari itu rutinlah untuk melakukan Jumping Jacks agar detak jantung akan menjadi lebih stabil dan sirkulasi darah pun akan meningkat.

Mulailah dengan berdiri tegak dengan kedua kaki rapat dan kedua tangan di sisi tubuh. Kemudian, lompatlah sambil merentangkan kedua kaki selebar bahu dan mengangkat kedua tangan ke atas seakan-akan ingin bertepuk tangan. Setelah itu, kembali ke posisi awal dengan melompat kembali dan merapatkan kaki serta menurunkan tangan.

3. Push Up

Terdapat tiga jenis Push Up yang kerap dilakukan di rumah yaitu Sphinx push up, Push up tepuk tangan dan Push up spiderman.

Sphink push up berfungsi untuk melatih otot tricep, otot dada, otot perut dan otot bahu karena gerakannya yaitu tangan naik dan turun, sambil menjaga agar kaki, bokong dan bagian tubuh atas tetap sejajar.

Push up tepuk tangan merupakan variasi push up di mana Anda bertepuk tangan saat lengan lurus. Agar posisi dada Anda tidak terlalu turun saat melakukan ini, maka pakailah  tisu toilet untuk alat bantu gerakan workout push up yang kemudian diletakkan di dada Anda.

Push up spiderman adalah gerakan workout di rumah yang unik karena dapat menggunakan tisu toilet. Siapkan dua tisu toilet di samping tubuhmu. Saat melakukan push up, jika lenganmu sudah lurus, angkat salah satu kakimu dan arahkan lututnya ke tisu toilet yang terdekat. Lakukan hal yang sama dengan kaki yang satunya. Ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali untuk setiap sisi.

4. Wall Sit

Wall sit termasuk gerakan workout di rumah yang sederhana dan juga efektif. Tak heran jika Wall sit dimasukkan ke dalam daftar 10 gerakan workout di rumah.

Fungsi gerakan Wall Sit yaitu untuk menguatkan otot kaki dan meningkatkan daya tahan tubuh bagian bawah. Caranya mudah, cukup sandarkan punggung ke dinding dan tekuk lutut hingga membentuk sudut 90 derajat. Tahan posisi ini selama 30 detik atau sesuai kemampuanmu.

5. Triceps Dip

Gerakan Triceps Dip dimulai dengan membelakangi bangku dan letakkan kedua tangan di tepi bangku, sejajar dengan bahu. Jari-jari harus menghadap ke depan kemudian rentangkan kaki ke depan sehingga hanya tumit yang menyentuh lantai.

Turunkan tubuh secara perlahan hingga siku membentuk sudut 90 derajat. Tahan sebentar, lalu dorong tubuh kembali ke atas hingga lengan hampir lurus dan ulangi gerakan ini beberapa kali.

Triceps Dip dapat dilakukan di kantor saat jam istirahat agar mengurangi rasa lelah setelah berjam-jam duduk. Gerakan workout di rumah ini sangat efektif untuk memperkuat tubuh bagian atas, serta membantu membentuk otot trisep.

6. Plank

Berbaringlah telungkup dengan kedua tangan lurus di samping tubuh, sejajar dengan bahu. Tekuk siku sedikit lalu dorong tubuh ke atas hingga hanya ujung kaki dan telapak tangan yang menyentuh lantai. Pastikan posisi tubuh membentuk garis lurus dari kepala hingga tumit. Kencangkan perut dan tahan posisi ini selama 5-30 detik.

Selain gerakan di atas, Anda juga dapat melakukan gerakan Plank Side. Caranya berbaringlah menyamping dengan salah satu lengan lurus di bawah bahu sebagai penyangga tubuh. Lengan yang satunya lagi letakkan di atas pinggang untuk menjaga keseimbangan.

Kedua gerakan Plank tersebut dapat dilakukan dengan satu alat bantu yaitu tisu toilet. Cara melakukan  gerakan workout di rumah pakai tisu toilet

pernah dijelaskan di laman resmi pabrik tisu terbesar di Indonesia.

Fungsi Plank diantaranya memperkuat bagian atas dan inti tubuh, meningkatkan fleksibilitas tubuh, meningkatkan stabilitas tulang bagian atas tubuh. Manfaat tersebut dapat dirasakan

7. Squat

Siapkan beberapa tisu toilet dan susun menjadi beberapa tumpukan setinggi lutut. Letakkan tumpukan tisu tersebut di belakang lutut kemudian buka kedua kakimu selebar pinggul dan luruskan kedua tanganmu ke depan.

Turunkan badanmu perlahan sampai hampir menyentuh tisu toilet. Tahan posisi jongkok ini selama 60 detik. Latihan ini sangat efektif untuk menguatkan otot betis, paha, dan perut.

Fungsi gerakan squat adalah untuk melatih bagian bawah dan bagian inti tubuh.

Cara Squat itu dapat dilakukan di rumah apalagi bagi Anda yang punya persediaan tisu toilet. Maka dari itu siapkanlah tisu toilet Anda di rumah dengan belanja di toko resmi merek tisu terkenal di Indonesia.

8. Zumba

Zumba lahir secara tidak sengaja saat Beto Perez, seorang instruktur aerobik, kehabisan musik senam. Ia kemudian mengganti musiknya dengan lagu-lagu Latin dan menciptakan gerakan-gerakan baru yang menggabungkan senam dan tarian. Karena mendapat sambutan yang baik, Beto pun mengembangkan Zumba dan menjadikannya sebuah program kebugaran yang populer.

Kini melakukan Zumba tidak harus pergi ke pusat kebugaran. Anda dapat melakukan Zumba di rumah saja dengan melihatnya di kanal Youtube.

Meskipun di rumah saja namun gerakan workout di rumah ini mampu menghilangkan stress, menurunkan berat badan, menurunkan risiko diabetes dan lainnya.

9. Pilates

Semua gerakan pilates diciptakan untuk dilakukan secara perlahan dan fokus, dengan memperhatikan teknik pernapasan yang benar. Setiap gerakan pilates melibatkan otot-otot dalam tubuh dan membutuhkan konsentrasi penuh. Selain menggunakan berat badan sendiri, kamu juga bisa menggunakan alat bantu seperti pilates roller atau toning ball untuk menambah variasi latihan.

Meskipun terlihat mudah namun Pilates termasuk gerakan workout di rumah yang perlu pendampingan orang yang ahli. Kesalahan gerak dalam Pilates dapat menyebabkan sendi terkilir.

10. Sit Up

10 gerakan workout di rumah yang terakhir ini pasti banyak dilakukan. Gerakannya tidak membutuhkan alat-alat khusus dan ruang yang besar. Bahkan Anda dapat melakukan gerakan sit up di dalam kamar saja.

Fungsi gerakan Sit Up adalah untuk memperkuat otot perut. Agar manfaat Sit Up terasa dengan optimal maka lakukanlah cara-cara yang tepat yaitu dengan berbaring telentang, tekuk lutut, dan letakkan tangan di belakang kepala. Angkat tubuh bagian atas hingga siku menyentuh lutut, lalu turunkan perlahan. Ulangi lagi seperlunya

Lakukan Gaya Hidup Sehat Pakai Tisu Multifungsi yang Ramah Lingkungan

Siapa bilang hidup sehat harus mahal? Buktinya 10 gerakan workout di rumah dalam artikel ini bisa dilakukan kapan saja tanpa mengeluarkan uang. Lakukanlah rutin agar hasilnya optimal untuk tubuh Anda.

Rutinlah juga untuk menciptakan lingkungan yang sehat dengan aktivitas ramah lingkungan yang dimulai dari rumah misalnya memilih tisu yang berbahan baku ramah lingkungan yaitu Tissue See-U.

Tissue See-U tersedia dengan berbagai jenis yang pasti Anda butuhkan sehari-hari. Dengan daya serap baik dan terbukti ramah lingkungan membuat Tissue See-U adalah pilihan bagi orang-orang yang ingin mewujudkan hidup sehat dan berkelanjutan.

Dapatkan Tissue See-U lewat smartphone dengan mengakses toko resmi yang menjual jenis Tissue See-U terlengkap dan harga terjangkau dengan klik tombol di bawah ini.

 

Referensi:

https://rey.id/blog/kesehatan/hidup-sehat/gerakan-workout-di-rumah/

https://www.sehataqua.co.id/workout-untuk-pemula/

 
 



Diposting oleh : Ella
pada 04 September 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer