6 Gorengan Khas Jawa Tengah dan Kota Asalnya yang Ternikmat



 

Gorengan menjadi makanan yang menggugah selera karena beragam rasa gorengan dapat Anda temukan. Bagi Anda yang mengunjungi Jawa tengan, jangan lupa coblah aneka gorengan khas jawa tengah. Itu akan lebih afdol jika Anda merasakannya langsung di kota asalnya.

Jawa tengah terdiri dari beberapa kota besar. Beberapa kota-kota tersebut berhasil menghadirkan gorengan yang nikmat untuk disantap.

Kami tak memungkiri bahwa Anda bisa jadi akan menemukan gorengan-gorengan di artikel ini. Tapi mencoba gorengan ini di kota asalnya akan menghasilkan rasa yang lebih nikmat. Hal itu bisa jadi karena bahan baku yang rasanya berbeda dari kota-kota lainnya.

Menyantap gorengan tak lupa untuk membawa tisu. Benda tersebut berguna untuk menghindari minyak menempel ke tangan yang pasti akan mengganggu kenyamanan Anda. Untuk itu simaklah artikel ini hingga selesai.

1. Gorengan Khas Jawa Tengah dari Aci

 
tahu aci
 

Kota di jawa tengah yang punya gorengan khas adalah Kota Tegal. Gorengan khas jawa tengah dari Tegal adalah tahu aci. Seperti namanya, makanan ini terbuat dari dua bahan utama yaitu tahu dan adonan tepung atau aci.

Jenis tahu yang digunakan untuk pada tahu aci khas tegal adalah tahu kuning. Ternyata tahu kuning ini punya perbedaan dari tahu yang berwarna putih. Tahu kuning adalah tahu yang diolah dengan campuran garam dan kunyit. Dengan demikian tahu kuning memiliki rasa yang gurih, warna yang memikat, sekaligus tekturnya yang lembut.

Tahu untuk bahan baku gorengan khas jawa tengah ini sulit ditemukan diluar kota tegal. Oleh karena itu cobalah untuk menikmatinya langsung di kota asalnya. Dengan demikian Anda pun dapat merasakan cita rasa tahu kuning yang nikmat.

2. Tempe Mendoan

 
tempe mendoan
 

Tempe mendoan adalah gorengan khas jawa tengah yang berasal dari Kota Banyumas. Gorengan ini terbuat dari tempe yang sangat tipis dan dibalut dengan adonan tepung. Sebelum adonan tepung tersebut telah diberi bumbu penyedap sekaligus taburan daun bawang sesuai selera.

Cara pembuatannya tidak berbeda jauh dengan tempe tepung yang lain. Namun yang membedakan adalah cara pemasakannya.Mendoan berarti setengah matang. Artinya gorengan khas jawa tengah ini dinikmati saat gorengan tersebut masih bertekstur empuk.

Tempe mendoan punya warna yang cenderung putih. Itulah yang dimaksud dengan tempe mendoan yang sebenarnya.

3. Tahu Petis

 
tahu petis
 

Gorengan ini masih menjadi perdebatan karena bahan baku utamanya. Ada yang mengatakan bahwa petis berasal dari cirebon Jawa Barat. Hal itu karena bahan baku petis berasal dari rebon yang identik dengan Kota Cirebon. Namun di satu sisi, petis juga di klaim sebagai makanan dari Sidoarjo karena kota tersebut banyak yang masih menjadi nelayan.

Terlepas dari dimana asal petis, yang jelas tahu petis adalah satu kesatuan gorengan khas jawa tengah tepatnya dari Kota Semarang. Gorengan ini menggunakan tahu putih yang digoreng. Tahu putih yang digunakan untuk tahu petis adalah tahu padat sehingga dalamnya dapat diisi oleh petis.

Petis adalah semacam pasta coklat yang terbuat dari aneka hasil laut seperti ikan, udang, dan kupang. Dalam gorengan ini, petis yang digunakan sebelumnya dengan bumbu racikan. Dengan demikian, rasa petis terasa lebih gurih, manis dan ada sedikit rasa pedas. Bumbu racikan tersebut sesuai dengan selera.

4. Lumpia

 
lumpia
 

Jika Anda menemukan gorengan ini diluar kota semarang, maka cobalah bandingkan dengan lumpia khas semarang. Salah satu gorengan khas jawa tengah (Semarang) ini punya tempat yang legendaris di semarang. Bahkan lumpia yang diolah pada tempat tersebut kerap dijadikan sebagai oleh-oleh khas semarang.

Lumpia Semarang punya sejarah tersendiri. Makanan ini berawal dari kisah cinta berbeda negara yaitu Tjoa Thay Yoe, seorang pendatang dari China yang singgah ke Semarang yang menjual beragam makanan berbahan babi dan juga rebung di Pasar Johar, Semarang. Kemudian bertemu dengan Wasih, pedagang makanan berasal dari jawa yang berbahan dasar udang dan kentang. Pernikahan kedua insan tersebut menciptakan makanan yang menghindari unsur daging babi. Makanan yang tercipta tersebut adalah lumpia semarang yang dikenal hingga hari ini.

5. Rondo Royal

 
rondo royal
 

Gorengan khas jawa tengah bernama Rondo Rpyal berasal dari Kota Jepara. Rondo royal punya cita rasa yang nikmat karena terbuat dari tape dicelupkan dalam adonan tepung basah kemudian di gorenga.

Rondo royal akan lebih enak jika dinikmat dalam kondisi hangat. Apabila adonan suai ukuran maka gorengan ini akan terasa renyah dan lembut di dalam. Dikarenakan bahan bakunya adalah tape maka cita rasa manis dan gurih sangat terasa pada makanan ini.

6. Tempe Kemul

 
tempe kemul
 

Tempe kemul sekilas mirip dengan tempe mendoan. Akan tetpi tempe kemul di goreng hingga adonan tepungnya lebih renyah.

Umumnya tempe kemul berwanra kuning. Warna kuning itu di dapatkan dari adonan tepung yang dudah dicampukan oleh kunyit. Gorengan khas jawa tengah ini cenderung lebih banyak tepung daripada tempenya.

Jika dibandingkan dengan tempe mendoan, tempe kemul lebih banyak tepungnya daripada tempe. Agar lebih nikmat, adonan tempe kemul sudah diberikan daun bawang merah. Kemudian gorengan ini dinikmati dengan lombok. Cita rasanya semakin beragam karena ditambah dengan rasa pedas yang Anda miliki.

Tisu untuk Gorengan

 
tissue gorengan
 

Dalam artikel ini, tisu untuk gorengan yang kami maksud adalah tisu untuk mengambil gorengan tersebut. Bahkan tisu yang kami maksud bisa digunakan untuk tatakan pengganti piring ketika Anda mengambill gorengan-gorengan di atas.

Tisu untuk gorengan ini adalah jenis tisu wajah. Tisu ini mampu digunakan untuk menghindari noda minyak menempel ke tangan Anda.

Apalagi tisu ini sering kita temukan di meja. Dengan demikian Anda dapat menikmati gorengan dan mengambil tisu yang sudah tersedia di meja Anda.

Semua merek tisu pasti mengeluarkan tisu wajah. Namun pilihlah tisu wajah yang digunakan untuk mengambil gorengan.

Tisu wajah dari merek tertetntu tidak terlalu kuat. Akibatnya tisu tersebut menjadi mudah robek dan menjadi beberapa serpihan. Sayangnya serpihan tersebut bsa jadi akan menempel pada gorengan. Lantas bagaimana jika serpihan tisu tersebut tidak sengaja termakan?

Demi kesehatan Anda, maka kami sarankan untuk menggunakan tisu untuk gorengan yaitu tisu wajah dari Plenty.

Punya 3 Ply membuat minyak dari gorengan dapat teresap dalam tisu. Maka dari itu minyak tidak akan menembus tangan Anda.

Tisu wajah Plenty lebih kuat yang artinya tidak akan menimbulkan serpihan sekalipun digosokkan. Berikut ini macam-macam tisu wajah plenty yang harus Anda miliki:

  1. Classic Series; 250 Sheets
  2. Classic Series; 700 Gram
  3. Classic Series ; 120 Sheets; Hardpack
  4. Eco Value Series; 200 Sheets
  5. Green Value Series; 625 Gram
  6. Eco Series Series; 675 Gram

Nikmati Gorengan Khas Jawa Tengah dan Jaga Kebersihan dengan Plenty

Gorengan adalah makanan yang nikmat bagi masyarakat Indonesia. Disamping kenikmatannya, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dengan menggunakan tisu wajah Plenty.


Referensi:
  • https://food.detik.com/info-kuliner/d-6454555/5-jenis-gorengan-khas-jawa-tengah-yang-manis-hingga-gurih
  • https://www.kompas.com/
  • https://www.idntimes.com/food/dining-guide/aristy-dhila/gorengan-tradisional-khas-jawa-tengah-agp-c1c2

 
 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 14 March 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer