10 Jajanan Tradisional Jawa Timur Ternikmat dan Wajib Dicoba


 

Jawa Timur terkenal dengan tempat wisata sekaligus jajanan tradisional yang masih lestari. Aneka jajanan tradisional Jawa Timur masih mudah ditemukan di pasar tradisional hingga pasar modern.

Bertahannya jajanan tradisional itu berkat kreativitas kita dalam mengkreasikan jajanan tersebut. Dengan kresi itu maka jajanan tradisional khas Jawa Timur kian percaya diri untuk bersaing di tengah banyaknya jajanan luar negeri yang mulai masuk ke Indonesia.

Selain karena inovasi, betahannya jajanan tradisional Jawa Timur karena munculnya inovasi pengganti bungkus tradisional. Salah satu pengganti bungkus tradisional itu lebih terjamin kebersihannya dan bebas kontaminasi zat bahaya.

Artikel ini akan mengajak Anda untuk mengetahui aneka jajanan tradisional dari Jawa timur serta kertas bungkus yang dimaksud.

Ragam Jajanan Tradisional Jawa Timur

Anda masih dapat menemukan aneka jajanan tradisional jawa timur yang berikut ini ketika mengunjungi kota-kota di Jawa Timur:

1. Brem

brem

Jajanan tradisional Jawa Timur ini asalnya dari Madiun. Bahan pokok pembuatan brem adalah ketan hitam yang diambil sarinya dan kemudian diendapkan selama satu hari semalam.

Brem punya cita rasa yang khas karena rasanya asam dengan sensasi dingin yang menyegarkan di mulut. Saat dimakan, rasanya manis dan lembut, serta teksturnya pun cukup empuk sehingga mudah dinikmati.

2. Gethuk Pisang

Gethuk Pisang adalah makanan tradisional Jawa Timur yang berasal dari Kediri yang terbuat dari jenis pisang raja nangka.

Mula-mula pisang raja nangka dikukus selama 10 jam. Kemudian ditumbuk halus dan diberi pemanis gula dan diaduk setelah itu  diletakkan di atas daun pisang yang kemudian digulung dan diberi lidi di kedua ujungnya.

3.Kue Geti

Kue Geti berasal dari Tulungagung yang terbuat dari campuran kacang tanah, wijen, dan gula merah yang direkatkan dengan rebusan gula pekat.

Jajanan tradisional Jawa Timur ini cocok untuk cemilan segala situasi. Tak heran jika makanan ini digemari oleh semua kalangan karena rasanya yang manis.

4. Madumongso

mm

Madumongso adalah jajanan tradisional Jawa timur tepatnya di Kota Ponorogo. Jajanan ini terbuat dari ketan hitam yang dimasak mirip dengan dodol dan dibungkus dengan kertas warna-warni atau plastik bening.

Madumongso biasanya disajikan dalam berbagai acara perayaan, seperti pernikahan, khitanan, hari raya Idul Fitri, dan acara istimewa lainnya. Jajanan madumongso memiliki rasa yang legit dan tekstur yang empuk. Rasa legitnya berasal dari ketan hitam yang sebelumnya difermentasi.

Kini bungkus madumongso sudah diganti dengan kertas putih yang Food Grade. Jenis kertas putih itu akan diketahui di akhir artikel ini.

5. Sale Pisang

 

Sale pisang adalah jajanan tradisional Jawa Timur yang terbuat dari pisang matang yang dijemur dan digoreng dengan tepung. Jajanan tradisional sale pisang berasal dari Kota Pacitan Jawa Timur.

Penjemuran pisang bertujuan untuk mengurangi kadar air buah pisang sehingga sale pisang bisa bertahan lebih lama. Warna hitam di jajanan ini adalah bentuk karamelisasi dari manisnya pisang yang digunakan.

6. Wingko Babat

wngk

Kota Lamongan punya jajanan tradisonal Jawa Timur yang bernama Wingko Babat. Terbuat dari adonan kelapa, tepung ketan, dan gula yang dipanggang yang berbentuk bundar sedang.

Wingko babar memiliki cita rasa gurih legit dengan tekstur lembut yang membuat ketagihan.

7. Opak Gambir

Opak gambir merupakan jajanan tradisional Jawa Timur yang berasal dari Blitar. Makanan ini memiliki rasa manis dan renyah ketika dimakan.

Opak Gambir terbuat dari tepung terigu, gula, telur, dan sari buah yang kemudian diolah dengan cara dipanggang. Camilan ini berbentuk corong yang mirip dengan kue semprong. 

8. Pudak

Pudak terbuat dari campuran tepung beras, jagung manis, dan santan. Camilan ini dimasak dengan cara dikukus dan memiliki cita rasa manis yang khas yang berasal dari gula sebagai salah satu bahan bakunya.

Jajanan tradisional jawa timur ini berasal dari Gresik, Jawa Timur.  Ciri khas pudak yaitu dibungkus menggunakan ope atau pelepah daun pinang yang dijahit dengan alur huruf L tanpa sudut, kemudian diikat berbentuk kuncup.


Baca Juga:

Pudak adalah jajanan khas Gresik yang terkenal, Tak heran jika kota Gresik juga disebut dengan Kota Pudak.

9. Onde-onde

ond

Onde-onde identik dengan isiannya dari kacang hijau yang dihaluskan dan diberi gula. Onde-onde adalah jajanan tradisional Jawa Timur yang berasal dari Mojokerto.

Onde-onde terbuat dari tepung terigu atau tepung ketan yang digoreng dan ditaburi wijen di bagian kulit luarnya. Onde-onde di goreng sehingga tekturnya kenyal, lembut dan rasanya gurih dan manis.

10.Nagasari

Kue nagasari adalah jajanan tradisional Jawa Timur yang terbuat dari tepung beras dengan isian buah pisang. Rasanya kenyal dan manis dibungkus dengan daun pisang menambah kenikmatan nagasari.

Nagasari hampir ada di semua kota di Jawa Timur. Anda mudah menemukannya di pasar tradisional.

Bungkus Kue Tradisional yang Kekinian Sudah Food Safety!

Salah satu alasan jajanan tradisional jawa timur di atas masih bisa ditemukan karena para pedagang mulai berinovasi. Inovasi yang dilakukan diantaranya menambahkan aneka rasa-rasa kekinian dan menggunakan kertas bungkus yang tepat.

Penggunaan kertas bungkus adalah solusi yang tepat ditengah sulitnya mendapatkan daun tertentu untuk bungkus jajan. Dengan menggunakan kertas bungkus yang sudah Food Grade maka jajanan bebas zat kimia.

Nama kertas bungkus untuk jajanan tradisional adalah Laminated Machine Glazed (LMG). Kertas LMG yang menjamin bebas kontaminasi zat berbahaya adalah merek "Cap Gajah"

Lestarikan jajanan tradisional, gunakan LMG Cap Gajah solusinya!


ecommerce suparma

 

Referensi:

 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 13 June 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer