10 Jenis Sate di Indonesia Terpopuler Sepanjang Masa


 

Sate adalah makanan asli indonesia yang mendunia. Makanan itu mudah ditemukan apalagi kini beragam jenis sate di Indonesia mulai bermunculan.

Adanya keberagaman jenis-jenis sate tersebut karena terbuat dari aneka daging serta bumbu pendamping yang bermacam-macam. Meskipun demikian, kelezatan sate-sate tersebut perlu dicoba. Anda akan jatuh cinta dengan kelezatan aneka sate-sate yang ada dalam artikel ini.

Apapun jenis satenya, kertas bungkus yang digunakan tetap satu merek. Dari sabang dan merauke telah mempercayai satu merek kertas bungkus sate untuk dagangannya.

Anda akan menemukan merek dan jenis kertas bungkus tersebut di akhir artikel.

Jenis Sate di Indonesia

Kosongkan perut Anda sebelum mencoba aneka jenis sate di indonesia seperti yang ada di bawah ini. Dijamin Anda akan ketagihan dengan kelezatan semua jenis-jenis sate ini.

1. Sate Padang

sate pdg

Sate padang menggunakan daging sapi, jeroan, hingga lidah sapi. Kemudian disiram menggunakan kuah kental khas sate padang yang kaya rempah dan sedikit pedas.

Jenis sate di Indonesia ini biasanya disajikan dengan lontong. Kuah kentalnya yang disiram selagi hangat menambah kenikmatan saat dinikmati.

2. Sate Maranggi

Anda wajib menikmati sate maranggi ketika mengunjungi Purwakarta, Jawa Barat. Sate maranggi adalah jenis sate di Indonesia yang umumnya menggunakan daging sapi dan daging kambing.

Kenikmatan sate maranggi didapatkan dari penggunaan aneka rempah-rempah khas Indonesia seperti bawang putih, bawang merah, kecap serta garam. Setelah daging dibumbui, sate maranggi disajikan beserta acar, sambal tomat, sambal oncom, beserta nasi.

3. Sate Kere

Kere adalah Bahasa Jawa dari Miskin. Hal itu sejalan dengan awal kemunculannya yang dibuat oleh masyarakat menengah kebawah. Mereka hanya mampu membeli jeroan dan lemak sapi untuk diolah menjadi sate.

Namun kini sate kere beragam bahan bakunya. Ada yang masih pakai jeroan dan lemak sapi, ada pula yang menggunakangembus atau tempe busuk yang dibumbui. Sate kere yang terbuat dari gembus itu berasal dari Solo, Jawa Tengah

Baca Juga:

4. Sate Madura

sate mdr

Sate madura adalah jenis sate di Indonesia yang berasal dari Madura, Jawa Timur. Ciri khas sate madura yaitu dari bumbunya yang berasal dari kcang tanah yang dihaluskan. Kemudian kacang tanah itu dicampur dengan petis, kecap, irisan bawang merah, dan petis.

Jenis sate di Indonesia ini umumnya terbuat dari daging kambung dan daging ayam. Kemudian disajikan dengan lontong dan bawang merah goreng sebagai taburannya.

Sate madura termasuk jenis sate di Indonesia yang punya sejarah tersendiri. Bacalah sejarah sate madura di bawah ini.

Baca Juga:

5. Sate Lilit

Bali punya sate khas tersendiri yaitu sate lilit. Hal yang membedakan sate lilit dengan sate lainnya yaitu dari cara menempelkan daging ke tusuk yang digunakan. Sate lilit tidak menusukan daging melainkan melilitkan daging ke tusuknya.

Daging yang digunakan untuk sate lilit diantaranya daging sapi, babi, ayam, dan ikan, Apapun daging yang digunakan, sate lilit masih erat kaitannya dengan budaya di Bali.

Baca Juga:

6. Sate Klopo

sate klopo

Sate klopo adalah jenis sate di Indonesia yang berasal dari Surabaya. Sate Klopo berasl dari daging ayam maupun daging sapi yang diberikan parutan kelapa yang sudah dibumbui.

Jika Anda mengunjungi Surabaya maka ate klopo harus dijadikan sebagai daftar makanan yang wajib Anda nikmati. Salah satu penjualsate klopo yang terkenal di Surabaya adalah Sate Klopo "Ummi Maryam".

Sebelum mencobanya, Anda harus melihat review jujur kenikmatan sate "ummi Maryam" di Youtube Gajah KulineRun di bawah ini:

Tonton:

7. Sate Buntel

Sekilas sate buntel mirip dengan sate lilit khas bali. Namun jenis sate di Indonesia ini menggunakan daging cincang yang sudah dicampir dengan bumbu bawang putih, bawang merah, jintan, dan juga jahe. Setelah itu dibungkus menggunakan kantung lemak sapi kemudian di bakar.

Lemak sapi di sate buntel menambah aroma yang sedap saat sate ini dibakar. Maka dari itu sate khas Solo ini diberi nama sate buntel atau sate bungkus.

8. Sate Klathak

sate klathak

Sate klathak berasal dari Bantul, Yogyakarta. Ciri khas dari salah satu jenis sate di Indonesia ini adalah potongan dagingnya yang besar. Kemudian daging tersebut ditusuk dengan besi pipih yang panjang menyerupai jeruji sepeda.

Sate klathak hanya dibumbui dengan garam. Saat dibakar maka sate tersebut mengeluarkan suara "tak...tak...tak..." sehingga diberi nama sate klathak. (Sumber: Pemerintah Kabupaten Bantul)

9. Sate Ponorogo

Cori khas sate ponorogi terletak dari potongan daging yang ditusuk. Sate ponorogo adalah satu-satunya jenis sate di Indonesia yang dagingnya dipotong memanjang seperti fillet.

Sebelum dibakar, daging ayam di sate ponorogo direndam bersama bumbu-bumbu khusus. Dengan demikian rasa bumbu disate ponorogi benar-benar meresap sempurna,

Sate ponorogio sudah tersebar di banyak kota di Indoensia. Salah satunya yang terkenal ada di Surabaya yaitu Sate Ponorogo "Pak Seger".

Tonton review Sate Ponorogo Pak Seger:

10. Sate Blora

Cara penyajian sate blora mirip dengan sate klathak. Kemiripan itu karena sate blora disajikan dengan kuah opor kuning. Dengan tambahan kuah kuning itu maka cita rasa sate blora terasa lebih gurih daripada lainnya.

Daging ayam di sate blora telah dibumbui dengan bawang putih, gula merah, dan ketumbar. Maka dari itu cita rasanya pun lebih lezat dan berempah.

Rasakan Kenikmatan Sate Dimanapun Dengan Cara #BungkusinAja

Ke-sepuluh jenis sate di Indonesia ini wajib dicoba untuk merasakan kenikmatannya. Tak lupa bawakan sate-sate tersebut untuk seluruh anggota keluarga agar mereka dapat mencicipi kenikmatannya.

Mintalah pedagang untuk membungkuskan sate yang Anda inginkan. Mereka akan sigap membungkus sate sesuai pesanan dengan menggunakan kertas bungkus berkualitas yang anti rembes.

Mereka masih menggunakan kertas bungkus daripada styrofoam karena mudah dilipat, anti rembes dan lebih ramah lingkungan. Maka dari itu kertas bungkus sate yang dipercaya oleh pedagang sate yaitu kertas bungkus merek "Cap Gajah"

Kertas bungkus "Cap Gajah" ttelah digunakan oleh pedagang nasi dan olahan lainnya. Hal itu menunjukan bahwa kertas bungkus "Cap Gajah" mampu mempertahankan kualitas serta menjaga ekosistem lingkungan terkendali berkat penggunaan kertas bungkus yang mudah terurai.

Kertas bungkus "Cap Gajah" dapat dimiliki di marketplace kesayangan Anda dengan klik tulisan di bawah ini:

  • E Commerce LWK Cap Gajah
  • Shopee LWK Cap Gajah Jakarta
  • Shopee LWK Cap Gajah Surabaya
  • Shopee LWK Cap Gajah Bandung
  • Tokopedia LWK Cap Gajah Jakarta
  • Tokopedia LWK Cap Gajah Surabaya
  • Tokopedia LWK Cap Gajah Bali
  • Tokopedia LWK Cap Gajah Bandung
  • Blibli LWK Cap Gajah Surabaya
  • Blibli LWK Cap Gajah Jakarta
  • Blibli LWK Cap Gajah Bandung
  • Lazada LWK Cap Gajah Jakarta
  • TikTok Shop LWK Cap Gajah

ecommerce suparma

Referensi:

 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 17 June 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer