Kertas Duplex Adalah: Definisi, Keunggulan, dan yang Pakai



 

Banyak yang mengira bahwa teknologi kini sudah menghapuskan fungsi kertas tau paperless. Padahal di beberapa sektor industri masih membutuhkan kertas sebagai kelangsungan perjalanan perusahaan. Kertas duplex adalah salah satu jenis kertas yang masih dibutuhkan hingga saat ini.

Perusahaan-perusahaan tersebut menggunakan kertas duplex karena keunggulannya yang terbaik. Dengan demikian, mereka pun tidak ragu untuk menggunakan kertas duplex dalam jangka yang panjang.

Jenis perusahaan terbanyak yang menggunakan kertas duplex adalah percetakan. Namun berjalannya waktu kami yakin bahwa semakin banyak sektor-sektor industri yang mulai mempertimbangkan penggunaan jenis kertas ini.

Jika Anda mulai tergugah hatinya untuk menggunajkan jenis kertas ini, ada baiknya untuk mengetahui informasi lengkap tentang kertas duplex. Artikel menjsdi bahan bacaan yang tepat jadi pastikanlah untuk membaca ini hingga akhir.

Kertas Duplex Adalah

Definisi sederhana dari kertas duplex adalah salah satu jenis kertas yang punya memiliki dua sisi yang berbeda dan ditempelkan secara bersamaan. Karakteristik kertas yang dimaksud pada duplex adalah memiliki ketebalan yang berbeda dari ketas-kertas yang Anda pikirkan sebelumnya. Dari dua sisi yang dilekatkan tersebut sehingga kertas duplex punya ketebalan yang berbeda.

Dua sisi dari kertas duplex identik dengan warna putih dan abu-abu. Dengan demikian masing-masing sisi tersebut punya permukaan yang berbeda. Sisi warna putih punya permukaan yang halus dan licin. Sementara permukaan kertas duplex warna abu-abu punya permukaan yang kasar.

Kertas duplex adalah jenis kertas istimewa yang terdiri dari dua lapisan kertas yang ditempelkan bersama. Lapisan kertas ini biasanya memiliki karakteristik yang berbeda, baik dalam hal ketebalan maupun jenis permukaan. Biasanya, lapisan depan kertas duplex memiliki permukaan yang lebih halus dan cocok untuk pencetakan gambar, sedangkan lapisan belakangnya lebih tebal dan kokoh.

Dari pengertian di atas, kami harap Anda sudah punya gambaran bentuk dari kertas duplex. Jenis kertas ini biasanya digunakan untuk percetakan. Oleh karena itu ketahuilah keunggulan-keungulan kertas duplex dalam percetakan pada pembahasan di bawah.

Keunggulan Kertas Duplex dalam Percetakan

Artikel ini akan menyoroti tentang keunggulan kertas duplex dalam percetakan. Hal itu karena hingga saat ini sektor industri percetakan masih membutuhkan kertas duplex untuk beberapa keperluan pelanggannya. Inilah keunggulannya yang patut untuk disimak

1. Jenis Kertas yang Paling Berkualitas

Industri percetakan memiliki mesin-mesin yang mutahir untuk hasil yang maksimal. Semakin baik hasilnya maka semakin puas pula pelanggannya.

Meskipun sudah dilengkapi mesin berteknologi tinggi, namun dukunglah dengan jenis kertas yang berkualitas yaitu kertas duplex. Keunggulan kertas duplex dalam percetakan ini menghasilkan teks dan gambar yang dicetak akan lebih tajam. Dengan demikian kertas duplex adalah jenis kertas yang cocok untuk mencetak brosur, materi promosi, hingga undangan.

2. Lebih Kuat

Kertas duplex memiliki sisi lapisan belakang yang tebal. Ketebalan tersebut membuat jenis kertas ini mampu bertahan lebih lama dan lebih baik dalam kondisi tertentu. Dengan demikian banyak percetakan yang merekomendasikan kertas duplex sebagai jenis kertasnya agar lebih tahan lama dan lebih kuat.

3. Ramah Lingkungan

Ternyata bahan baku kertas duplex adalah terbuat dari bahan yang ramah lingkungan atau recycle. Keunggulan kertas duplex dalam percetakan ini membuat siapapun yang menggunakan kertas jenis ini telah berkontribusi untuk menjaga lingkungan. Jadi beralihklah dengan menggunakan kertas duplex untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Industri yang Menggunakan Kertas Duplex

Melansir dari laman Kemenperin, Indonesia termasuk negara Industri. Sebutan tersebut dapat dibuktikan karena sudah banyak industri-industri yang berdiri di negara kita. Beberapa industri tersebut diyakini menggunakan kertas duplex. Oleh karena itu inilah industri yang menggunakan kertas duplex:

1. Industri Penerbitan

Industri yang menggunakan kertas duplex ini berkaitan dengan pembuatan sampul buku yang menarik. Meskipun sudah era internet akan tetapi masih banyak sekolah-sekolah yang menggunakan buku untuk bahan pembelajarannya.

Masih adanya industri ditengah perkembangan teknologi tak lepas dari manfaat membaca buku. Salah satu manfaatnya adalah untuk melatih otak yang mana ini sangat bermanfaat untuk anak kecil. Jadi buku dan bahan bacaan lainnya tidak akan hilang begitu saja meskipun era internet sudah mulai menguasai.

2. Industri Kemasan

Jelas bahwa industri yang menggunakan kertas duplex ini masih eksis hingga saat ini. Dengan demikian kertas duplex adalah jenis kertas yang wajib untuk industri kemasan miliki. Hal itu demi menjawab keinginan pelanggan yang ingin membuat kemasan yang berwarna tejam serta kuat.

Industri kemasan akan menyarankan pelanggannya menggunakan kertas duplex menyesuaikan barang yang akan tersimpan. Jika mereka ingin perlindungan barangnya yang terbaik maka kemasan dari kertas duplex lah pilihannya.

3. Sektor Percetakan Offset

Kertas duplex juga digunakan untuk mencetak media promosi. Offset adalah sektor industri yang melayani percetakan brosur, kalnder, pamflet, dan lain sebagainya.

Dengan ketebalannya maka kertas duplex dalam membantu tampilan percetakan Anda yang lebih estetik. Dengan demikian media promosi tersebut akan lebih menonjol.

Produsen Kertas Duplex

PT Suparma Tbk adalah produsen kertas duplex yang ada di Indonesia. Demi menjaga kualitas Anda, kami telah menghadirkan ketebalan kertas duplex yang dapat Anda piluih sesuai dengan kebutuhan.

Kertas duplex produksi PT Suparma Tbk punya ketebalan dari 250 Gsm sampai 500 Gsm. Dengan ketebalan itu maka sesuaikanlah dengan keperluan Anda untuk hasil yang memuaskan.

Tim kami akan membantu Anda untuk memilih kertas duplex yang berkualitas. Hubungi info@ptsuparmatbk.com untuk terhubung dengan tim spesialis kami di bidang kertas duplex.

Referensi:
https://lombokbaratkab.go.id/manfaat-membaca-buku/
https://maxipro.co.id/pengertian-kertas-duplex-dan-kegunaannya/
 
 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 04 March 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer