7 Lauk Pendamping Rawon yang Pasti Ada di Meja Warung Makan


 

Rawon makanan makanan khas Surabaya yang berkuah hitam kental yang rasanya gurih. Rasanya yang gurih tersebut akan lebih nikmat jika dimakan bersama dengan lauk pendamping rawon.

Lauk pendamping tersebut selalu ada di atas meja sajian di setiap warung yang menjual rawon. Dengan demikian Anda dapat mengambilnya sesuai kebutuhan Anda.

Lantas apa saja lauk pendamping yang wajib Anda campur di semangkok rawon yang Anda beli?

1. Telur asin

foto see u dan plenty

Telur asin punya cita rasa yang asin dan lembut saat dikunyah. Meskipun asin, ternyata olahan dari telur bebek itu cocok dijadikan untuk lauk pendamping rawon.

Telur asin mengandung protein dan lemak sehat, serta nutrisi seperti vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang dan B12 untuk menjaga fungsi otak dan sistem saraf. (sumber: Halodoc). Dengan demikian kehadiran telor asin tidak hanya memberi variasi, tapi juga meningkatkan nilai gizi dan kelezatan hidangan.

2. Tempe Mendol

Mendol adalah  gorengan khas dari Jawa Timur yang cocok untuk lauk pendamping rawon. Proses pembuatannya mirip dengan perkedel karena cara pembuatannya dengan cara dihancurkan, dikepal, dan kemudian digoreng hingga matang. Tekstur tempe mendol cukup garing yang enak dan cocok disantap bersama dengan berbagai jenis hidangan lainnya.

Karena teksturnya yang renyah, mendol juga digunakan untuk lauk pendamping lainnya seperti nasi goreng, mie goreng, atau soto. Kehadirannya memberikan sentuhan khas Jawa Timur dalam hidangan sehari-hari, serta menjadi camilan yang menyenangkan untuk dinikmati bersama keluarga atau teman.

3. Tempe goreng

tempe goreng

Tempe goreng menjadi pilihan lauk pendamping rawon yang paling praktis. Tempe goreng yang digunakan untuk lauk pendamping rawon biasanya agak tebal agar tetap lembut dan nikmat saat disantap bersama kuah rawon yang kaya rempah.

Selain itu, tempe goreng juga menyediakan protein nabati yang bergizi, membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk menambah nilai nutrisi dalam hidangan. Kehadirannya memberikan sentuhan khas dalam sajian rawon, memperkaya pengalaman kuliner yang memuaskan bagi para penikmatnya.

4. Kerupuk udang

Kerupuk udang adalah jenis kerupuk yang pasti ada di seluruh warung makan rawon. rasa gurih dari udang berpadu dengan gurih dari kuah rawon yang berempah dijamin rasanya semakin sedap.

Keberadaan kerupuk udang jadi ciri khas rawon Jawa Timur terutama yang ada di Surabaya sekitarnya.Faktanya, Kabupaten Sidoarjo adalah salah satu kota penghasil olahan ikan terbesar. Dengan demikian kerupuk udang jadi mudah ditemukan di sana.

5. Kerupuk Bawang

Jika Anda alergi dengan makanan laut, kerupuk bawang bisa solusi lauk pendamping rawon yang digunakan sebagai pengganti kerupuk udang. Rasanya yang gurih dengan rasa bawang yang menonjol cocok untuk dinikmati bersama kuah rawon.

Orang-orang punya cara tersendiri ketika menikmati kerupuk bawang dengan kuah rawon. Ada yang mencelupnya sedikit demi sedikit. Ada juga yang mengguyurkannya dengan kuah rawon agar gurihnya teresap di krupuk bawang

6. Perkedel Kentang

perkedel kentang

Perkedel kentang juga cocok jadi lauk pendamping rawon. Bahkan sebutir perkedel kentang dengan ukuran yang cukup besar dapat dijadikan sebagai pengganti nasi. Hal itu karena kentang juga termasuk makanan yang mengandung karbohidrat layaknya nasi.

7. Lauk Pendamping Rawon dari Sate-satean

Bukan sate ayam atau bahkan sate daging. Sate-satean yang cocok untuk lauk pendamping rawon diantaranya sate telor puyuh dan sate usus.

Mula-mula telor puyuh dimasak dengan cara "bacem". Ciri khas masak bacem adalah kulit dari telur puyuh berwarna hitam dan rasanya cenderung manis.

Sementara sate usus pendamping rawon unya rasa yang manis dan pedas. Cita rasa itu cocok dipadukan dengan kuah rawon yang kental dan gurij.

#HapusNodamu Setelah Makan Rawon Pakai Tissue See-U

Kuah rawon yang tumpah ke baju bisa jadi noda yang sulit hilang karena warna hitam pekat dari kuah rawon. Apalagi jika Anda tidak langsung membersihkannya dengan tisu di meja warung makan.

Baca Juga:

Maka dari itu pedagang rawon selalu menyediakan tisu di atas meja warung makannya. Tisu tersebut berguna untuk mengusap area mulut setelah makan dan juga membersihkan baju ketika ketumpahan kuah rawon.

Biasanya jenis tisu di atas meja warung makan yang dipakai oleh pedagang adalah Tissue Multi Purpose. Ciri khas Tissue Multipurpose yaitu bentuknya yang kotak dan ukurannya yang kecil. Dengan begitu Tissue Multipurpose  tidak akan menyita banyak tempat sehingga cocok berdampingan dengan lauk pendamping rawon di atas meja saji.

Merek Tissue multipurpose yang banyak dipakai oleh pedagang makanan adalah Tissue See-U. Itu karena Tissue Multipurpose See-U tidak mudah rontok sekaligus cepat menyerap noda di sekitar Anda.

#HapusNodamu dengan Tissue Multipurpose See-U

*banner*

ecommerce suparma

Referensi:

 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 10 July 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer