10 Makanan dengan Protein Tertinggi yang Ada di Indonesia


 

Protein adalah salah satu nutrisi esensial yang penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh kita. Dalam pencarian akan nutrisi ini, banyak orang sering kali mencari makanan dengan protein tertinggi sebagai untuk memenuhi kebutuhan protein yang seimbang.

Artikel ini akan mengeksplorasi berbagai jenis makanan yang kaya akan protein, dari sumber hewani hingga nabati, yang dapat membantu memenuhi kebutuhan harian Anda. Agar kandungan proteinnya tidak hilang maka diolah dengan cara dikukus, direbus, atau di panggang menjadi beberapa teknik memasak yang direkomendasikan.

Setelah masak, kemudian letakanlah di atas piring yang sudah dilapisi oleh kertas alas makanan yang sudah Food Safe. Ketahuilah merek kertas Food Safe itu di artikel ini.

Makanan Dengan Protein Tertinggi

Berikut ini makanan dengan protein tertinggi yang dapat Anda nikmati utuk memenuhi kebutuhan protein harian Anda dan keluarga:

1. Dada Ayam

dada ayam

Dada ayam tanpa kulit adalah makanan dengan protein tertinggi yang juga rendak lemak.  Hanya mengandung sekitar 3 gram lemak dan dapat memenuhi 25% kebutuhan harian Vitamin B6, serta sedikit Vitamin B12. Untuk menghindari kebosanan, cobalah menyajikannya dengan saus seperti santan, kari kunyit, atau pesto kale.

2. Kalkun

Daging kalkun yang segar mengandung  protein yang kaya dan memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih rendah dibandingkan daging merah. Makanan dengan protein tertinggi ini kiha mengandung vitamin B yang dibutuhkan tubuh untuk mengubah makanan menjadi energi.

Dalam satu porsi daging kalkun, terdapat 80% dari kebutuhan harian vitamin B3 (niasin) yang baik untuk kebanyakan orang. Niasin atau Vitamin B berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit, sel saraf, dan sistem pencernaan.

3. Steak

steak

Steak termasuk makanan dengan protein tertinggi yang juga mengandung Vitamin B6 yang sangat baik. Kandungan ini membantu berbagai reaksi kimia dalam tubuh, kebanyakan terkait dengan metabolisme protein.

Kandung Vitamin B6 oada olahan Steak akan didapatkan jika Anda memilih bagian sapi diantaranya bagian flank, London broil, tenderloin, dan roast beef. Beberapa bagian tersebut memiliki kandungan rendah yang lemak sberkisar 2 - 3 gram lemak per ons)."

Baca Juga: 10 Cara Membuat Steak dari Daging Kurban yang Istimewa

4. Daging Domba

Dalam daging domba terkandung12,5 gram total lemak dan 219 kalori per porsi 6 ons  sehingga daging domba dapat dijadikan sebagai makanan dengan protein tertinggi  yang relatif rendah lemak.

Daging domba mengandungvitamin B12, niasin, dan selenium yang sangat baik. Domba juga kaya akan seng, yang penting untuk fungsi kekebalan tubuh, sintesis protein, penyembuhan luka, dan sintesis DNA. Seng juga mendukung pertumbuhan dan perkembangan normal selama kehamilan, masa kanak-kanak, dan remaja. Pilih potongan domba yang paling ramping, yang berasal dari kaki, pinggang, dan tungkai."

5. Daging Babi

Daging babi terkandung protein yang lengkap sehingga memberikan semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk mempertahankan jaringan sehat, menjaga sistem kekebalan yang kuat, dan membantu perbaikan jaringan. Daging babi juga membantu menjaga keseimbangan hormon tubuh dan mempertahankan jaringan otot tanpa lemak.

Selain itu, makanan dengan protein tertinggi ini terkandung mineral yang baik untuk tubuh yaitu seperti selenium, fosfor, dan niasin yang dapat mendukung fungsi otot dan pembuluh darah serta fungsi tiroid. Niasin khususnya dapat membantu melawan penyakit dan dapat berkorelasi dengan penurunan risiko kanker tertentu.

6. Ikan Kod

Ikan kod penuh dengan asam lemak omega-3 dan merupakan ikan rendah merkuri yang lebih murah dibandingkan salmon. Kod adalah sumber kalium yang sangat baik, yang dibutuhkan untuk kontraksi otot, serta vitamin D, B12, dan B6."

7. Ikan Tuna Segar

ikan tuna

Tuna segar adalah salah satu ikan yang tergolong makanan dengan protein tertinggi yang kaya akan kalium, magnesium, fosfor, vitamin B6, dan tiamin. Bahkan ikan tuna segar memiliki sekitar 30% lebih banyak protein per ons dibandingkan tuna kalengan.

8. Daging Sapi

Daging sapi termasuk makanan dengan protein tertinggi yang dapat diandalkan karena mengandung sumber asam lemak omega-3 anti-inflamasi, vitamin B12, B6, niasin, serta mineral selenium, seng, dan fosfor.

Kandungan baik pada daging sapi itu didapatkan dari makanan sapi yaitu rumput dan bahan-bahan organik lainnya. Mengapa pakan rumput lebih baik? Karena rumput adalah makanan alami sapi, bukan biji-bijian, sapi lebih sehat dan dagingnya mengandung lebih banyak asam lemak omega 3 yang melindungi jantung."

9. Tempe

tempe

Tempe terbuat dari kedelai yang difermentasi menjadikannya sebagai makanan dengan protein tertinggi karena mengandung semua asam amino esensial. Selain itu, tempe punya serat yang tinggi. Maka dari itu kandungan tersebut cocok untuk dikonsumsi oleh para ibu hamil muda.

Baca Juga: 7 Inspirasi Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda

Kandungan tersebut bisa kita didapatkan dengan harga yang terjangkau. Apalagi tempe termasuk protein yang dapat diolah menjadi berbagai makanan Indonesia yang enggugah selera.

10. Tahu

Monica Auslander, R.D selaku pendiri Essence Nutrition di Miami menyatakan bahwa kedelai sudah terbukti memberikan perlindungan terhadap kanker, khususnya kanker prostat. (Sumber: Mens Journal)

Mengonsumsi kedelai organik dan non-GMO dalam jumlah yang wajar (sekitar tiga porsi per minggu) hanya akan memberikan manfaat. Selain itu, tahu merupakan makanan dengan protein tertinggi yang sangat baik untuk protein dan kalsium

Pilihan Makanan dengan Protein Tertinggi untuk Kesehatan Anda

Menyertakan makanan dengan protein tertinggi dalam makanan harian Anda bukan hanya langkah cerdas untuk kesehatan, tetapi juga kunci dalam mencapai tubuh yang bugar dan berenergi. Dengan memahami peran penting protein dalam regenerasi sel dan kekuatan otot, Anda bisa mengoptimalkan asupan dari berbagai sumber alami seperti aneka makanan yang ada di atas.

Agar lebih sehat maka olahlah dengan proses yang baik selain digoreng. Kemudian letakkanlah di atas piring yang sudah diberikan kertas putih Cap Gajah untuk alasnya.

Kertas alas makanan Food Safe Cap Gajah adalah pilihan cerdas karena higienis, Food Safe, dan ramah lingkungan. Laminated Machine Glazed (LMG) ‘Cap Gajah’ telah memastikan makanan Anda tetap segar dan aman dari kontaminasi.

Maka dari itu dapatkanlah langsung di toko online kertas bungkus Cap Gajah dengan klik tombol di bawah ini!

ecommerce suparma

 

Referensi:

 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 24 June 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer