9 makanan khas halloween di berbagai negara yang merayakannya



 

Halloween, perayaan yang menakutkan tapi selali ditunggu-tunggu saat akhir Oktober. Meskipun Indonesia bukan salah satu negara yang ikut merayakannya, tapi ada satu hal yang menarik untuk diketahui oleh warga Indonesia yaitu makanan khas halloween.

Ternyata makanan saat perayaan Halloween tak seseram kostum dan riasan wajah orang yang merayakannya. Justru makanan-makanan itu layak untuk dicoba karena menggugah selera. Berikut ini makanan-makanan perayaan Halloween yang ada di beberapa negara.

1. Huesos de santo

Huesos de santo berarti tulang suci dari Bahasa Spanyol.Makanan khas halloween ini berbentuk panjang dan berwarna putih layaknya tulang. Warna putih itu dihasilkan dari pasta almond atau marzipan.

Selain saat Halloween, Huesos de santo biasanya dijadikan sebagai hidangan saat Día de Todos los Santos atau Hari Semua Orang Kudus di Spanyol.

2. Pan de muerto

Pan de muerto adalah makanan khas Halloween di negara meksiko yang terbuat dari roti gulung yang bertekstur lembut dan cita rasanya yang manis.Pan de muerto terkadang dihias dengan adonan yang membentuk tulang dan laba-laba yang ada di atasnya.

Pan de muero disebut juga dengan "roti orang mati" karena makanan ini juga dihidangkan saat menjelang Hari Orang Mati (Día de Muertos). Oleh karena itu roti ini dimakan di samping kuburan prang-orang yyang dicintai dan sudah meninggal. Tradisi ini bertujuan untuk merayakan memori atau kenangan bersama orang yang meninggal tersebut.

3. Pao-por-Deus

Kue manis berbentuk bulat dari Negara Spanyol yang menjadi makanan khas Halloween yaitu bernama Pão-por-Deus.  Rori ini juga disebut dengan Roti Tuhan Rasa manis dari kue ini didapatkan dari campuran kismis dan rempah-rempah seperti jahe, pala, kayu manis, dan tepung. Isian dari kue Pão-por-Deus adalah parutan kelapa.

Pão-por-Deus mengeluarkan aroma yang wangi sehingga menggugah selera kita untuk memakannya. Aroma wangi tersebut didapatkan dari campuran rum, kulit lemon, dan vanilla.

Makanan ini akan dibagikan kepada anak-anak miskin, diberikan dari pintu ke pintu sambil bernyanyi dan berdoa untuk orang yang sudah mati. Selain itu makanan ini disantap setiap tanggal 1 November perayaan Hari Semua Orang Kudus atau Dia de Todos-os-Santos.

4. Dolci dei morti 

Nama lain dri Dolci dei morti adalah fave dei morti. Bahasa Indonesia dari makanan khas halloween dari Italia ini adalah kacang orang mati. Makanan khas Halloween Dolci dei morti populer di negara Italia

Dolci dei morti berbentuk biskuit yang kenyal dabn kerap disantap daat perayaan Commemorazione dei defunti  atau Hari Semua Jiwa. Perayaan tersebut biasanya dirayakan setiap tanggal 2 November setiap tahunnya.

Dolci dei morti terasa manis dan punya aroma yang kuat karena menggunakan aneka bahan seperti kacang almond, kacang pinus, kayu manis, dan kulit lemon.

5. Toffee apples

Makanan khas halloween ini berupa permen apel yang terkenal di negara United Kingdom. Sesuai namanya, makanan ini adalah buah apel yang diselimuti dengan lapisan sirup gula.

Toffle apples terkadang diberi taburan atau topping seperti kacang atau topping manis lainnya yang menggugah selera. Di negera asalnya, toffle apples adalah hidangan wajib saat halloween sehingga tidak boleh dilewtkan.

Toffle apples adalah incaran anak-anak karena rasa manisnya. Agar tampilannya semakin memikat, toffle apples diberikan sirup gula air, kayu manis, serta pewarna merah.

6.Guaga De Pan

Guaga De Pan adalah makanan khas halloween yang biasanya disajikan di negara ekuader. Guaga de pan berbentuk layaknya anak balita yang terbuat dari roti gandum. Makanan ini akan lebih menarik dengan tambahan krim warna warni dan ditambahkan lagi dengan isian jelly manis. Makanan ini dibuat untuk memperingati tradisi yang bernama "hari kematian"

7. Bonfire Toffee

Bonfire Toffie terbuat dari black treacle, mentega, dan gula sehingga rasanya sangat manis. Makanan khas Inggris ini ditemukan di negara Inggris.

8. Fiambre

Fiambre adalah makanan khas halloween dari Guatemala yang menyerupai salad yang didalamnya terisi 50 bahan yaitu campuran sayur-sayuran. Hidangan ini biasanya disajikan dalam keadaaan dingin sehingga sangatenak ketika dinikmati.

9. Makanan Khas Halloween dari Negara Irlandia

Irlandia punya dua makanan khas halloween yang populer yaitu Barm brack dan Colcannon.

Barm brack adalah roti yang ada tambahan sultana dan kismis. Barm bark sering disingkat menjadi brack. Makanan khas halloween ini dinikmati bersamaan dengan mentega dan secangkit teh.

Menjelang perayaan Halowen, setiap rumah ada tercium wangi Barm brack. Itu berarti rumah tersebut akan tercium adonan kue ini.

Makanan khas Halowen di Irlandia selanjutnya yaitu bernama Colcannon. Makanan ini dibuat dari kentang yang ditumbuk, kangkungm, susu, mentega, garam, merica, daun bawang, dan bawang bombay. Colcannon disajikan atas piring yang didalamnya ada cincin atau uang koin kecil seperti tiga sampai enam sen.

Menyantap Hidangan Lebih Nyaman dengan Tisu

Jika seluruh makanan khas haloowen ini disediakan atas meja, manakah yang akan Anda cicipi?

Terlepas dari mana saja yang akan dicicipi, Anda pasti akan membutuhkan tisu saat menikmati makanan-makanan tersebut. Tisu berguna untuk menyeka m,ulut agar menghilangkan serpihan makanan di area mulut.

Tisu yang berkuran mungil harus ada di atas meja makana. Dengan bentuk yang mungil membuat semua makanan bisa tersaji dengan baik di atas meja. Untuk itu sediakanlah tisu multi purpose di atas meja.Meskipun mungil tapi tetap bisa menghilangkan serpihan makanan di mulut.

See U adalah merek tisu multiporpuse Indonesia yang ebrkualitas sehingga akan nyaman ketika digunakan.. Mendapatkannya sangat mudah sehingga kenyamannpun juga mudah terwujud saat menikmati aneka makanan di atas meja makan.

 

Referensi:

www.ruparupa.com
www.padeglang.com
www.asiapramulia.com
 

 



Diposting oleh : Dini Harianti BR Sinambela
pada 15 April 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer