23 Makanan Khas Jawa Tengah yang Paling Terkenal Lezat


 

Salah satu hal yang membuat kota di Jawa Tengah terkenal di kalangan wisatawan adalah karena keberagaman kulinernya yang lezat. Bahkan terdapat makanan khas Jawa Tengah yang paling terkenal hingga ke luar negeri.

Kepopuleran makanan itu menunjukan bahwa makanan khas Jawa Tengah layak untuk Anda cicipi. Bahkan makanan-makanan tersebut tersedia di pedagang kaki lima hingga restoran. Dengan demikian Anda pun mudah mendapatkannya. Meskipun terkenal namun makanan khas Jawa Tengah tersebut masih mempertahankan tampilan tradisional dengan cara membungkusnya pakai kertas bungkus coklat.

Berikut ini makanan-makanan di Jawa Tengah yang wajib dicoba:

1. Soto Kudus

soto kudus

Soto Kudus adalah makanan khas Jawa Tengah yang paling terkenal yang menggunakan suwiran ayam dan toge. Kuah kudus lebih jernih dan disajikan dalam mangkuk kecil untuk satu porsi.

Soto kudus menggunakan daging kerban atau daging ayam. Menurut Dosen IAIN Kudus Moh Rosyid, Soto Kudus adalah warisan leluhur yang berkaitan erat dengan Sunan Kudus yang menghormati umat Hindu di Kudus pada waktu dulu. (Sumber: Detik)

2. Soto Jepara

Secara kasat mata, salah satu makanan khas Jawa Tengah yang paling terkenal ini menyerupai soto ayam biasa. Namun yang membedakan Soto Jepara dari soto ayam lainnya adalah kehadiran kucai di dalamnya.

Makanan khas Jawa Tengah paling terkenal ini wajib dicoba saat mengunjungi Jepara. Rasakan sensasi gurih dari soto ini dibandingkan soto-soto lainnya

3. Nasi Liwet

Nasi Liwet merupakan makanan khas Jawa Tengah yang paling terkenal berasal dari Solo. Nasi liwet adalah nasi yang dimasak dengan santan kelapa sehingga memiliki cita rasa yang gurih. Nasi liwet disajikan dengan sayur labu siam dan suwiran ayam yang gurih.

4. Nasi Kucing

nasi kucing

Nasi Kucing merupakan makanan khas Jawa Tengah yang paling terkenal di Semarang, Solo, dan Yogyakarta. Dinamakan Nasi Kucing karena ukurannya yang kecil, menyerupai porsi makanan kucing.

Biasanya, nasi kucing terdiri dari nasi yang disajikan dengan lauk seperti ikan, ayam, tempe, atau sayuran. Sambal juga biasanya disertakan, dan nasi ini dibungkus dengan daun pisang serta kertas.

Baca Juga: Menjelajahi Sejarah Nasi Kucing Sampai Ke Filosofinya 

5. Nasi Gandul

Makanan khas Jawa Tengah yang paling terkenal ini sangat cocok dinikmati pada siang atau malam hari. Rasanya yang pedas dan gurih pasti akan membuat Anda ketagihan dan ingin terus menikmatinya.

Tiap orang yang menikmati nasi gandulditambahkan dengan sambal agar rasanya lebih nikmat. Agar lebih nikmat jangan lupa tambahkan kerupuk, sajian nasi gandul lengkap dengan lauk dan kerupuknya pastinya sangat menggugah selera.

6. Kupat tahu

Kupat tahu adalah makanan khas Jawa Tengah yang terkenal berasal dari Solo dan Magelang. Kupat tahu terdiri dari ketupat, tahu yang telah digoreng, irisan kol, tauge, bakwa, dan juga bumbu kacang.

Makanan ini cocok untuk  dijadikan sarapan. Hal itu karena kupat tahupunya vitami yang kompleks sehingga dapat menjadi sumber energi.

7. Trancam

Trancam termasuk makanan dari Jawa Tengah yang menyerupai urap. Makanan khas Jawa Tengah yang tpaling terkenal ini terdiri dari tauge, kacang panjang, daun kemangi, dan irisan halus sawi putih.  Setelah itu campuran sayur tersebut dicampur dengan kelapa parut yang telah dibumbui dengan bawang putih, cabai, dan kencur.

Trancam dicampur dengan nasi hangat dan telur goreng adalah makanan sederhana dan menyehatkan.

8. Sate Buntel

Sate buntel adalah makanan khas Jawa Tengah paling terkenal yang berasal di Solo. Sate Buntel terbuat dari daging kambing atau daging sapi yang dicincang kemudian dibungkus dengan lemak kambing dan kemudian dibakar.

Sate buntel lebih nikmat jika langsung dikonsumsi selagi hangat. Lumeran lemak yang menyelimuti daging cincang itu terasa nikmat dan tidak akan didapatkan di jenis sate lainnya.

Baca Juga: 10 Jenis Sate di Indonesia Terpopuler Sepanjang Masa

9. Sate Kere

Sate kere adalah makanan khas Jawa Tengah yang paling terkenal yang berasal dari Solo yang terbuat dari tempe gembus. Sebelum dibakar, sate kere diberi bumbu khas dan kemudian disajikan dengan saus kacang.

Sate ini lezat disantap bersama lontong dan sambal. Biasanya, sate kere disajikan bersama sate jeroan sapi seperti paru, limpa, hati, usus, torpedo, ginjal, dan babat.

Baca Juga: Sejarah Sate Kere yang Menyedihkan Serta Resep Pembuatannya

10. Tengkleng

Tengkleng adalah hidangan berkuah yang terbuat dari olahan tulang kambing, mirip dengan gulai kambing. Keunikan makanan khas Jawa Tengah yang paling terkenal ini yaitu penyajian mangkoknya yang biasanya berisi tulang kaki dan kepala. Tulang-tulangan ini bersisi sedikit daging yang masih menempel permukaannya. Namun itulah "sensasi" unik yang dirasakan oleh penikmatnya.

Meskipun bentuk fisiknya hampir sama dengan gulai kambing, kuah tengkleng cenderung lebih encer, meskipun ada juga tengkleng yang memiliki sedikit kuah.

11. Tongseng

Tongseng berasaldari daerah Solo, Magelang dan sekitarnya. Salah satu makanan khas Jawa Tengah yang paling terkenal ini menyerupai gulai, tetapi memiliki cita rasa yang lebih tajam.

Tongseng tulang iga dan tulang belakang yang masih ada daging yang menemepl di tulang tersebut. Umumnya, tongseng menggunakan daging kambing, meskipun ada juga yang menggunakan daging sapi dan kerbau. Tongseng biasanya disajikan dengan tambahan sayuran seperti kol, bawang putih, tomat, dan kecap.

12. Asem-asem Daging

Demak punya salah satu makanan khas Jawa Tengah yang paling terkenal yaitu asem-asem daging. Anda juga akan menemukan makanan ini di daerah Jawa Tengah, hingga ke Jawa Barat dan Jawa Timur.

Asem-asem daging terbuat daging sapi, kacang panjang/ buncis, tomat hijau, bilimbing wuluh. Sensasi gurih dan asam yang menyegarkan cock disantap bersama nasi hangat.

13. Bakmi Nyemek

Bakmi Nyemek atau Mi Nyemek adalah makanan khas Jawa Tengah yang apling terkenal yang disajikan dengan kuah dalam jumlah yang sedikit lebih sedikit.

Istilah "nyemek" berasal dari Bahasa Jawa yang berarti tidak terlalu basah atau kering. Jenis bakmi ini banyak ditemui di daerah Semarang, Solo, Magelang, dan daerah lainnya.

14. Bakmi Jawa

Berbeda dengan bakmi nyemek, bakmi Jawa adalah bakmi rebus yang dimasak dengan bumbu khas masakan Jawa. Di tempat lain, makanan khas Jawa Tengah yang paling terkenal ini disebut dengan Mie Goreng atau Mie Kuah.

Ciri khas Bakmi Jawa daripada Mie Goreng atau Mie kuah yaitu dibuat menggunakan tungku tanah liat (anglo) dan api arang. Kemudian ditambahkan suwiran daging ayam kampung dan telur bebek ke dalam masakan.

15. Mangut lele

mngut lele

Mangut lele adalah makanan Jawa Tengah yang populer di Yogya-Solo dan Semarang-Kendal. Mangut leleterbuat dari lele goreng yang disajikan dengan bumbu mangut.

Bumbu mangut sendiri terdiri dari cabai rawit, belimbing wuluh, aneka rempah, dan santan. Dengan demikian bumbu mangut menghasilkan sensasi pedas dan gurih yang menggugah selera.

16. Garang Asem

Garang Asem jadi makanan khas Jawa Tengah yang paling terkenal yang berbahan utama daging ayam. Ciri khas Garang Asem yaitu terletak dari proses penyajiannya yang dibungkus menggunakan daun pisang.

Cita rasa Garam Asem cenderung asam dan pedas. Makanan ini cocok disantap bersama nasi hangat.

Garang asem mudah ditemukan di Jawa Tengah, seperti Semarang, Kudus, Pati, Pekalongan, dan Demak.

17. Lumpia

lumpia

Lumpia adalah salah satu makanan khas Jawa Tengah yang paling terkenal di Semarang. Makanan gorengan ini berasal dari warisan kuliner Tiongkok yang berkembang di Semarang.

Lumpia terdiri dari lembaran tipis tepung gandum yang digunakan untuk membungkus isian yang umumnya berupa rebung, telur, sayuran segar, daging, atau makanan laut.

Baca Juga: 6 Gorengan Khas Jawa Tengah dan Kota Asalnya yang Ternikmat

18. Mendoan

Mendoan merupakan makanan khas Jawa Tengah yang paling terkenal, terutama di daerah Purwokerto, Banyumas. Mendoan adalah olahan tempe yang digoreng setengah matang bersama adonan tepung.

Nama "mendoan" berasal dari bahasa Jawa "mendo" yang berarti setengah matang. Tempe mendoan memiliki ciri khas lembaran tipis dan lebar serta dibungkus dengan daun pisang. Adonan tepungnya tidak menggunakan tepung terigu, melainkan tepung beras.

Baca Juga: Makanan Khas Banyumas yang Digoreng, Pas untuk Oleh-oleh!

19. Aneka Gethuk

Di Jawa Tengah, gethuk terbagi menjadi dua jenis, yaitu gethuk kukus dan goreng. Kedua jenis ini merupakan jajanan tradisional khas Jawa Tengah yang sangat populer di masyarakat.

Gethuk kukus lebih mudah ditemui di berbagai daerah di Jawa Tengah. Gethuk kukus terbuat dari singkong yang sudah dilembutkan dan direbus. Biasanya, disajikan dengan parutan kelapa atau dicocol dengan saus gula Jawa cair untuk memberikan rasa manis yang khas.

Sementara itu, gethuk goreng merupakan makanan khas Jawa Tengah yang paling terkenal di kawasan Banyumas, terutama di Sokaraja. Tak heran jika Getuk Goreng dikenal dengan Getuk Goreng Sokaraja, karena asalnya memang dari Sokaraja.

20. Tiwul

Makanan khas Jawa Tengah yang paling terkenal ini berasal dari daerah Wonogiri. Bahan utamanya adalah singkong yang dicampur dengan parutan kelapa muda. Untuk menambahkan rasa manis, biasanya ditaburi dengan gula pasir atau dicampur dengan saus gula Jawa cair yang manis.

21. Tahu Petis

Sesuai namanya, bahan dasar makanan khas ini adalah tahu pong yang digoreng hingga sedikit kering dan gurih. Selanjutnya, tahu tersebut diberikan saus petis yang telah dimasak dengan berbagai rempah-rempah nusantara dengan warna hitam pekat. Kemudian, isi bagian dalam tahu dengan saus petis yang memiliki rasa khas ini.

Untuk menambahkan rasa lebih pedas, Anda bisa menyantap tahu petis dengan cabe rawit pedas. Panganan sederhana ini memiliki cita rasa yang khas dan menjadi favorit banyak orang, terutama di Semarang dan sekitarnya.

22. Tahu Gimbal

Tahu gimbal adalah jenis kuliner yang terdiri dari tahu, telur, potongan kol, tauge, gimbal, dan lontong. Bahan-bahan tersebut kemudian disatukan dengan bumbu kacang dan petis udang. Cita rasa yang menggugah selera akan Anda dapatkan di setiap suapannya.

Makanan khas Jawa Tengah yang palingterkenal ini mudah didapatkan sekitar Anda. Pernah mencobanya?

23. Rondo Royal

Nama makanan khas ini memang unik, yaitu rondo royal. Jika dilihat dari artinya, "rondo" berarti janda, dan "royal" berarti suka memberi. Rondo royal berasal dari Jepara dengan bahan dasar utama tape singkong dan adonan tepung.

Jika Anda melihatnya sekilas, makanan khas Jawa Tengah yang Paling populer ini mirip dengan tape goreng pada umumnya, namun rasanya lebih unik lagi. Dalam setiap gigitannya, Anda bisa merasakan tekstur yang gurih dan renyah yang tentunya enak dan nikmat dengan rasa khas tape.

Kertas Bungkus ke-23 Makanan Khas Jawa Tengah yang Paling Terkenal

Anda dapat membawa pulang aneka makanan khas jawa Tengah yang paling terkenal di atas.Tenang, para pedagang telah menyiapkan kertas bungkus coklat yang tahan minyak dan anti rembes sehingga makanan tetap terjaga di dalam bungkusan tersebut. Keunggulan kertas bungkus itu dimiliki oleh Laminated Wrapping Kraft (LWK) "Cap Gajah".

Selain itu LWK Cap Gajah telah menggunakan Teknologi Oxium sehingga mudah terurai. Dengan demikian LWK Cap Gajah tidak menyebabkan pencemaran tanah dan air yang akan mengganggu proses perkembang biakan makluk hidup.

Kini Anda juga bisa menggunakan kertas bungkus ramah lingkungan berteknologi Oxium "Cap Gajah". Dapatkan LWK Cap Gajah hanya dengan smartphone dan dapatkan keuntungan yang berlimpah saat berbelanja di E-commerce resmi kertas bungkus "Cap Gajah".

Klik Banner di bawah ini

*banner*

ecommerce suparma

Referensi:

 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 09 July 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer