9 Makanan Pedas Khas Jawa Timur Dijamin Ketagihan


 

Jawa Timur "juaranya" makanan pedas yang terkenal di Indonesia. Beragam jenis makanan hampir ada di setiap kota di Jawa Timur. Beberapa makanan yang rasanya pedas itu perlu untuk dicoba selagi berada di Jawa Timur.

Makanan pedas jadi favorit bagikebanyakan masyrakat Indonesia. Maka tak heran aneka makanan pedas kini kian pesat berkembang. Bahkan makanan-makanan tersbut telah berakulturasi dengan makanan luar negeri sehingga cocok untuk semua generai.

Meskipun demikian, makanan daerah seperti makanan khas Jawa Timur tetap layak untuk dinikmati sampai saat ini. Seperti rekomendasi makanan bercita rasa pedas khas Jawa Timur dalam artikel ini.

Alasan Orang Indonesika Suka Pedas

Sebelum mengetahui makanan pedas khas Jawa Timur, apakah Anda salah satu orang yang menyukai makanan pedas? Ternyata ini kebanyakan alasan orang Indonesia suka pedas.

1. Beraneka Rempah Tradisional

Indonesia kaya akan rempah dibandingkan negara lainnya. Kebanyakan dari rempah tersebut mengandung cita rasa yang pedas sehingga kerap dijadikan sebagai campuran aneka makanan nusantara. Maka dari itu alasan orang indonesia suka pedas karena kerap menikmati makanan pedas dihampir stetiap hidangannya

2. Baik untuk Kesehatan

Alasan orang indonesia suka pedas karena dijadikannya sebagai "obat" untuk gangguan kesehatan ringan, misalnya: flu, pilek, masuk angin, dan sakit kepala.

Cita rasa yang pedas dari rempah-rempah mampu mengurangi bagian tubuh yang terserang penyakit.

3. Mampu Meningkat Mood yang Baik

Makanan pedas juga dapat meningkatkan mood yang baik. Hal itu karena makanan yang pedas mampu melepaskan endorfin yang menciptakan rasa bahagia sehingga mood menjadi lebih baik.

4. Teman Makan Nasi yang Murah

Bisa jadi alasan orang indonesia suka pedas yaitu menjadi lauk yang murah. Tak perlu banyak lauk dalam satu piring. Bahkan ada pula orang-orang yang menikmati sepiring nasi hangat beserta aneka sambal saja. Pernah mencobanya?

5. Efek Psikologis Saat Masih Kecil

Ya, alasan orang Indonesia suka pedas karena efek psikologi yang dibawa sejak kecil. Awalnya alasan ini dinilai tidak masuk akal, namun artikel di bawah ini dapat menjadi bahan bacaan Anda untuk mengetahui alasannya.

Baca Juga;

Artikel di atas juga menjelaskan alasan-alasan lainnya.

Makanan Pedas Khas Jawa Timur

Rekomendasi aneka makanan pedas khas jawa timur yang berikut ini wajib dicoba saat mengunjungi kota-kota di Jawa Timur:

1. Rujak Cingur

rujak cingur

Orang Jawa Timur pasti tidak asing dengan makanan pedas ini. Rasa pedas yang ada di rujak cingur teradap di bumbu siramnya.

Bumbu rujak cingur rasanya pedas sekaligus gurih. Rasa yang lezat itu didapatkan dari campuran cabe rawit, kacang tanah, dan petis khas madura.

Kenikmatan bumbu rujak cingur di siramkan ke atas potongan lontong, cingur, sayur rebus, tahu, tempe, buah nanas, dan lain sebagainya.

Makanan pedas di Jawa Timur ini mudah ditemukan sekitar Anda. Harga rujak cingur dikisaran 15.000 - 50.000 rupiah.

Terdapat salah satu rujak cingur di Surabaya yang sangat nikmat dengan rasa yang pedasnya nikmat. Lihat review youtube dari Gajah kulineRun yang berikut ini:

2. Lontong Kupang

Makanan pedas khas Jawa Timur ini menggnakan kerang kecil atau kupang sebagai lauk utamanya. Siraman kuah gurih dengan rasa pedas kemudian diberikan taburan renyah dari lentho yang menambah cita rasa pedas yang nikmat dalam mengakok lontong balap.

Lontong kupang mudah ditemukan di sekitar pesisir. Minuman pendamping yang cocok adalah es degan yang mampu menambah kesegaran.

3. Bebek Goreng

bebek

Bebek goreng adalah salah satu kuliner jawa timur yang sudah tersebar seluruh Indonesia. Rasa pedas di bebek goreng khas Jawa Timur terletak di sambal dan bumbu hitam yang digunakan.

Sambal bebek goreng punya cita rasa pedas dan sedikit kecut segar karena menggunakan tomat. Sementara rasa pedas di bumbu hitam bebek goreng didapatkan dari proses pembuatan yang panjang dengan penambahan cabe rawit didalamnya.

Salah satu warung bebek goreng yang terkenal karena sambalnya yang nikmat yaitu Bebek Goreng "Mbak Roh". Liat Youtube review bebek goreng Mbak Roh dibawah ini:

Referensi:

4. Pecel

Makanan pedas khas jawa timur juga dapat digunakan untuk sarapan, misalnya pecel. Taburan bumbu pedas manis bercampur dengan lauk, nasi, dan sayuran menambah kenikmatan seporsi pecel.

Jawa timur punya aneka pecel yng lezat diantaranya: pecel pitik, pecel madiun, pecel blitar, pecel kediri, hingga pecel semanggi. (sumber: detikcom)

Jika Anda sedang berada di Surabaya, pecel "unik" yang menjual pecel dan rawon yang lezat. Klik link di bawah ini untuk melihat video selengkapnya:

5. Tahu Tek

tahu tek

Masih seputar bumbu siram yang pedas, makanan pedas khas Jawa Timur ini biasanya dijual pada malam hari.

Perbedaan tahu tek dengan rujak cingur dan pecel terdapat dari isi yang digunakan. Isian tahu tek diantaraya: tahu, lontong, tauge, telor, dan siraman bumbu kacang yang pedas.

6. Ayam lodho

Ada pula makanan pedas khas Jawa Timur yang berkuah yaitu ayam lodho.

Ayam lodho adalah sajian ayam yang berkuah santan kental khas tulungagung. Rasa pedas yang bercampur santan kental akan lebih nikmat.

Ayam lodho disajikan dengan potongan lontong. Rasakan kenikmatan ayam lodho yang gurih dan pedas apalagi saat dinikmati ketika hangat.

7. Sambal Wader

Makanan pedas khas Jawa Timur ini berbahan utama ikan wader yang digoreng hingga renyah.

Makanan pedas khas Jawa timur ini berasal dari Mojokerto, Jawa Timur.

Wader yang digoreng renyah dinikmati dengan nasi hangat dan pedasnya sambal terasi mampu memikat siapapun yang menikmatinya. Dtemani dengan suasana santai menambah kenikmatan makanan ini.

8. Penyetan

Makanan pedas khas jawa timur ini mudah ditemukan di pinggir jalan serta restoran terkenal. Beragam aneka lauk cocok untuk disajikan dengan penyetan ini diantaranya: tahu, tempe, ayam, dan aneka ikan.

Penyetan khas Jawa Timur umumnya menggunakan sambal terasi dan sambal tomat. Sajian penyetan itu berdampingan dengan lalapan dari sayur kubis dan timun.

9. Sate Kelopo

sate kelopo

Sate adalah makanan khas Jawa timur yang sudah terkenal di kota-kota lain. Gurih dari kelapa dan daging sapi berpadu dengan saus kacang pedas menambah kenikmatan sate kelopo.

Selain sate kelopo, adapun sate ayam, sate kambing, dan sate sapi juga termasuk makanan ppedas khas Jawa Timur. Baik sate klopo hingga sate sapi khas Jawa Timur yang wajib dicoba adalah warung "Ummi Maryam".

#BungkusinAja Kenikmatan Makanan Pedas Khas Jawa Timur

Makanan di atas juga dapat dinikmati saja dengan cara membungkusnya menggunakan Laminated Wrapping Kraft (LWK) atau kertas bungkus coklat "Cap Gajah".

Kertas bungkus coklat (LWK) Cap Gajah adalah solusi terbaik sebagai pengganti styrofoam. LWK Cap Gajah dijamin bebas kontaminasi zat berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan.

Selain itu kertas bungkus coklat Cap Gajah lebih ramah lingkungan daripada styrofoam. Hal itu karena LWK Cap Gajah menggunakan teknologi oxium yang mempercepat proses penguraian yang dibantu oleh sinar UV matahari.

Semua pedagang makanan pedas khas Jawa Timur telah menggunakan kertas bungkus coklat "Cap Gajah". Sekarang saatnya untuk Anda menggunakan LWK dan LMG Cap Gajah untuk bungkus makanan dengan membelinya di bawah ini:

  • E Commerce LWK Cap Gajah
  • Shopee LWK Cap Gajah Jakarta
  • Shopee LWK Cap Gajah Surabaya
  • Shopee LWK Cap Gajah Bandung
  • Tokopedia LWK Cap Gajah Jakarta
  • Tokopedia LWK Cap Gajah Surabaya
  • Tokopedia LWK Cap Gajah Bali
  • Tokopedia LWK Cap Gajah Bandung
  • Blibli LWK Cap Gajah Surabaya
  • Blibli LWK Cap Gajah Jakarta
  • Blibli LWK Cap Gajah Bandung
  • Lazada LWK Cap Gajah Jakarta
  • TikTok ShopLWK Cap Gajah

ecommerce suparma

 

Referensi:

 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 10 June 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer