PT Suparma Tbk Berhasil Kembalikan Manfaat Air Sungai Pelayaran



 

Kebersihan air sungai harus selalu dijaga. Aksi menjaga air sungai yang bersih telah diinisiasi oleh PT Suparma Tbk pada tanggal 18 Mei 2024. Program inisiasi PT Suparma Tbk tersebut bertujuan agar manfaat air Sungai Pelayaran dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar dan juga masyarakat luas.

Program bersih-bersih tersebut bertemakan "Commitment to A Better Future: Aksi Bersih-Bersih Sungai di Sungai Pelayaran Sidoarjo". Melalui tema ini, PT Suparma Tbk berusaha agar dapat memberikan berbagai manfaat di bidang lingkungan, sosial, dan ekonomi, sesuai dengan konsep keberlanjutan yang diusung oleh PT Suparma Tbk.

PT Suparma Tbk melakukan aksi "membasmi" pencemaran air di Sungai Pelayaran Sidoarjo itu bersamaan dengan forum air sedunia yang tengah diadakan di Bali bernama The 10th World Water Forum Bali 2024. Dengan adanya forum bertaraf Internasional tersebut, PT Suparma Tbk semakin tergugah untuk melakukan aksi bersih-bersih di sungai lainnya.

Program CSR PT Suparma Tbk Turut Memeriahkan Forum Dunia "The 10th World Water Forum Bali 2024"

Di tahun 2024, Indonesia menjadi tuan rumah Forum Air Sedunia yang berlangsung di Bali dari tanggal 18 hingga 25 Mei 2024. Forum ini merupakan pertemuan internasional terbesar yang membahas dan merumuskan kebijakan pengelolaan air dan sanitasi global.

Selama bertahun-tahun, jumlah peserta Forum ini telah meningkat dari ratusan menjadi puluhan ribu, baik dari komunitas internasional maupun dari negara tuan rumah. Forum ini bertujuan untuk memperkuat kemampuan global dalam menghadapi tantangan terkait air di era saat ini.

Forum Air Sedunia kali ini mengusung tema "Water for Shared Prosperity". Pertemuan ini membahas berbagai topik utama seperti konservasi air, akses air bersih dan sanitasi, ketahanan pangan dan energi, serta mitigasi bencana.

Dalam pembukaan Forum Air Sedunia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa air memiliki peran penting dan harus dikelola dengan baik karena setiap tetesnya sangat berharga.

Menurut Presiden Jokowi, Forum Air Sedunia harus menjadi momentum bagi negara-negara di dunia untuk merevitalisasi aksi nyata dan komitmen bersama dengan memanfaatkan berbagai pengetahuan, mendorong solusi inovatif, dan mewujudkan manajemen sumber daya air yang terintegrasi.

Presiden Jokowi menegaskan tiga prinsip dasar air untuk kemakmuran bersama. Pertama, menghindari persaingan dan mendorong pemerataan. Kedua, mengedepankan kerjasama inklusif, termasuk penggunaan teknologi dan pembiayaan inovatif.

PT Suparma Tbk turut memeriahkan acara Forum Air Sedunia yang berlangsung di Bali. Kesempatan inilah yang dimanfaatkan oleh PT Suparma Tbk dengan menginisiasi aksi bersih-bersih di Sungai Pelayaran. Sebagai wujud menjaga kebersihan air sungai, PT Suparma Tbk akan terus berupaya untuk melakukan aksi bersih-bersih di sungai lainnya.

Program Inisiasi PT Suparma Tbk tersebut bertujuan demi mewujudkan tujuan dari Sustainable Development Goals (SDGs) poin 6 yaitu Air Bersih dan Sanitasi yang Layak. (Sumber: SDGs Indonesia)

PT Suparma Tbk Hadirkan Manfaat Air Sungai Secara Meluas

Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Suparma Tbk yang bertema "Commitment to A Better Future : Aksi Bersih-Bersih Sungai di Sungai Pelayaran Sidoarjo” adalah langkah awal memperbaiki kualitas air sungai di Indonesia. Kegiatan itu dimulai dari berinisiasi untuk membersihkan Sungai Pelayaran di Sidoarjo yang mana sungai tersebut kerap digunakan masyarakat sekitarnya untuk kebutuhan sehari-hari.

"Kita PT Suparma Tbk akan berinisiatif dan kedepannya akan melanjutkan untuk melaksanakan program pembersihan sungai dan upaya-upaya lain untuk mendapatkan air bersih" ujar Edward Sopanan selaku CEO PT Suparma Tbk.

Melalui kegiatan bersih-bersih Sungai Pelayaran, PT Suparma Tbk berhasil merevitalisasi manfaat air Sungai Pelayaran. Kegiatan perbaikan yang dilakukan oleh PT Suparma Tbk tersebut disambut baik oleh Kepala Desa Krembung Sidoarjo karena Sungai Pelayaran dalam dimanfaatkan dengan baik.

Beberapa manfaat air sungai yang berhasil dikembalikan lewat aksi inisasi yang dilakukan oleh PT Suparma Tbk pada tanggal 18 Mei 2024 diantaranya: sumber mata air, pencegah banjir, dan sarana transportasi.

1. Manfaat Air Sungai Sebagai Sumber Mata Air

Program CSR PT Suparma Tbk berhasil mengembalikan manfaat air Sungai Pelayaran sebagai sumber mata air. Diketahui jika air Sungai Pelayaran adalah sumber air yang diolah kembali menjadi air bersih untuk berbagai kebutuhan manusia.

Mengetahui fakta tersebut maka PT Suparma Tbk tergugah untuk membersihkan aliran Sungai Pelayaran dari berbagai sampah yang dapat mencemari kualitas air.

Baca juga:PT Suparma Tbk Hadirkan Solusi Pencemaran Air Sungai Lewat Program CSR

2. Manfaat Air Sungai Sebagai Pencegah Banjir

Selain curah hujan yang tinggi, penyebab banjir adalah karena sungai yang meluap karena permukaan yang dangkal. Penyebab permukaan sungai yang dangkal karena lumpur yang disebabkan oleh endapan sampah yang dibuang oleh oknum ke bataran Sungai Pelayaran.

Agar Sungai Pelayaran bebas dari banjir, PT Suparma Tbk berinisiasi untuk mengembalikan manfaat air Sungai tersebut dengan melakukan aksi bersih-bersih pada tanggal 18 Mei 2024. Program tersebut berhasil mengangkat aneka limbah organik, anorganik, dan B3 di dasar dan permukaan Sungai Pelayaran

Baca juga:CSR PT Suparma Tbk Ikut Memeriahkan Forum Air Sedunia 2024

3. Manfaat Air Sungai Sebagai Sarana Transportasi

Sungai Pelayaran Sidoarjo juga digunakan untuk transportasi. Sayangnya manfaat air Sungai Pelayaran ini sempat terhenti karena banyaknya eceng gondok yang menumpuk di permukaan sungai.

Jika dibiarkan maka penumpukan Eceng Gondok di Sungai Pelayaran tersebut akan menghalangi perahu saat melintas sehingga. Jika dibiarkan maka hal tersebut akan membahayakan perahu yang melintas.

Bahaya itulah yang menggugah PT Suparma Tbk untuk menginisiasi gerakan aksi-aksi bersih di Sungai Pelayaran yang dibantu oleh 150 orang. Lewat program tersebut PT Suparma Tbk berhasil mengembalikan manfaat air sungai sebagai sarana transportasi.

Keberhasilan PT Suparma Tbk dalam mengembalikan manfaat air Sungai Pelayaran tersebut diakui langsung oleh Sutrisno sebagai Kepala Desa Krembung Sidoarjo, "Kegiatan yang diselenggarakan oleh PT Suparma Tbk ini mampu menjawab kebutuhan kami dan masyarakat dalam hal mengatasi permasalahan lingkungan seperti kebersihan sungai, pendangkalan, dan banjir akibat adanya eceng gondok, serta menjadi ajang kebersamaan bagi warga kami dengan bergotong royong selama kegiatan berlangsung," tuturnya.

PT Suparma Tbk Berhasil Wujudkan Tujuan SDGs

Air sungai adalah salah satu air yang difungsikan untuk kebutuhan sehari-hari. Sayangnya menurut Data dari National Urban Water Supply (NUWSP) mencatat bahwa sebanyak 91,9% sungai di Indonesia sudah tercemar (Sumber: NUWSP). Persentase tersebut kemungkinan akan bisa naik jika kita tidak segera membersihkan air sungai dari berbagai limbah yang ada.

Mengetahui fakta tersebut, PT Suparma Tbk melakukan aksi nyata sebagai bentuk perwujudan Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu menginisiasi pprogram bersih-bersih Sungai Pelayaran.

PT Suparma akan berupaya untuk melanjutkan aksi-aksi ini di sungai lainnya. Hal itu sesuai dengan tekad PT Suparma Tbk agar terus menyelaraskan program pembangunan bangsa agar terwujudnya tujuan pembangunan berkelanjutan yang digagas lewat SDGs.


ecommerce pt suparma

   
 



Diposting oleh : Dini Harianti BR Sinambela
pada 24 May 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer