Alasan Mengapa Harus Berbisnis Online daripada Konvensional



 

Bisnis tidak akan pernah mati karena mampu mengikuti perkembangan zaman. Tk heran jika para Pebisnis berbondong-bondong untuk beralih ke online. Lantas mengapa harus berbisnis online?

Sebuah survei menunjukan bahwa 82% masyrakat Indonesia lebih suka berbelanja online daripada offline. Sayangnya survei itu seperti tidak digubris oleh Pebisnis konvensional atau offline sehingga membuatnya enggan melakukan ekspansi dan memilih bertahan dengan menjual offline atau konvensional.

Jika Anda Pebisnis offline dan menemukan artikel ini, itu adalah momen yang tepat. Kami ingin memberikan edukasi terkait alasan kuat mengapa Anda harus berbinsis online.

Dengan demikian bacalah dan pikirkan baik-baik terhadap keputusan Anda di kemudian hari.

Mengapa Harus Berbisnis Online?

Alasan-alasan di bawah ini bisa jadi bahan pertimbangan Anda berdasarkan sudut pandang seorang Pebisnis berikut ini. Kami bantu menjawab pertanyaan ini saat dilihat dari sisi Pebisnis offline atau konvensional sebagai berikut:

1. Banyaknya pengguna internet

Indonesia menjadi salah satu negara yang masyarakatnya banyak mengakses internet. Banyaknya orang yang mengakses internet membuat bisnis Anda punya peluang yang besar untuk diketahui oleh banyak orang. Peluang tersebut bisa berubah menjadi penjualan karena mampu menjangkau banyak orang melalui internet.

Di tahun 2023, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 213 juta orang atau 77% dari populasi masyrakat Indonesia. Lantas, mengapa harus berbisnis online? Agar dapat menjualkan barang ke 200juta lebih masyrakat Indonesia.

2. Pengenalan produk sangat mudah

Memperkenalkan Produk mudah dilakukan dengan internet. Melalui visual yang memikat maka produk Anda mudah dibagikan melalui internet.

Semakin banyak yang membagikan maka semakin banyak orang yang tahu tentang produk Anda. Alasan mengapa harus berbisnis online ini akan berkaitan dengan penyebaran promosi yang mudah dan banyak yang melakukan pembelian.

3. Tidak Dipengaruhi Cuaca

Indonesia punya dua musim yaitu hujan dan kemarau. Ada kalanya kedua musim tersebut merugikan para pebisnis karena pembeli tidak datang ke tokonya.

Cuaca panas saat kemarau membuat pembeli merasa tidak nyaman saat berlenja. Namun saat turun hujan, calon pembeli memilih untuk mengundurkan niatnya untuk pergi ke toko Anda. Oleh karena itu ilustrasi ini bisa jadi gambaran Anda untuk menjawab alasan mengapa harus berbisnis online.

4. Membuka Lapangan Pekerjaan

Jadi Pebisnis online bisa menjadi awal mula Anda untuk membantu dengan seksama. Merekrut tenaga handal yang bertugas mengurus bisnis online adalah cara yang terbaik.

Keuntungan Anda merekrut tenaga ahli adalah dapat menjangkau penjualan lebih jauh. Sementara keuntungan yang mereka dpatkan yaitu dapat memenuhi kebutuhan hidup dengan mendapatkan penghasilan secara rutin. Jadi, mengapa harus berbisnis online? Karena Anda dapat membantu mensejahterakan kehidupan orang lain.

5. Minim Biaya Operasional

Bisnis online dapat mengurangi biaya operasional. Bisnis online tidak membutuhkan banyak karyawan. Dengan demikian dapat menghemat pengeluaran untuk biaya karyawan.

Biaya operasional yang wajib dikeluar ketika bisnis online adalah listrik dan kuota. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk sewa tempat karena bisnis online bekerja dimana san dan kapan saja.

6. Bisa Melakukan Promosi Kapan Saja

Mengapa harus berbisnis online? Karena Anda bebas mengatur promosi kapan saja.

Jika toko konvensional, Anda mungkin perlu beberapa waktu untuk mempersiapkan materi promosi, penyebaran, dan lain sebagainya. Promosi yang dilakukan bisnis online tidak terbatas. Selama ada ide baru maka Anda berhak untuk melakukan promosi unik tentang produk Anda di online.

Modal bisnis online skala kecil biayanya meliputi: smartphone, kuota, dan perlengkapan fotografi sederhana. Setelah memenuhi ketiganya, Anda bisa membuka toko online sesegera mungkin.

Berjalannya waktu, modal bisnis akan bertambah sesuai meningkatnya minat beli konsumen. Namun percayalah, modal bisnis online masih tidak sebesar bisnis konvensional.

8. Berkesempatan menjadi Bisnis Global

Ingin bisnis dikenal seluruh dunia? Bisa! Salah satu cara yang bisa dilakukan agar "Go Internasional" adalah memanfaatkan internet.

Ini adalah peluang baik agar Anda dapat memenuhi kebutuhan masyrakat dunia. Ingat, indonesia adalah salah satu jalur perdagangan internasional. Inilah yang sebaiknya dimanfaatkan melalui bisnis online agar produk Anda mampu bersaing di kancah internasional.

9. Bisa Atur Toko 24/7

Memiliki toko online tak selamanya mengikuti jam kerja yang ditentukan oleh pemerintah. Bila perlu perbaikan, Anda bisa memperbaiki toko Anda kapan saja. Ini cocok bagi Anda yang punya banyak toko online.

Tidak terkena macet saat ke toko. Tidak kehabisan bensin saat ke toko. Tidak melanggar ketentuan peaturan pemerintah karena bekerja lebih dari 8 jam. Itulah mengapa haru berbisnis online yang kan Anda rasakan.

10. Nyaris Tidak Ada Bedanya Dengan Toko Fisik

Fitur e-commerce sudah semakin lengkap yang mengalahkan bisnis konvensional. Pembeli bisa melihat foto produk, deskripsi produk, komentar pembeli, dan interaksi dengan admin penjualan.

Semua bisa dilakukan di bisnis online kecuali menyentuk produk. Jadi, pertimbangkan untuk berbisnis online daripada berbisnis konvensional.

10. Nyaris Tidak Ada Bedanya Dengan Toko Fisik

Pemerintahan Indonesia tengah gencar memperkenalkan pembayaran digital di seluruh lapisan masyrakata. Dengan kebiasaan baru ini diharapkanmasyrakat Indonesia sudah terbiasa dengan metode pembayaran Cashless.

Inilah yang menjadi peluang yang baik saat berbisnis online. Setelah memilih barang yang ingin dibeli, mereka pun bisa melakukan pembelian secara cashless.

Bisnis Online PT SUPARMA Tbk

Dari paparan informasi di atas, kita dapat tahu bahwa peluang berbisnis online sudah menunggu untuk di raih. Berbisnis online akan menguntungkan karena menjaga kelangsungan bisnis dalam jangka panjang. Ini akan berdampak baik terhadap kelangsungan produk di masa yang akan mendatang karena mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman.

PT Suparma Tbk adalah perusahaan tissue dan kertas nasi yang sudah mengawalinya dengan berbisnis online. Bisnis online PT SUPARMA Tbk dibuktikan dengan adanya E commerce dan market place yang kami miliki sebagai berikut:

 

ecommerce pt suparma

    Referensi:
 
 



Diposting oleh : Dini Harianti BR Sinambela
pada 11 June 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer