7 Nasi Khas Timur Tengah yang Lezat dan Mudah Ditemukan



 

Ragam masakan khas Timur Tengah sudah banyak ditemukan di Indonesia. Salah satu masakannya yang wajib dicoba adalah aneka sajian nasi khas timur tengah yang kaya akan rempah.

Aneka makanan nasi dari timur tengah menggunakan beras khusus. Dengan demikian tampilan dan rasa dari masakan khas timur tengah ini tidak akanAnda temukan di olahan nasi yang lainnya.

Kini aneka sajian dari nasi tersebut tidak sulit didapatkan karena sudah banyak yang menjualnya dipinggir jalan. Meskipun demikian, para pedagang pasti menggunakan bahan baku yang Halal dan juga menggunakan bungkus makanan yang sertifikat Halal, apakah itu?

Bacalah artikel ini sampai selesai untuk mengetahui aneka nasi khas timur tengah hingga bungkus makanan yang dimaksud.

Nasi Khas Timur Tengah yang Sangat Lezat

Aneka makanan dari timur tengah ini sudah banyak dijual oleh pedagang dengan harga yang ramah di kantong. Oleh karena itu berikut ini aneka nasi khas timur tengah yang wajib di coba;

1. Nasi Kebuli

*gambar*

Nasi kebuli adalah olahan nasi khas timur tengah yang sebenarnya  lahir di Indoneisa. Meskipun demikian, nasi kebuli tetap menggunakan ciri khas nasi timur tengah seperti penggunaan daging kambing serta aneka rempah yang menggugah selera.

Nai kebuli terkenal di kalangan masyrakat Betawi yang memiliki keturunan Arab. Jadi, makanan ini adalah hasil adaptasi Timut tengah yang diolah oleh orang betawi keturunan Arab lebih tepatnya adalah keturunan Hadhramaut yang tingal di kawasan oemukiman Betawi-Arab yang ada di Jakarta.

Ciri khas nasi khas timur tengah ini bisa dicium dari aromanya yang kuat karena menggunakan campuran kari dan kapulaga yang menonjol. Kemudian cita rasa nasi kebuli terasa gurih karena mdimasak menggunakan daging kambing, susu kambing, dan minyak samin. Setelah itu disajikan bersama daging kambing goreng yang diberi taburan kismis, dan bawang goreng.

2. Nasi Mandhi

*gambar*

Nasi Mandhi yaitu makanan khas timur tengah tepatnya Negara Yaman. Meskipun dari Yaman, namun Nasi Mandhi terkenal hingga ke Mesir, Maroko, Oman Syria, Turki dan Arab Saudi, dan negara-negara lainnya

Nasi Mandhi memiliki cita rasa yang gurih dengan aroma smokey yang didapatkan dari cara pengolahannya. Nasi Mandhi dimasak dengan menggunakan tanur atau oven yang berkuran besar yang terbuat dari logam sehingga menghasilkan aroma smokey yang kuat.

Aroma rempah-rempah Nasi Madhi yang kuat didapatkan dari aneka rempah diantaranya yaitu: kapulaga, cumin, kayu manis, dan lada hitam. Kemudian nasi khas timur tengah ini apstinya diberikan daging kambing sebagai protein tambahannya. 

Nasi mandhi terbuat dari beras basmati yang dibumbui: kapulaga, ketumbar, bunga lawang, jintan, jintan putih, dan serbuk kunyit. Bahan-bahan tersebut dicampur bersama dengan beras yang digunakan kemudian menggunakan campuran kaldu.

3. Nasi Briyani

Penggunaan rempah yang banyak juga dilakukan saat pengolahan sajian nasi khas timur tengah yaitu Nasi Briyani. Nasi ini berasal dari negara Pakistan dan India yang masih dianggap satu 'klan' dengan sajian nasi khas timur tengah karena aroma dan cita rasanya hampir mirip dengan olahan nasi timur tengah yang lainnya.

Ciri khas utama dari nasi biryani adalah penggunaan banyak rempah yang membuatnya berwarna kuning atau oranye. Warna itu didapatkan dari penggunaan kunyit yang menonjol. Dengan demikian nasi briyani dan nasi kebuli dapat dibedakan dari warna kuning yang menonjol. Lauk yang digunakan untuk pendamping nasi briyani adalah daging ayam, kambing, ikan, atau sapi.

Nasi Briyani bersal dari kata "biryani" yang berasal dari bahasa Persia. Arti dari kata "biryani" dalam Bahasa Persia yaitu goreng dan atau panggang. Arti tersebut merujuk kepada cara pembuatannya yang digoreng dengan minyak samin. Kemudian beras tersebut direbus dengan rempah-rempah hingga bumbu meresap.

4. Nasi kabsah

Nasi Kabsah dibuat dengan cara mencampurkan semua bahan yang meliputi nasi, daging, dan rempah-rempahnya  dalam satu panci. Namun rempah-rempah yang digunakan untuk nasi kabsah tidak sebanyak yang digunakan pada nasi Mandhi.

Uniknya, nasi kabsah punya beberap variasi yang berbbeda tergantung wilayahnya. Di negara Yordanian, nasi kabsah berwarna kemerahan karena menggunakan campuran puree tomat. Sementara di negara Arab Saudi, Oman, Yaman, Qatar, Uni Emirat Arab, Kuwait, Bahrain, hingga Indonesia, Nai Kabsah punya warna yang kekuningan.

Nasi Kabsah dikonsumsi dengan tambahan protein dari daging ayam hingga daging kambing. Kemudian sajian nasi khas timur tengah ini dinikmati bersamaan dengan syurba (sup) dan salata (salad).

5. Nasi maqlub

Nasi maqlub adalah nasi khas timur tengah yang populer di Yordania, Suriah, Irak, Libanon, dan Palestina. Bedanya dengan olahan nasi dari timur tengah yang lainnya adalah penyajian nasi maqlub didominasi dengan sayuran yang digoreng. Sayuran yang digoreng tersebut diantaranya adalah  tomat, wortel, kembang kol, kentang, dan terung.

Maqlub berasal dari kata 'Maqluba' yang artinya terbalik. Penamaan itu seuai dengan proses pembuatannya yang mana lauk-pauk yang digunakan seperti daging ayam, kambing, atau domba diletakan [pada bagian paling bawah periuk yang berlapis.

Di atas lauk tersebut diberikan sayuran yang sudah di goreng. Barulah pada bagian atasnya terdapat beras. Setelah itu barulah periuk tersebut dibalik saat ingin di sajikan di atas piring.

6. Nasi hadramaut

Nama hadramaut berasal dari negara yang menemukannya pertama kali, yaitu Hadramaut, Yaman. Nasi khas timur tengah ini mirip dengan nasi mandi.

Namun keduanya berbeda dari segi banyaknya rempah yang digunakan. Rempah-rempah yang digunakan pada nasi hadramaut menggunakan tiga kali lebih banyak daripada nasi mandhi. Dengan demikian rasa cita rasa nasi hadramaut ini lebih kuat dan lebih lezat ddaripada nasi mandhi.

7. Nasi bukhari

Nasi khas timur tengah yang bernama nasi bukhari ini punya warna yang orange karena menggunakan banyak tomat. Selain itu nasi bukhari menggunakan beberapa rempah seperti kapulaga, bunga lawang, cengkih, bawang merah, bawang putih, dan ketumbar.

Setelah nasinya sudah matang, kemudian diberikan topping sayuran seperti  serutan wortel, kismis, kacang balilah, atau kacang-kacangan. Kemudian nasi bukhari dilengkapi dengan protein dari daging ayam, kambing, atau domba. Dengan demikian cita rasanya tidak jauh berbeda dengan nasi-nasi khas timur tengah yang lainnya.

Kertas Bungkus Nasi Khas Timur Tengah yang Bersertifikat Halal

Para pedagang nasi khas timur tengah pasti sangat berhati-hati dalam memilih bahan baku hingga kertas bungkus yang digunakan. Kewasapadaan ini demi menghadirkan makanan yang Halal secara menyeluruh.

Oleh karena itu kertas bungkus nasi yang digunakan para pedagang nasi khas Timur tengah yang banyak digunakan adalah Laminted Wrapping Kraft (LWK) Cap Gajah. Kertas nasi coklat Cap Gajah memiliki sertifikasi Halal. Dengan sertifikasi itu maka makanan Halal yang diberikan pun akan terasa menyeluruh.

Berkat sertfifikasi Halal, Cap Gajah berhasil bantu pedagang menghadirkan makanan yang Halal sampai saat dinikmati oleh pembeli.

 

Referensi:

www.trenasia.com
www.idntimes.com
www.diadona.com
 

 



Diposting oleh : Dini Harianti BR Sinambela
pada 15 April 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer