15+ Olahan Aci Simple yang Cocok untuk Camilan Penunda Lapar


 

Aci adalah Bahasa Sunda dari tepung tapioka. Tepung tersebut dapat diolah menjadi makanan yang sederhana namun tetap nikmat. Beberapa olahan aci simple di dalam artikel ini wajib Anda tahu.

Ketika menyebutkan "Aci", biasanya aneka olahannya identik dengan Bandung atau Sunda. Namun kini makanan Bandung atau Sunda yang terbuat dari aci dapat ditemukan disekitar kita dengan harga yang terjangkau.

Berikut ini olahan aci yang simple namun kelezatannya selalu menempel di lidah. Manakah favorit Anda?

1. Cireng

cireng

Cireng merupakan singkatan dari aci digoreng. Olahan aci simple ini sering ditemui di depan sekolah-sekolah, pasar, dan pinggir jalan. Sesuai dengan namanya, cara pembuatannya adalah dengan menggoreng campuran adonan yang terbuat dari tepung tapioka.

Kini cireng dikreasikan dengan menambahkan berbagai macam isian seperti ayam, bakso, sosis, keju, dan lainnya. Sebagai pembeda, biasanya pedagang akan membuat cireng dengan berbagai bentuk yang berbeda.

Selain cirang isi, cireng salju atau cireng Frozen Food jadi yang terpopuler belakangan ini. Cireng ini dinikmati bumbu pedas manis gurih atau bumbu rujak.

Baca Juga:

2. Cimol

Cimol berasal dari bahasa Sunda, "aci digemol". "Gemol" adalah penyebutan untuk cara pembuatannya, yaitu dipilin hingga menjadi bundaran kecil.

Saat ini, olahan aci simple ini semakin populer bahkan di luar wilayah Bandung dan sekitarnya. Kepopuleran Cimol diiringi dengan bumbu taburnya yang semakin seperti pedas, asin, balado, keju, barbeque, dan lainnya.

Kini Cimol mulai dimodifikasi dengan isian seperti ayam atau mozarella, hingga cimol bojot yang lebih kaya rempah karena menggunakan bawang dan lebih banyak bumbu.

3. Cilok

cilok

Cilok adalah olahan aci simple yang berasal dari singkatan "aci dicolok". Cilok memiliki rasa yang lezat karena terbuat dari campuran lemak dan kaldu ayam.

Cilok mudah ditemukan dimana saja. Bahkan kini cilok modern sudah masuk ke pusat Food Court pusat perbelajaan dan juga ada berupa frozen food.

Cilok diberikan campuran bumbu kacang, kecap, dan saus sambal. Namun, ada juga beberapa pedagang juga menyajikannya dengan kuah dan tetelan seperti penyajian bakso.

4. Cilung

Cilung adalah olahan aci simple yang berasal dari singkatan "aci digulung". Cilung memiliki tekstur yang kenyal, namun berbeda karena adonannya disajikan bersama campuran telur, kemudian digulung, dan digoreng.

Seperti umumnya, olahan aci ini disajikan dengan beragam bumbu tabur sesuai selera. Anda dapat menyesuaikan rasa sesuai dengan keinginan saat menyantapnya.

5. Cilor

Cilor adalah singkatan dari "aci dan telur". Seperti Cilok, Cilor juga mudah ditemui karena termasuk jajanan yang murah dan lezat. Terbuat dari tepung kanji yang memberikan tekstur kenyal, dicampur dengan telur, dan diberi bumbu penyedap berbagai rasa.

Perbedaan cilor dengan cimin adalah penggunaan telur dalam cilor untuk mengikat aci yang sudah dipotong kecil-kecil, sehingga membentuk adonan berbentuk lingkaran. Makanan ini telah menjadi favorit dengan beragam bumbu tabur yang ditawarkan.

6. Cipuk

Belakangan ini, penjual cipuk (aci kerupuk) mulai menjamur. Cipuk jadi salah satu olahan aci simple yang banyak diminati karena memiliki rasa yang unik, dengan remahan kerupuk warna-warni di luarannya. Saat digigit, bagian luarnya renyah dengan rasa yang gurih, serta tekstur kenyal saat dikunyah.

Biasanya, cipuk disajikan dengan sambal rujak yang memiliki cita rasa pedas. Kini cipuk banyak hadir dengan bumbu tabur berbagai rasa seperti keju, balado, jagung bakar, asin, dan sebagainya.

7. Baso Aci

boci

Baso aci adalah bakso yang terbuat dari tepung aci. Meskipun mirip dengan bakso pada umumnya, baso aci memiliki variasi tambahan seperti pilus atau cikur, siomay, batagor kering, dan pangsit, disajikan dengan kuah yang kaya rempah.

Saat ini, baso aci banyak disantap dengan cara yang lebih praktis melalui kemasan beku yang perlu dimasak terlebih dahulu.

8. Cimin

Cimin adalah olahan aci simple yang berasal dari nama "Aci Mini". Olahan aci simple ini adalah jajanan yang sering kali dijumpai karerna rasanya yang lezat dan harganya yang terjangkau.

Sesuai namanya, cimin memiliki bentuk kotak kecil-kecil yang dimasak dengan paduan telor yang sekedar dituang saat sedang menggoreng. Biasanya, cimin dinikmati dengan bumbu tabur sesuai selera. Ada pula yang menikmatinya dengan saus sambal agar terasa pedas.

9. Cigor

Cigor adalah cilok yang digoreng. Cara pembuatannya sama persis dengan cilok, namun yang berbeda ada di metode pengolahan.  Jika cilok biasanya dikukus atau direbus, cigor langsung digoreng.

Cigor adalah olahan aci simple yang cukup populer di Tasikmalaya, dan biasanya memiliki isian daging ayam cincang. Bumbunya bervariasi, mulai dari pedas manis, cabe ijo, asam pedas, hingga ditaburi dengan ayam cincang kering.

10. Cibay atau Cirambay

Cibay adalah singkatan dari "aci ngambay". Ngambay adalah Bahasa Sunda dari Terjuntai. Dengan demikian Cibay adalah aci yang dibentuk seperti mie karena bentuknya yang memanjang,

Sesuai dengan namanya, tekstur makanan ini sangat kenyal. Dibungkus dengan kulit lumpia sehingga menjadi garing di luar dan lembut kenyal di dalamnya. Mirip dengan martabak telur, namun dengan isian aci. Rasanya semakin nikmat saat disantap selagi masih hangat.

11. Cigo

Cigo adalah singkatan dari cilok goang. Olahan aci simple ini mirip dengan bakso aci.

Namun perbedaan cigo daripada bakso aci terletak pada penggunaan sambal khas Sunda yang bernama "Goang'. Sambal Goang terbuat dari garam, cabai rawit, bawang putih, dan sedikit minyak goreng.

12. Cece atau Cocol

Cece atau colak colek adalah olahan aci simple yang belum terlalu populer daripada yang lainnya. Adonan cece lebih cair karena proses penggorengannya mirip dengan wajan surabi.

Cece terbuat dari adonan aci yang dicampur dengan telur, daun bawang, dan jika diinginkan, bisa ditambahkan pilus sesuai selera.

13. Cihu

Cihu mirip dengan tahu bakso, namun tidak menggunakan isian tahu, hanya kulit tahu dan aci. Keistimewaan olahan aci simple ini terletak dari variasi bumbunya.

Biasanya cihu disajikan dengan bumbu yang sangat pedas. Sedangkan untuk cihu kuah, disajikan mirip dengan seblak dengan kuah rempah yang kental dan tentunya pedas.

14. Cipok

Cipok adalah cireng versi popcorn. Sesuai dengan namanya, cireng diolah menjadi bentuk kecil-kecil yang mirip seperti popcorn.

Cipok punya dua jenis sajian yaitu cipok kering atau cipok basah. Perbedaan antara keduanya terletak pada bumbunya, di mana cipok kering menggunakan bumbu tabur sementara cipok basah menggunakan bumbu cair.

15. Cipak

cipak

Cipak adalah varian cimol yang lebih gepeng atau pipih. Dalam Bahasa Sunda pipih berarti Depak. Sesuai dengan namanya, tekstur, adonan, dan cara memasaknya mirip dengan cimol, namun berbentuk pipih.

Cimol cenderung memiliki isian yang kosong dan sering sulit untuk digoreng karena dapat menyebabkan minyak meluap. Namun berbeda dengan cipak, yang juga disajikan dengan bumbu kental mirip seperti rujak. Makanan khas Sunda tentu tidak lengkap tanpa bumbu medok yang pedas.

16. Bacil

Bacil adalah singkatan dari baso cilok. Bacil merupakan olahan aci simple yang sangat mirip dengan cimin, namun memiliki bentuk bulat bukan kotak.

Jika cimin hanya disajikan dengan bumbu tabur, bacil bisa disajikan dengan bumbu kental seperti bumbu rempah. Tingkat kecairan bumbunya juga dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.

17. Kerupuk Aci

Di Bandung, kerupuk yang terbuat dari aci tidak hanya dijadikan teman makan nasi. Kerupuk aci mentah seringkali dijadikan isian dalam seblak. Kerupuk aci memiliki berbagai bentuk, seperti bintang atau bunga dengan tepian warna-warni, atau keriting lingkaran biasa.

Menurut laman Warisan Budaya Tak Benda Kemdikbud, Jawa Barat menjadi salah satu produsen kerupuk aci. Khususnya di wilayah Kabupaten Ciamis, terutama di Kecamatan Cikoneng. Saat ini, kerupuk aci Cikoneng telah tersebar hampir ke seluruh penjuru Indonesia.

Kini kerupuk aci mudah ditemukan dimana saja. Dengan demikian Anda dapat membuat seblak khas Bandung di rumah

18. Cipet

Cipet adalah olahan aci simple yang berasal dari nama "aci ka jepet". Sesuai dengan namanya, olahan aci ini dijepit di antara belahan tahu.

Biasanya tahu yang digunakan adalah tahu putih, menyerupai tampilan tahu bakso, siomay, dan batagor. Penyajiannya dapat dengan bumbu kacang atau bumbu tabur yang merupakan ciri khas jajanan kaki lima. Cipet cocok untuk camilan yang mengenyangkan.

19. Cipeng

Cipeng adalah singkatan dari "aci gepeng". Tektur cipeng memiliki kesamaan bentuk dengan cipak. Namun yang membedakan adalah bumbu pendampingnya.

Jika Cipak lebih sering disajikan dengan bumbu cair, sementara Cipeng disajikan dalam keadaan garing dengan bumbu tabur.

Atasi Gorengan Berminyak dengan Tissue Kitchen Towel Plenty

Beberapa dari olahan aci simple di atas dimasak dengan cara digoreng. Meskipun hasilnya lebih krispi dan lezat namun olahan aci yang digoreng ternyata menyerap banyak minyak.

Banyaknya minyak di dalam gorengan aci tersebut mengganggu kenyamanan kita saat ingin menikmatinya. Hal itu karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan berupa batuk.

Oleh sebab itu Anda perlu meniriskannya terlebih dahulu. Caranya mudah yaitu dengan menggunakan tisu dapur yang berdaya serap tinggi dan sudah Food Grade.

Tissue Kitchen Towel Plenty adalah rekomendasi tisu dapur yang cocok untuk meniriskan minyak di gorengan. Adanya teknologi emboss disetiap permukaannya serta dilengkapi dengan ketebalan 2 Ply dijamin minyak digorengan akan cepat berkurang dari gorengan.

Keunggulan Tissue Plenty dapat Anda rasakan #AnytimeAnywhere. Kini Anda bisa mendapatkannya lebih mudah dan prktis dengan E-commerce resminya.

Klik Banner di Bawah ini!

*banner*

ecommerce suparma

Referensi:

 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 09 July 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer