7 Oleh oleh Khas Gresik yang Cocok untuk Buah Tangan


 

Selain nasi krawu, Gresik punya oleh oleh khas yang tidak ada di kota-kota lain. Oleh oleh khas gresik itu bisa jadi buah tangan untuk sanak keluarga di kota asal.

Aneka oleh-oleh khas gresik punya beraneka rasa yang terkenal kelezatannya. Maka dari itu aneka makanan tersebut cocok untuk segala kalangan.

Agar kebersihannya terjaga maka penjual oleh-oleh kerap melapisinya dengan kertas bungkus putih yang sudah Food Grade.

Artikel ini akan mengetahui aneka oleh-oleh dari gresik beserta kertas bungkus warna putih yang kerap dipakainya. Bacalah artikel ini hingga akhir.

Oleh oleh Khas Gresik

Berikut ini oleh oleh khas gresik yang wajib dibeli untuk sanak saudara:

1. Kue Bonggolan

bonggolan

oleh oleh khas gresik ini memiliki rasa manis dan juga gurih. Meskipun manis dan gurih, kue bonggolan ini terbuat dari daging ikan yang dicampur dengan rempah-rempah. Itulah yang membuat kue bonggolan khas gresik punya cita rasa yang unik dan lezat.

Kenikmatan kue bonggolan didapatkan oleh pencampuran tepung kanji di dalamnya. Campuran inilah yang menghasilkan tektur yang renyah.

2. Kue Jubung

jubung

Oleh oleh khas gresik ini identik dengan taburan biji wijen di atasnya sehingga menambah kesan cantik pada kue ini. Rasa manis dari kue jubung berpadu dengan keunikan rasa dari biji wijen membuatnya digemri oleh semua usia.

Kue jubung selalu dibungkus dengan daun aren yang kering. Dengan demikian kue jubung adalah kue tradisional dari Kota Gresik yang wajib untuk dijadikan oleh oleh.

3. Kue Pudak

pudak

Jika  kue jubung dibungkus dengan daun aren, justru kue pudak dibungkus dengan pelepah pinang. Penggunaan pelepang pinang sebagai bungkus adonan kue pudak karena penampang daun tersebut cukup luas dan kuat sehingga mampu mencegah adonan menjadi bocor.

Kue pudak jadi oleh oleh khas gresik yang rasanya manis, gurih, dan legit. Rasa itu didapatkan dari percampuran tepung beras, gula jawa, dan santan.

4. Bandeng Asap

Gresik terkenal dengan Kota Tambak. Tambak sendiri adalah tempat yang dipakai untuk budidaya ikan payau yaitu ikan Bandeng. Maka tak heran jika bandeng cukup melinpah dan mudah di daopatkan di Kota Gresik.

Dikarenakan cukup melimpah maka Kota Gresik punya olahan ikan bandeng yang cocok untuk oleh oleh khas gresik, namanya yaitu bandeng asap. Cota rasa asap yang khas dengan daging yang lembut cocok untuk diolah menjadi makanan yang lezat.

Bandeng asap khas gresik cocok untuk oleh-oleh karena bertahan sampai 2 hari di luar kulkas. Dengan demikian bandeng asap cocok untuk oleh-oleh dari Gresik tanpa khawatir makanan cepat basi.

5. Otak-otak Bandeng

Selain di asap, bandeng dapat diolah menjadi hidangan bernama otak-otak. Mula-mula daging bandeng dihancurkan dan dihilangkan durinya. Kemudian daging bandeng dicampur dengan aneka rempah sehingga rasanya menjadi lebih lembut.

Otak-otak cocok untuk lauk makanan karena daging bandeng yang bebas duri dan berempah. Maka dari itu otak-otak bandeng jadi makanan yang cocok untuk lauk makanan yang praktis untuk sajian anggota keluarga.

6. Kerupuk Ikan

Kerupuk ikan khas Gresik berbeda dengan kerupuk ikan di kota lain. Hal itu karena kerupuk ikan khas Gresik berbahan baku ikan payus atau ikan bandeng lanang.

Ikan payus berbeda dengan ikan bandeng pada umumnya. Perbedaannya terletak di bentuk tubuh, warna, dan siripnya yang seperti dalam tabel yang berikut ini: (Sumber: Perbedaan)

Perbedaan Ikan Payus Ikan Bandeng
Bentuk Tubuh Gemuk dan pipih Ramping dan sedikit pipih
Warna Cokelat kehitaman (bagian atas tubuh), putih keperakan (bagian bawah tubuh) Keperakan (bagian atas dan bawah tubuh)
Ukuran Sirip

Sirip Punggung: Panjang

Sirip Ekor: Panjang

Panjang, namun lebih pendek dari ikan payus

7. Keripik Bayam

Ya, bayam juga bisa diolah menjadi keripikk yang nikmat. Layaknya keripik pada umumnya, bayam cocok untuk pendamping aneka makanan karena renyah dan gurih.

Keripik bayam khas Gresik rasanya mirip dengan rumput laut. Sensasi renyah dan gurih dari daun bayam yang digoreng membuat siapa saja jatuh cinta dengan keripik ini.

Kertas Bungkus Oleh Oleh Khas Gresik

Jika beruntung, Anda akan menemukan beberapa dari oleh oleh khas gresik di atas yang masih dibungkus menggunakan daun tertentu. Namun ada pula yang sudah menyesuaikan dengan kebutuhan pasar yaitu dengan menggantinya menggunakan kertas bungkus. Dalam hal itu kertas bungkus oleh oleh khas gresik biasanya digunakan untuk alas sebelum dimasukan dalam kemasan.

Dengan menggunakan kertas bungkus maka dapat meminimalisir kontaminasi zat kimia di kemasan masuk ke dalam makanan. Kertas bungkus oleh oleh khas gresik yaitu bernama Laminated Mchine Glazed atau LMG.  Kertas bungkus tersebut bisa Anda temukan di pedagang-pedagang makanan cepat saji diantaranya kebab, burger, hingga pizza. Kertas bungkus oleh oleh khas gresik harus memiliki kemampuan ramah lingkungan.

Kemampuan ramah lingkungan yang dimiliki LMG itu karena menggunakan teknologi Oxium sehingga lebih cepat terurai. Namun berhati-hatilah dalam memilih merek kertas bungkus oleh oleh khas gresik. Hal itu karena tak semua merek kertas bungkus menggunakan teknologi Oxium untuk mempercepatnya terutai.

Oleh karena itu para pengusaha oleh oleh khas gresik telah menggunakan kertas bungkus LMG merek "Cap Gajah". LMG Cap Gajah telah menggunakan teknologi Oxium sehingga membantu percepat proses penguraian kertas LMG dengan bantuan sinar matahari.Proses penguraian itu memecah menjadi partikel-partikel kecil yang kemudian membantu perkembang biakan mikrobakteri dalam tanah. Itulah yang akan membantu proses penyuburan tanaman di atasnya.

#BungkusinAja Kertas Bungkus Ramah Lingkungan

LMG mulai banyak digunakan oleh rumah tangga, industri rumahan, hingga restoran ternama. Hal itu membuktikan bahwa semua orang mulai menyadari pentingnya menjaga lingkungan dengan memilih kertas bungkus yang tepat.

Sebagai merek kertas bungkus di Indonesia, "Cap Gajah" berupaya untuk menghadirkan kertas bungkus berkualitas untuk semua orang. Maka dari itu "Cap Gajah" hadir dengan dua jenis kertas bungkus, yaitu: Laminated Wrapping Kraft (LWK) dan Laminated Machine Glazed (LMG).

Ayo, #BungkusinAja dengan kertas bungkus ramah lingkungan mulai sekarang

ecommerce suparma

 
 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 10 June 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer