5+ Penyakit Saat Musim Hujan dan Pencegahannya Dengan Tisu



 

Setelah sekian lama Indonesia dilanda keekringan,, akhirnya turunlah hujan yang menandakan peruabahan musim. Semua orang bersuka cita menyambut perubahan musim ini. Namun jagalah kondisi tubuh Anda karena ada beragam penyakit saat musim hujan yang akan menyerang Anda.

Gangguan kesehatan ini tidak dapat kita hindari. Jika sudah terjadi pada tubuh Anda, segera berobatlah agar tidak menyebar ke orang lain.

Atau Anda perlu membawa peralatan kebersihan dimanapun Anda berada. Benda ini mampu mematikan kuman penyebab penyakit sehingga tidak akan menyebarkannya ke orang lain. Lantas apa benda yang kami maksud tersebut? Bacalah artikel ini untuk pembahasan selengkapnya.

Penyakit Saat Musim Hujan yang Sering Menjangkit Orang

Musim hujan rawan terjadi gangguan kesehatan. Ada beberapa alasan mengapa hal itu bisa terjadi.

Penyebab adanya penyakit saat musim hujan terjadi akibat perubahan suhu yang ekstrim, minimnya aktivitas fisik, dan daya tubuh yang melemah. Dengan demikian penyakit-penyakit ini pasti semua orang pernah merasakannya.

Manakah diantara gangguan kesehatan ini yang pernah menimpa Anda dan keluarga saat musim hujan?

1. Flu

sakit flu
 

Penyebab dari flu adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Jika tidak segera disembuhkan maka penyakit saat musim hujan ini akan menyebabkan Pneumonia yang dapat mematikan. Komplikasi flu ini bisa terjadi oleh semua kalangan yang punya kekebalan yang lemah.

Oleh karena itu hindarilah flu dengan menerapkan aktivitas yang bersih seperti rajin membersihkan tangan dimanapun kita berada. Bahkan ketika keluar toilet maka cucilah tangan. Apalagi jika Anda sedang berada diluar rumah maka tangan harus sesering mungkin dibersihkan.

Flu adalah penyakit yang disebabkan oleh viruz influenza yang bisa menularkan orang lain. Penularan tersebut terjadi melalui bersin, batuk, dan tidak sengaja menyentuk benda yang sudah terkontaminasi virus tersebut.

2. Diare

sakit diare
 

Penyakit saat musim hujan yang ini terjadi karena konsumsi makanan dan minuman yang sudah tidak bersih atau telah terkontaminasi. Pencemaran makanan dan minuman sangat masif terjadi saat musim hujan. Hal itu karena bahan baku yang tidak dicuci bersih sehingga kuman tersebut tidak terbuang dengan baik.

Diare disebabkan oleh bakteri bernama e.coli, salmonella, shigella, dan cholera. Diare adalah penyakit saat musim hujan yang sangat menyiksa karena terjadi selama berminggu-minggu.

Oleh karena itu cegahlah dengan mengonsumsi makanan yang diolah dengan matang. Kemudian gunakan alat makan yang bersih dan seringlah mencuci tangan sebelum makan.

3. Demam Berdarah

sakit demam berdarah
 

Demam berdarah adalah penyakit saat musim hujan yang disebabkan oleh nyamuk berjenis Aedes. Nyamuk ini menyukai air dan tempat yang lembab.

Gejala pada demam berdarah pertama adalah mengalami demam selama 7 hari mencapai 40 derajat celcius disertai otot yang terasa nyeri. Setelah demam berangsur menurun, pergelangan kaki dan tangannya menjadi sangat dingin. Sama halnya dengan gangguan kesehatan saat musim hujan lainnya, demam berdarah terjadi sangat lama.

Oleh sebab itu cegahlah mulai sekarang dengan menghindari tempat yang penuh nyamuk,menggunakan obat nyamuk, dan terapkan 3 M (menguras, mengutup mengubur). Selain itu beristirahatlah dengan waktu yang cukup dan diimbangi dengan berolahraga. Jasmani yang kuat yang kuat akan menghindari Ana dan keluarga dngan penyakit ini.

4. Tipes

 

penyakit tipes
 

Gejala umum dari penyakit saat musim hujan meliputi tipes adalah sakit perut, sembelit, diare dan juga sakit kepala, adalah gejala. Penyabab tipes adalah bakteri Salmonella typhi yang mencemari makanan dan minuman yang sedang Anda santap.

Gejala tipes yang terjadi pada tubuh Anda lainnya adalah tubuh terasa lelah, nyeri otot, keluar keringat berlebih, batuk kering, muncul ruam pada kulit, kehilangan nafsu makan dan kehilangan berat badan secara drastis. Gejala ini mungkin tidak terjadi oleh semua orang yang mengalami tipes

Cara yang mudah untuk mencegah penyakit ini adalah mencuci tangan dengan sabun dan dibilas dengan air yang mengalir. Selain itu buatlah makanan dan minuman di rumah agar mencegah bakteri salmonella masuk dalam sistem pencernaan.

Hati-hati! Tipes bisa menyebar ke orang lain ketika Anda melakukan kontak langsung dengan yang terjangkit. Oleh sebab itu penyakit saat musim hujan ini tidak boleh dianggap remeh dan segeralah berobat karena ini bisa mengancam jiwa.

5. Penyakit Kulit Saat Hujan

Hujan menyebabkan banjir. Banjir mnciptakan genangan air yang kotor. Inilah yang menyebabkan pertumbuhan jamur pada kulit apalagi di sela-sela lipatan pada kulit.

Penyakit kulit akibat hujan bisa beraneka ragam. Inilah macam penyakit kulit saat hujan yang kerap ditemui:

1. Kutu Air

Salah satu penyakit kulit yang ditandai dengan ruam kemerahan yang lembap dan gatal di antara ibu jari atau jempol kaki. Rasa gatal tersebut karena lipatan tersebut lembab ditambah lagi dengan bakteri yang terbawa di banjir akibat hujan. Untuk langkah pencegahan cuci bersih kaki Anda dan keringkan dengan baik agar lipatan tidak menjadi lembab.

2. Kulit Merah-merah

Seperti namanya gangguan kulit ini membuat kulitnya menjadi kemerahan. Gangguan kesehatan ini akibat terlalu lama memakai kaus basah karena terkena hujan.

Kulit merah-merah terjadi di area lipatan pada tubuh. Jika dibiarkan makan kulit kemerahan akan menjadi lecet dan terasa sangat nyeri.

3. Penyakit Kurap

Kurap adalah penyakit saat musim hujan akibat infeksi jamur. Apapun bagian pada tubuh kita bisa terkena kurap misalnya di area bokong, selangkangan, ketiak, tangan dan kaki, wajah, hingga kepala. Kurap ditandai dengan ruam kemerahan yang berbentuk lingkaran yang sangat gatal.

4. Biang Keringat

Bentuk biang keringat menyerupai jerawat. penyakit pada musim hujan ini diakibatkan dari kelembaban yang meningkat yang menyumpat pori-pori ulit dan menyebabkan iritasi kulit.

Agar tidak menimbulkan biang keringat gunakanlah pakaian berbahan katun. Bahan kain ini mudah menyerap keringat.

5. Infeksi Kuku

Jika kuku Anda mengalami perubahan waktu, mudah rapuh, dan kasar, itu tandanya Anda sedang terkena infeksi kuku. Penyakit ini juga ditandai dengan kulit sekitarnya yang terasa kemerahan, gatal, hingga bengkak. Dengan demikian seringlah mencuci tangan dan keringkanlah dengan maksimal.

Alat Kebersihan untuk Musim Hujan

Alat kebersihan untuk musim hujan yang kami rekomendasikan untuk ada di sekitar Anda. Alat kebersihan yang kami maksud adalah tissue kering.

Ya, tisue kering kering memang tidak dilengkapi dengan cairan anti kuman. Justru itu yang bisa menjaga kebersihan Anda ketika musim hujan.

Tissue kering adalah alat kebersihan yang serbaguna. Dengan tissue Anda bisa membersihkan kulit tubuh yang sensitif serta beberapa benda yang ingin dipakai.

Jenis tissue kering sebagai alat kebersihan untuk saat musim hujan adalah tissue wajah dan tissue handkerchief.

Sediakanlah tissue wajah yang punya sheets yang banyak. Oleh karena itu See U punya tissue wajah yang berbentuk kiloan. Dengan demikian tissue ini cocok untuk jadi simpanan karena Anda dapat membaginya di beberapa tempat di rumah untuk menjaga kebersihan.

Tissue handkerchief ini yang akan melindungi Anda dari beberapa penyakit saat musim hujan di atas di mana saja. Bentuknya yang kecil memudahkan tissue untuk disimpan dalam kantong atau tas kecil Anda.

Tissue handkerchief yang direkomendasikan untuk dibawa saa musim hujan adalah milik Plenty. Dengan 3 Ply sehingga dapat mencegah penularan bakteri penyebab gangguan kesehatan saat musim hujan di atas.

Oleh karena itu jaga kesehatan keluarga dengan menyediakan See U dan Plenty mulai sekarang.

 

Referensi:
 
 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 18 March 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer