7 Persiapan Mudik Naik Mobil Agar Nyaman Selama Perjalanan


 

Mudik menggunakan mobil jadi alternatif jika Anda kehabisan tiket kereta api. Mobil dapat membawa sejumlah orang beserta barang bawaan ketika mudik. Namun pastikan untuk melakukan persiapan mudik naik mobil yang ada dalam artikel ini.

Segala persiapan tersebut patut dilakukan seluruhnya. Hal itu demi menjaga menjaga kenyamanan saat menempuh perjalanan panjang menuju kampung halaman.

Berikut ini persiapan-persiapan harus dilakukan semuanya sebelum pergi:

1. Cek Kondisi Mobil Secara Menyeluruh

Persiapan mudik naik mobil ini harus diutamakan. Hal itu agar memastikan keselamatan dan kenyamanan Anda dan sekeluarga saat mudik ke kampung halaman.

Lakukan pengecekan menyeluruh terhadap kondisi mesin mobil yang meliputi berikut ini:

  • Ban mobil: Ban harus dalam kondisi baik dan tekanan angin yang tepat. Selain itu periksa keausan dan ketebalan kampas rem, serta pastikan minyak rem tersedia untuk sistem rem yang optimal.
  • Air radiator dan level cairan pendingin: Pastikan kedua benda itu tetap berada di batas normal
  • Level dan kualitas oli mesin: benda ini penting  untuk menjaga kesehatan mesin mobil. Apalagi saat mobil dibawa perjalanan jauh yang memungkinkan cepat panas.
  • Suspensi mobil: mulai dari per, kai-kaki, shock absorber, hingga tie rod harus dalam kondisi yang baik. Hal itu berguna untuk kenyamanan saat menyetir mobil di perjalanan jauh.
  • Aki Mobil dan soket lampu: pastikan semua lampu mobil berfungsi dengan baik, termasuk lampu utama, lampu sein, dan lampu rem. Periksa juga kondisi aki mobil untuk pastikan terhubung dengan baik dan memiliki kesehatan yang optimal.

2. Rencanakan Rute Perjalanan

Jika Anda berencana untuk melakukan perjalanan mudik dengan mobil, sangat penting untuk merencanakan rute yang akan Anda ambil terlebih dahulu. Persiapan mudik naik mobil ini sangat penting jika jalur yang Anda tuju sering mengalami kemacetan parah.

Merencanakan rute mudik Anda dengan cermat agar dapat menghindari kemacetan tersebut.  Dengan demikian maka mudik dengan mobil terbebas dari gangguan kenyamanan yang akan mempengaruhi suasana hati. Dengan begitu, Anda dapat menikmati perjalanan mudik dengan mobil Anda tanpa terganggu oleh kemacetan dan membuat pengalaman perjalanan Anda menjadi lebih menyenangkan.

3. Istirahat Dengan Cukup

Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup sebelum hari keberangkatan. Persiapan mudik pakai mobil sangatlah penting karena dapat meminimalisir rasa kantuk saat di perjalanan, terutama jika Anda yang mengemudi mobil.

Mengalami kantuk saat mengemudi sangat berbahaya karena dapat meningkatkan risiko kecelakaan lalu lintas. Jika Anda merasa kantuk saat mengemudi, sebaiknya berhenti sejenak di rest area untuk istirahat. Selain itu, jika Anda berkendara di malam hari, mengonsumsi kopi juga dapat membantu Anda melawan kantuk saat mengemudi mobil.

4. Membawa Cemilan

Selain itu, membawa makanan ringan juga merupakan persiapan mudik naik mobil yang tidak kalah penting. Terutama jika Anda pergi bersama keluarga dan memiliki anak-anak, makanan ringan dapat membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan.

Dengan membawa makanan ringan, Anda dapat mengatasi rasa lapar yang dapat mengganggu konsentrasi saat mengemudi. Selain itu, makanan ringan juga dapat membantu Anda tetap terjaga dan menghindari rasa kantuk saat berkendara, karena Anda akan terlibat dalam aktivitas mengunyah makanan ringan.

5. Makanlah Secukupnya

Mengonsumsi makanan dalam jumlah berlebihan dapat membuat perut Anda tidak nyaman saat berkendara. Jika demikian maka Anda dan keluarga yang mudik jadi lebih rentan merasa mual saat mengemudi.

Selain itu, makan berlebihan hingga kenyang juga dapat meningkatkan risiko kantuk saat berkendara, yang dapat mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

Persiapan mudik naik mobil ini lebih baik dilakukan sebelum berangkat. Hal itu agar menyetir mobil jadi lebih fokus sehingga meminimalisir kecelakaan.

6. Cuci Mobil

Mencuci mobil perlu dilakukan sebagai persiapan mudik pakai mobil. Tujuan mencuci mobil adalah untuk mencegah korosi dan kerusakan pada bodi mobil akibat menempelnya debu dan kotoran yang mengancam kekuatan bodi mobil.

Bila perlu cucilah motor Anda sampai ke bagian interior mobil. Membersihkan interior mobil akan menjaga kenyamanan saat berada di dalam mobil berjam-jam saat perjalanan mudik ke kampung halaman.

7. Persiapan Mudik Naik Mobil Dalam Memilih Tisu yang Tepat

Persiapan mudik naik mobil yang terakhir ini tidak boleh ketinggalan. Dikarenakan fungsi tisu saat dibawa liburan cukup kompleks sehingga perlu disediakan di dalam mobil.

Baca Juga:

Tisu yang tepat untuk dibawa liburan yaitu yang berukuran praktis dan mempunyai jumlah sheets yang cukup banyak. Sheets sebanyak 150 - 200 Sheets adalah jumlah yang cukup optimal bagi tisu yang akan dibawa saat liburan menggunakan mobil.

Anda tidak perlu khawatir terkena noda yang mengganggu saat perjalanan mudik. Itu karena jumlah sheets yang banyak sehingga dapat digunakan kapan saja.

#HapusNodamu Demi Menjaga Kebersihan Selama Perjalanan Mudik

Matangkan persiapan mudik naik mobil Anda jauh-jauh hari. Pastikan dalam keadaan yang prima agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan.

Sediakan tisu di dalam mobil adalah suatu keharusan. Dengan tisu, #HapusNodamu jadi lebih mudah dan nyaman.

Tissue Multi Purpose See-U jadi andalan untuk dibawa saat mudik menggunakan mobil. Bentuknya yang praktis sekaligus memiliki jumlah sheets yang cukup banyak sehingga Anda tidak perlu takut kehabisan tisu saat perjalanan jauh.

#HapusNodamu selama mudik perjalanan dengan See-U multi Purpose.

ecommerce suparma

Referensi:

 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 29 June 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer