Seasoning wajan Adalah: Definisi, Manfaat, Serta Caranya


 

Masak menjadi kebiasaan yang menyenangkan saat di rumah. Agar lebih menyenagkan, siapkan wajan yang licin saat ingin mengolah aneka makanan. Ada satu teknik memasak yang perlu diketahui, seasoning wajan adalah teknik memasak yang dimaksud.

Baik menggunakan wajan biasa atau anti lengket, seasoning wajan jadi teknik yang harus Anda kuasai. Berkatnya, memasak jadi mudah dan menyenangkan. Dengan demikian hidangan pun jadi cepat selesai dan pasti jadi makanan favorit.

Bagi yang belum mengetahuinya, maka artikel ini jadi bahan bacaan yang cocok. Anda akan mengetahui definsi seasoning wajan, manfaat seasoning wajan, cara melakukannya, serta peralatan yang diperlukan untuk melakukannya. Bacalah hingga akhir.

Definisi Seasoning Wajan Adalah

Artikel ini diawali dengan pembahasan tentang definisi seasoning wajan. Seasoning wajan adalah teknik pengolesan minyak di permukaan wajan saat ingin digunakan. Ada pula yang menyebut seasoning wajan dengan sebutan seasoning wok.

Seasoning wajan disarankan menggunakan minyak goreng daripada margarin. Hal itu karena minyak goreng bertekstur cair sehingga lebih mudah melapisi permukaan dengan merata dan cepat. Berbeda dengan penggunaan margarin yang perlu menunggu beberapa waktu agar meleleh terlebih dahulu, baru dioleskan merata ke semua perukaan wajan.

Fungsi seasong wajan atau seasoning wok adalah agar permukaan penggorengan menjadi licin. Permukaan licin pada penggorengan akan memudahkan proses memasak sehingga makanan pun matang dengan sempurna. Selain itu fungsi seasong wajan adalah penghalang bahan makanan dan permukaan wajan.

Teknik seasoning wajan biasanya digunakan pada wajan yang belum punya kemampuan anti lengket. Biasanya wajan-wajan yang tidak anti lengket terbuat dari besi cor.

Namun tak dipungkiri jika soasoning wajan bisa juga diterapkan pada wajan yang terbuat dari stainless steal atau wajan anti lengket. Menerapkan seasoning wajan pada benda tersebut agar lebih licin dan dan terasa lebih lembut saat digunakan.

Manfaat Seasoning Wajan

Lebih lanjut, manfaat seasoning wajan bukan hanya untuk melicinkan permukaan wajan. Namun ada beberapa manfaatnya yang membuat Anda lebih menyenangkan saat memasak. Berikut ini aneka manfaat seasoning wajan:

1. Makanan Terasa Lebih Lezat

Pernahkah Anda terpikirkan bahwa manfaat seasoning wajan bisa melezatkan makanan? Ternyata hal tersebut memang benar adanya.

Minyak atau lemak yang digunakan dalam melakukan seasoning wajan akan meresap ke dalam masakan yang Anda buat. Itulah yang menambah kenikmatan makanan Anda dijamin seluruh anggota keluarga menyukai masakan Anda.

Kelezatan makanan dari proses seasoning wajan didapatkan karena teknik ini mempercepat warna coklat keemasan makanan secara merata. Dengan demikian masakan dijamin matang sampai ke dalam.

2. Wajan Lebih Mudah Dibersihkan

Manfaat seasoning wajan ternyata memudahkan kita saat ingin mencuci wajan. Dengan demikian, kiita tidak perlu membersihkannya dengan cara digosok karena tidak ada kerak yang menempel di panci.

Kerak yang menempel di wajan karena alat penggorengan itu tidak menggunakan teknik seasoning wajan. Bila keraknya parah bisa jadi dapat merusak wajan sampai tidak bisa digunakan kembali.

Dengan seasoning wajan, kerak yang menempel akan mudah di hilangkan hanya dengan spon cuci piring. Sekali usap, kerak tersebut akan cepat rontok tanpa perlu menunggu waktu yang lama.

3. Wajan Jadi Serbaguna Digunakan

Manfaat seasoning wajan menjadikan alat penggoreng tersebut bisa digunakan untuk menggoreng apapun. Wajan yang melalui proses seasoning dapat digunakan untuk menumis sayuran hingga daging bakar.

Permukaan licin itu cocok untuk segala bahan baku makanan. Bahkan segala olahan makanan pun cocok diolah di wajan itu saat permukaannya licin.

Dengan menggunakan teknik seasoning wajan dipercaya umur wajan pun akan bertahan lama. Itu karena permukaannya selalu terjaga dan tidak akan terkikis karena proses pembersihan menggunakan kawat yang merusak permukaan.

Cara Melakukan Seasoning Wajan

Sekarang saatnya untuk mengolesi wajan dketika ingin digunakan dengan teknik seasoning wajan atau seasoning wok. Berikut ini cara melakukan seasoning wajan:

1. Bersihkan Wajan yang Ingin Digunakan

Pertama-tama bersihkan wajan terlebih dahulu agar kotoran-kotorannya dapat rontok. Cara melakukan seasoning wajan itu bisa dilakukan dengan membasuh air, menggosoknya dengan sabun, dan membilasnya kembali hingga bersih.

Gosokanlah permukaan wajan dengan spon cuci piring. Ini bertujuan untuk mengurangi kerusakan permukaan yang diakibatkan gosokan benda yang kasar.

2. Panaskan Wajan

Cara melakukan seasoning yang kedua yaitu memanaskan wajan dengan api yang cukup besar. Tidak perlu waktu yang lama, setidaknya percikan-percikan air yang masih menempel di wajan sudah menghilang.

Panaskan wajan sampai ditandai dengan keluarnya asap. Jika sudah demikian matikan kompor. Itu tandanya wajan sudah panas sehingga minyak yang dituangkan akan cepat melapisi seluruh permukaan wajan.

3. Tuangkan Minyak Sedikit Saja

Seasoning wajan tidak memerlukan banyak minyak. Namun minyak yang digunakan harus melapisi seluruh permukaan wajan yang ingin digunakan.

Setelah dituangkan, goyangkan wajan untukmemudahkan minyak goreng melapisi permukaan wajan secara merata. Jika sisa minyak dirasa masih terlalu banyak, maka tuangkan sisanya ke pot atau tempat minyak yang sudah disediakan.

4. Menyeka Minyak

Menyeka minyak adalah cara melakukan seasoning wajan yang lain selain menggoyangkan wajan. Namun sebelum menyekanya, pastikan matikan kompor terlebih dahulu agar tangan Anda tidak kepanasan.

Menyeka minyak dapat meratakan minyak serta menerap sisa minyak yang tidak dibutuhkan. Agar bekerja maksimal lebih baik gunakanlah tisu yang tepat agar dapat meresap minyak dan menyebarkan minyak tersebut ke seluruh permukaan dalam wajan sebelum digunakan. Lantas apa nama tisu yang disaranakn untuk menyeka minyak saat seasoning wajan?

Tisu Dapur Plenty, Sahabat Dapur di Setiap Rumah Tangga

Tisu dapur adalah tisu yang tepat untuk seasoning wajan. Daya serap yang baik dari tisu dapur Plenty karena dibekali ketebalan 2 Ply serta Emboss yang merata sehingga dapat menyerap serta tidak mudah robek. Maka dari itu sediakan tisu dapur Plenty agar memasak jadi lebih menyenangkan.

Hadirkan tisu tdapur terbaik merek Plenty dengan berbelanja di toko onlinenya dengan klik di bawah ini:


ecommerce pt suparma

    Referensi:

 



Diposting oleh : Dini Harianti BR Sinambela
pada 10 June 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer