Sejarah Bala Bala Khas Sunda dan Cara Meniriskan Pakai Tisu


 

Pedagang gorengan pasti menyediakan bala bala di etalasenya. Camilan ini disukai banyak orang karena mengenyangkan dan kaya akan serat. Dibalik kenikmatannya, ternyata ada sejarah bala bala dan fakta uniknya yang jarang orang ketahui

Pantas saja makanan ini masih bertahan hingga sekarang. Selain sudah cukup lama ada, bala bala pun semakin dikreasikan sehingga muncul aneka jenis bala bala dengan cita rasa yang semakin nikmat.

Setiap membeli bala bala makan akan dilapisi dengan kertas warna putih. Kertas itu berguna untuk menghindari kontaminasi zat berbahaya dari kemasan masuk ke bala bala yang Anda pesan.

Anda pun akan mengetahui merek dan jenis kertas alas gorengan bala bala yang direkomendasi dalam artikel ini.

Sejarah Bala Bala

bala

Bala bala adalah salah satu jenis gorengan yang terbuat dari adonan tepung yang dicampur potongan sayur kol, tauge, dan wortel. Adonan bala bala yang sudah tercampur tersebut akan digoreng dalam minyak panas dengan jumlah yang banyak.

Bala bala adalah "Bakwan" yang diambil dari bahasa Sunda yang artinya berantakan atau tidak rapi. Dalam sejarah bala bala, gorengan tersebut disebut demikian karena bentuknya yang berantakan karena tidak menggunakan cetakan saat digoreng. 

Selain karena tanpa cetakan, bala bala terkenal berantakan karena potongan sayuran itu seakan-akan "keluar" dari adonan saat digoreng layaknya buah rambutan. Meskipun demikian, bentuk itu menunjukan bahwa bala bala khas sunda kaya akan sayuran sehingga makanan ini mengandung aneka serat.

Menurut Dr. Elvi Citraresmana, M.Hum, Dosen Dosen Program Studi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran penamaan "bala bala" erat kaitannya dengan kebiasaan Orang Sunda. Mereka (orang Sunda) kerap memberikan penamaan pada makanan dengan cara diulang-ulang atau reduplikasi. Itulah yang menjadikan gorengan ini identik dengan Sunda meskipun mirip dengan Bakwan yang ada disekitar kita.

Meskipun ada sedikit perbedaan dengan bakwan, namun keduanya sama-sama berasal dari china. Sejarah bala bala dan bakwan dimulai ketika warga tiongkok mulai memasuki Nusantara dan membuat hidangan lezat dari daging yang berbentuk bola. Maka dari itu Bakwan diambil dari "Bak" artinya daging dan "Wan" artinya bola.

Bakwan dibawa oleh warga daratan tiongkok melalui kegiatan perdagangan dan pelayaran. Dikarenakan Nusantara adalah lokasi yang strategis maka akulturasi budaya pun terjadi di sana.

Cara Meniriskan Gorengan Bala Bala

Kini tak perlu pergi ke Bandung untuk menikmati bala-bala. Anda dapat membuatnya di rumah untuk camilan anggota keluarga saat berkumpul.

Selain mengetahui resepnya, Anda pun juga harus mengetahui cara meniriskan gorengan yang tepat. Dengan proses penirisan yang tepat maka gorengan bala bala yang dihasilkan minim minyak dan tetap renyah seperti yang berikut ini:

1. Biarkan Gorengan Hangat

Cara meniriskan gorengan yang pertama adalah membiarkan bala bala sampai suhunya menurun. Saat membiarkannya, pastikan posisi gorengan tidak saling menumpuk agar bala bala cepat tiris.

2. Siapkan Wadah Lainnya

Hindari wadah yang permukaannya rapat karena dapat menyebabkan sisa panas pada gorengan jadi terperangkap di bawah gorengan yang sudah disusun. Terperangkapnya  sisa panas itu menghasilkan uap yang kemudian membasahi gorengan sehingga membuat gorengan jadi tidak renyah lagi. (sumber: kompas)

Sebelum itu, cara meniriskan gorengan harus menggunakan wadah yang bersih. Maka dari itu usaplah dengan menggunakan tisu dapur yang tepat.

3. Ambil Lembaran Tisu Secukupnya

Ambilah lembaran tisu secukupnya menyesuaikan dengan ukuran wadah yang digunakan. Semakin besar maka semakin banyak tisu yang digunakan atau sebaliknya. Gunakanlah tisu yang higienis demi menjaga kebersihan gorengan saat ingin ditiriskan.

4. Susun Lembar Tisu ke Wadah

Cara meniriskan gorengan secara menyeluruh yaitu dengan menyusun lembaran tisu hingga menutupi permukaan wadah. Buka lembaran tisu yang digunakan agar emboss-emboss di permukaannya bekerja dengan baik.

5. Letakkan Gorengan dengan Rapi

Pindahkanlah gorengan ke wadah yang sudah ada tisu tersebut. Cara meniriskan gorengan bala bala ini dipercaya dapat mempercepat minyak tiris pada gorengan yang Anda buat.

Bila perlu, bolak-balikkan gorengan untuk memastikan semua permukaannya terkena tisu dan minyaknya dapat diserap dengan baik oleh tisu.

6. Ganti Tisu Secara Berkala

Cara meniriskan gorengan itu tidak boleh ketinggalan. Cara dan fungsi pergantian tisu saat meniriskan gorengan dapat Anda temukan di artikel bawah ini.

Baca Juga;

#AnytimeAnywhere Buat Gorengan Ternikmat untuk Anggota Keluarga

Gorengan adalah camilan yang identik dengan kandungan minyak yang cukup banyak. Apalagi bala bala yang digoreng menggunakan banyak minyak goreng sehingga dipastikan menyerap minyak yang cukup banyak.

Agar gorengan Anda tetap lezat dan minim minyak, maka gunakanlah Kitchen Towel Plenty!

ecommerce suparma

 

Referensi:

 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 13 June 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer