SPSI adalah Bagian Terpenting yang Ada di PT Suparma Tbk


 

Kunci keberhasilan suatu perusahaan dalam menghasilkan produk unggul adalah memiliki tim yang terampil di setiap sektor. Untuk itu adanya SPSI di setiap perusahaan jadi sektor yang penting untuk dihadirkan. Lantas SPSI adalah apa?

SPSI adalah suatu perkumpulan yang membantu para buruh untuk mendapatkan hak-haknya sebagai seorang pekerja di suatu perusahaan. Dengan adanya SPSI di suatu perusahaan diharapkan dapat menghadirkan kolaborasi yang lebih baik dan saling menguntungkan antara perusahaan dan para pekerja.

Dengan demikian mengetahui SPSI secara detail adalah hal yang perlu Anda ketahui. Apalagi sebentar lagi Indonesia dan dunia akan merayakan Hari Buruh sedunia yang jatuh setiap tanggal 1 Mei.

SPSI Adalah Apa?

SPSI adalah singkatan dari Serikat Pekerja Seluruh Indonesia. Dengan kata lain, SPSI adalah salah satu organisasi yang didirikan untuk melindungi dan memperjuangkan hak buruh dan menciptakan hubungan yang baik antara perusahaan dan pekerjanya.

SPSI adalah organisasi yang bertujuan untuk memperjuangkan hak-hak para buruh itu telah diatur pada UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan pasal 1 ayat (17). Sementara pendirian SPSI juga telah diatur juga di UU Nomor 21 Tahun 2000 tentang Serikat Pekerja atau Serikat Buruh. Sumber:

Badan Pemeriksa Keuangan

Di dalam undang-undang tersebut mengatakan bahwa kehadiran SPSI yaitu oleh pekerja dan untuk pekerja baik di dalam perusahaan maupun di luar perusahaan.

Fungsi SPSI

Fungsi SPSI (Serikat Pekerja Seluruh Indonesia) sangat krusial, diantaranya:

1. Perlindungan Hak Pekerja

Fungsi SPSI bertindak sebagai wadah bagi para pekerja untuk bersatu dan memperjuangkan hak-hak mereka, seperti upah yang layak, jaminan sosial, dan kondisi kerja yang aman dan sehat.

2. Negosiasi dengan Pihak Perusahaan

Fungsi SPSI dapat melakukan negosiasi dengan pihak pengusaha atau perusahaan untuk menentukan kesepakatan terkait dengan gaji, jam kerja, serta fasilitas dan kondisi kerja lainnya.

3. Pendidikan dan Pelatihan

Fungsi SPSI yaitu menyelenggarakan program pendidikan dan pelatihan bagi anggotanya untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam bidang pekerjaan masing-masing, sehingga mereka dapat bersaing lebih baik di pasar kerja.

4. Solidaritas dan Dukungan

Melalui keanggotaannya, fungsi SPSI membangun solidaritas di antara para pekerja dan memberikan dukungan moral serta bantuan dalam menghadapi masalah-masalah yang timbul di tempat kerja.

5. Advokasi dan Perubahan Kebijakan

SPSI juga dapat berperan sebagai advokat untuk kepentingan pekerja secara umum, baik dalam hal perubahan kebijakan ketenagakerjaan maupun dalam menghadapi isu-isu sosial dan ekonomi yang berkaitan dengan dunia kerja

Jadwal Perayaan Hari Buruh Sedunia

Hari Buruh sedunia jatuh pada tanggal 1 Mei setiap tahunnya. Di tahun 2024, Hari Buruh akan dirayakan pada Hari Rabu, 1 Mei 2024.

Di Indonesia, tanggal 1 Mei atau Hari Buruh menjadi hari libur nasional atau tanggal merah. 1 Mei termasuk tanggal merah karena bertujuan untuk menghormati para buruh yang sedang menyampaikan aspirasinya tanpa gangguan produktivitas kerja di hari tersebut.

Baca Juga:

Selalu Jaga Solidaritas Sesama Pekerja Agar Terwujudnya Kolaborasi

PT Suparma Tbk adalah salah satu perusahaan yang sangat memperhatikan hak-hak seluruh pekerjanya. Upaya pemenuhan hak-hak para karyawan itu bertujuan agar menciptakan kolaborasi yang sehat demi keberlangsungan di masa depan.

Upaya itu berjalan baik berkat bantuan dari Serikat Pekerja Seluruh Indonesia atau SPSI. Berkat bantuannya, PT Suparma Tbk berhasil memenuhi hak-hak para pekerja sehingga setiap tanggal 1 Mei tidak pernah ada aksi mogok kerja atau aksi-aksi lainnya yang merugikan semua pihak.

Kolaborasi antar pekerja PT Suparma Tbk selalu menghasilkan produk tisu dan aneka kertas yang berkualitas baik. Itu demi menghadirkan kebaikan secara keberlanjutan (sustainability).

Referensi;

https://www.kitalulus.com/blog/bisnis/spsi-serikat-pekerja-adalah/

 



Diposting oleh : Ella
pada 22 April 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer