Fakta Tentang Tisu untuk Pengomposan yang Wajib Diketahui



 

Sampah tisu seolah-olah jadi permasalahan yang tak tuntas karena kebutuhan kita semakin menghasilkan sampahyang kian banyak. Hal yang bisa kita lakukan adalah mengganti sampah dengan benda yang berguna untuk lingkungan, yaitu pupuk kompos. Terdapat bebeerapa hal yang perlu Anda ketahui tentang tisu untuk pengomposan dalam artikel ini.

Bagi yang belum tahu, hal tersebut mungkin masih asing bagi Anda. Padahal cara tersebut bisa menciptakan lingkungan menjadi lebih asri. Hal itu karena pohon hijau dapat tumbuh segar dengan bantuan pupuk kompos yang dibuat dari tisu.

Dengan membaca artikel ini diharapkan kita dapat terguah untuk sama-sama menjaga lingkungan demi masa depan. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Pengomposan Adalah

Dalam Bahasa Inggris, pengomposan disebut dengan composting. Composting atau pengomposan adalah sebuah proses daur ulang dari bahan yang organik. Bahan-bahan tersebut dipilih untuk proses pengomposan karena dipercaya dapat menyubuhkan tanah dan tanaman di atasnya.

Pengomposan adalah salah satu cara untuk mengurangi sampah yang semkin mengalami penumpukan dengan memanfaatkannya menjadi produk yang membantu penyuburan tanah. Dengan tanah yang subur maka apapun jenis tanamannya akan tumbuh subur.

Data yang dikeluarkan oleh KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan), 60% sampah yang tertimbun di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) adalah sampah organik. Hal itu diperparah dengan fakta lain yang mengatakan bahwa Indonesia menghasilkan rata-rata 1,3 juta ton limbah makanan pertahun. Jumlah itu bisa semakin naik jika kita tidak mengupayakan pengomposan mulai dari sekarang.

Sayannya jumlah terseut menempatkan Indonesia di posisi kedua setelah negara arab saudi. Itu bukan rekor yang baik yang perlu dibanggakan oleh masyrakat Indoensia.

Dengan demikian pengomposan adalah solusi yang baik untuk dilakukan. Dengan kompos maka tanah akan subur dengan bantuan mikroorganisme yang dibutuhkan oleh tanah untuk menyuburkan tanah.

Namun tidak sembarangan bahan organik yang dibuat untuk pupuk kompos. Perlu diperhatikan bahwa bahan organik yang tidak boleh untuk pembuatan pupuk kompos yaitu dari daging, lemak, susu, keju, dan kotoran hewan. Bahan-bahan tersebut sudah tercemar dengan kontaminasi biologi yang dnapat menghangali proses pengomposan.

Hal yang sama juga diperhatikan saat Anda ingin menggunakan tisu untuk pengomposan. Perhatikanlah karakteristik tisu untuk pengomposan dan faktanya di pembahasan di bawah ini.

Karakteriktik Tisu untuk Pengomposan

Jika Anda memiliki tisu yang masih bersih maka benda tersebut masih layak untuk digunakan sebagai bahan pengomposan. Tisu untuk pengomposan terlebih dahulu harus dipotong atau robek kecil-kecil agar dapat mempercepat proses penguraian.

Pastikan untuk menggunakan tisu untuk pengomposan yang belum pernah terpakai sebelumnya. Hal itu menyebabkan proses pengomponan akan mendatangnya bakteri yang sebenernya sehingga dapat mengganggu kualitas pupuk kompos.

Selain tu, tisu yang sudah kotor akan menghasilkan bau yang tidak sedap sehingga mengundang lalat untuk hinggap. Hal itu akan menghasikan belatung yang akan mempengaruhi proses pengomposan.

Maka dari itu tisu untuk pengomposan yang paling baik adalah tisu yang belum pernah di pakai dan tisu yang hanya dipakai untuk menghilangkan percikan air. Dengan menggunakannya maka terbebaslah pupuk kompos itu dari kontaminasi yang mengganggu kualitas pupuk kompos.

Dari ciri-ciri tisu untuk pengomposan tersebut, jenis tisu yang paling banyak digunakan adalah tisu towel. Tisu towel yaitu meliputi tisu hand towel dan tisu dapur. Kedua tisu tersebut paling banyak digunakan untuk menghilangkan kotoran karena daya serapnya paling baik dibandingkan jenis tisu yang lainnya.

Agar proses pengomposam tak terganggu, maka pilihlah merek tisu untuk pengomposan yang terbuat dari bahan yang ramah lingkungan. Denbgan memilih tisu tersebut maka menjaga lingkungan menjadi lebih menyeluruh.

Maka dari itu tmerek tisu untuk pengomposan yang disarankan yaitu tisu See U. Dengan tisu towel See U maka menghasilkan lingkungan yang amah lingkungan dengan proses pengomposan yang optimal.

Tisu hand towel dan tisu dapur See U hadir dengan beragam jenis seperti:

Tisu Hand Towel See U:

  • Handtowel See U; 150 Sheets
  • Handtowel See U; 140 Sheets
  • Hand towel See U Sleeve Pack; 150 Sheets
  • Hand towel See U Sleeve Pack Brown; 150 Sheets

Tisu Dapur See U:

  • See U Kitchen Towel 1 Pack, 1 Roll.

Baca juga: Macam Macam Tisu See U yang Harus Diketahui Sebelum Beli

Dengan menyediakan tisu-tisu towel dari See U maka menghadirkan lingkungan yang hijau dengan menggunakan tisu yang ramah lingkungan

 

ecommerce pt suparma

    Referensi:
 
 



Diposting oleh : Dini Harianti BR Sinambela
pada 05 June 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer