Urutan Menu Fine Dining dan Namanya, Sudah Tahu yang Mana?



 

Anda sedang senang sekali karena mendapatkan undangan pernikahan kerabat. Dalm undangan tersebut tertulis bahwa acaranya diselenggarakan di restoran yang cukup mewah di kota Anda. Sebelum Anda mendatangi acaranya tersebut lebih baik pelajari tentang fine dining dan urutan menu fine dining.

Benar, makanan di restoran yang mewan punya teknikknya yang khusus. Hal itu karena restoran yang mewah ditargetkan oleh oprang-orang tertentu sehingga urutan menunya pun berbeda daripada yang lain.

Oleh karena itu kami hadirkan artikel ini untuk menambah informasi Anda. Dengan demikian Anda dapat terbiasa dengan kebiaan fine dining di restoran mewah di waktu yang akan datang. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Fine Dining adalah

Fine dining adalah suatu aktivitaas yang merujuk kepada cara makan yang formal di restoran mewah. Dengan demikian fine dining bisa dikatakan sebagai cara makan yang hanya Anda lakukan di restoran dan atau ballrom hotel yang terkenal.

Fine dining menawarkan opengalaman makan yang mewah. Itu dapat Anda rasakan bahkan saat baru memasuki retoran tersebut. Anda akan serasa bak ratu dan raja semalam ketika menghadiri untdangan di restoran mewah yang mengadakan model makanan fine dining.

Makanan yang Anda santap pastinya terpilih. Dibuat dari bahan baku yang segar serta koki yang berpengalaman menghasilkan makanan yang nikmat, lezat dan bergizi. Bahkan Anda akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa dengan menyantap hidangan yang tidak banyak ditemukan di tempat lain.

Keistimewaan fine dining itu terlihat dari pemilihan menu-menu yang ditawarkan untuk Anda. Agar tidak menimbulkan kesalah pahaman, lebih baik ketahuilah urutan menu fine dining yang berikut ini.

Urutan ini mungkin tidak semua restoran melakukannya secara lengkap karena ada beberapa yang sengaja dihilangkan. Namun semua restoran sepakat bahwa akan memberikan fine dining yang nyaman dengan mengikuti urutan yang sudah disepakati. Pemberian makanan yang urut akan menimbulkan perasaan yang nyaman untuk pencernaan Anda. Inilah urutan untuk menu fine dining yang seharusnya:

1. Hors d'oeuvres

Urutan menu fine dining ini disajikan pertama kali kepada para tamu. Hors d'oeuvres diambil dari Bahasa Prancis yang artinya "di luar pekerjaan". Dari penamaan tersebut maka dapat diartikan bahwa menu fine dining ini artinya makanan yang diluar makanan pokok.

Hors d'oeuvres bentuknya berupa makanan ringan yang disantap dengan tangan kosong. Contoh menu ini yaitu gorengan, keripik, atau roti panggang yang berukuran kecil.

2. Amuse-bouche

Amuse-bouche berarti menyenangkan mulut yang mana itu adalah Bahasa Prancis.  Dwi Afianto selaku Chep di The Royal Surakarta Heritage mengatakan bahwa Amuse-bouche jika di bahasa Indonesia-kan artinya adalah kudapan.

Urutan menu fine dining yang kedua ini berfungsi untuk merangsang nafsu makan penikmat Anda sebelum memasuki makanan utama atau menu fine dining yang lainnya. Di Prancis makanan ini disajikan bersamaan dengan anggur. Namun yang sering disajikan di Indonesia adalah makanan seperti keripik ubi dengan tambahan keju dan sup kacang yang disajikan dalam cangkir espreso.

3. Sup

Sup yang disajikan dalam urutan menu fine dining biasanya bersuhu cukup dingin. Ternyata sup yang disajikan dengan keadaan dingin ini bertujuan untuk mencegah tamu merasakan kenyang terlebih dahulu.

Macam-macam sup ini disajikan dalam bentuk mangkuk kecil. Biasanya sup yang disajikan yaitu sup labu, sup kacang, dan sup melon dengan tambahan basil.

4. Appetizer

Di Benua Eropa, appetizer disajikan menyerupai makanan utama namun dengan ukuran yang kecil. Appetizer disajikan di atas piring kemudian dilengkapi dengan beberapa potongan, sayuran, dan saus. Pencampuran itu membuat vitamin untuk tubuh Anda sudah cukup terpenuhi.

5. Salad

Salad di fine dining bisa disajikan sebelum dan bahkan sesudah makanan utama. Biasanya salad yang disajikan sebelum makanan utama adalah campuran aneka sayuran yang disiram dengan beberapa pilihan saus.

Orang Eropa sudah terbiasa menyantap salas sayuran sebelum menyantap makanan utama. Gungsi salah pada urutan menu fine dining kelima adalah untuk meningkatkan nafsu makan.

6. Ikan

Beberapa restoran di Indonesia memasukan ikan sebagai urutan menu fine dingin sebelum masuk ke menu utama. Daging ikan memilihi kandungan proitein yang tinggi sehingga hidangan ini layak untuk masuk dalam urutan menu fine dingin yang terbaik.

Para Chef yang sudah profesional akan mengolah dagung ikan dengan baik. Hl ini untuk menghasilkan santapan yang premiun dari daging ikan tanpa menghilangkan kandungan protein dalam daging ikan tersebut.

7. Main Course

Inilah urutan menu fine dining yang ditunggu-tunggu. Pada bagian ini, Anda sudah diperbolehkan untuk menyantap hidangan utama dari restoran tersebut. Hidangan main course punya dua tahapan yaitu first main course dan second main course.

First main course biasanya berupa olahan-olahan protein yang memiliki daging berwarna putih yaitu yang meliputi daging-daging aneka unggas. Sedangkan second main course adalah hidangan yang menggunakan protein dengan daging yang merah misalnya olahan daging sapi, dagging domba, dan lain sebagainya.

8. Palate Cleanser

Urutan menu fine dining ini disajikan setalah menu utama dihidangkan. Palate cleanser berfungsi untuk menghilangkan rasa yang tertinggal di mulut setelah menyantap makanan utama.

Menu fine dining ini tidak banyak dilakukan oleh restoran. Biasanya restoran-restoran digantikan dengan menu penutup. Namun jika Anda diberikan air lemon setelah menyantap main course, itu berarti Anda diberikan menu palate cleanser.

9. Dessert

Menu fine dining ini berupa makanan ringan yang menyegarkan dan manis. Biasanya dessert yang diberikan adalah berupa salad buah atau aneka kue-kue yang manis.

Dessert juga disebut sebagai hidangan pencuci mulut. Dengan demikian nama lain dari dessert adalah The Last Course.

Tisu untuk Fine Dining

Saat Anda menikmati urutan menu fine dining di atas, di atas meja Anda pasti sudah disediakan tisu untuk fine dining. Ternyata jenis tisu yang dipakai berbeda dengan warung makan dipinggir jalan. Anda bisa melihatnya dari bentuknya.

Tisu di warung makan umumnya berbentuk kotak. Nama jenis tisu itu adalah tisu multi purpose. Sedangkan tisu untuk fine dining adalah tisu napkin.

Ada 3 (tiga) tisu untuk fine dining yang akan Anda temukan di atas meja. Tisu dinner napkin berbentuk lipatan kotak yang jika dibuka akan lebar. Dengan demikian tisu dinner napkin berguna untuk alas pangkuan Anda sehingga terhindar dari makanan jatuh yang mengotori baju Anda.

Tisu cocktail napkin adalah tisu yang berbentuk lebih kecil yang digunakan untuk alas gelas Anda. Tisu napkin lainnya adalah tisu luncheon yang fungsinya sama seperti tisu diner napkin namun ukurannya sedikit lebih kecil daripada tisu diner napkin.

Merek yang memiliki ketiga jenis tisu untuk fine dining itu adalah See U dan Plenty. Dengan demikian Anda pun dapat memiliknya sangat mudah dengan mendapatkannya di pusat perbelanjaan terdekat. Dengan demikian Anda dapat menghadirkan tata cara makan bersama keluarga ala restoran dengan menggunakan tisu napkin See U dan Plenty.

Referensi:
https://www.kompas.com/food/read/2021/12/09/210300975/
https://hotelier.id/apa-itu-hors-doeuvres/
https://travel.tribunnews.com/2019/03/13/amuse-bouche-kudapan-khas-prancis-yang-disajikan-sebelum-appetizer-saat-makan-malam
https://www.orami.co.id/magazine/main-course-appetizer-dessert?page=all
 
 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 07 March 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer