20 Wisata Kuliner di Indonesia yang Wajib Dikunjungi


 

Selain keindahan alam, Indonesia punya daya tarik bagi wisatawan yaitu keragaman kulner yang menggugah selera. Mulai dari kuliner tradisional hingga kekinian semuanya mudah didapatkan di sekitar kita. Bahkan terdapat tempat wisata kuliner di Indonesia yang wajib Anda datangi.

Anda dapat menikmati makanan di tempat (dine-in) atau dibungkus (take away). Ada saja orang yang memilih untuk membungkus makanan daripada makan ditempat karena beberapa alasan.

Rekomendasi tempat kuliner yang harus dikunjungi:

1. Kampung Wijilan, Yogyakarta

Wisata kuliner di Indonesia ini berada di Jalan Wijilan. Tepatnya berada di Selatan Plengkung Tarunasura.

Kampung Wijilan jadi destinasi kuliner yang identik dengan gudeg. Hal itu karena banyak pedagang gudeg yang berjejer di sana.

Jika Anda ingin menikmati Gudeg asli Yogyakarta, tempat kuliner ini cocok untuk Anda datangi. Rasakan kenikmatan gudeg khas Jogja dari pedagang asli Yogyakarta yang berjualan di sana.

2. Pasar Beringharjo, Yogyakarta

pasar bringharjo

Pasar Beringharjo menyediakan aneka makanan yang lebih beragam. Bahkan Anda juga dapat membeli bahan masakan khas Yogyakarta disana.

Beberapa makanan yang cukup terkenal di Pasar Beringharjo diantaranya: Gado-Gado Bu Hadi, Pecel Senggol Beringharjo, hingga Lumpia Samijaya. Masih banyak makanan lainnya yang kelezatannya tiada tara yang Anda temukan di tempat wisata kuliner di Indonesia ini.

3. Alun-Alun Yogyakarta

Sebagai salah satu pusat keramaian di Yogyakarta, Alun-Alun Yogyakarta menyediakan aneka kuliner yang menggugah selera. Mulai dari camilan hingga makan berat semuanya ada di sini.

Alun-alun Yogyakarta yang terkenal ada di dua tempat, yaitu Alun-alun Kidul dan Alun-alun Lor. Di tempat wisata kuliner di indonesia itu banyak kulineran yang menggugah selera, cobalah.

4. Gang Lombok, Semarang

Wisata kuliner di Indonesia bernama Gang Lombok berlokasi di dekat Klenteng Tay Kak Sie. Tempat ini populer sehingga Anda wajib mengunjunginya saat berada di Semarang.

Adapun kuliner yang wajib dicoba saat ke Gang Lombok yaitu: wedang tahu, lumpia legendaris, hingga Aneka Es Gang Lombok yang sudah ada sejak 1947.

5. Simpang Lima, Semarang

Selain Gang Lombok, Simpang Lima jadi wisata kuliner di Indonesia yang tidak boleh ketinggalan untuk didatangi saat ke Semarang. Beraneka pilihan kuliner ditemukan disini, seperti: Nasi Ayam Bu Sami dan Tahu Petis Prasojo khas Semarang.

Jika Anda menyukai kedai makanan laut, ada kedai seafood Pak Jari, nasi pecel, dan nasi goreng babat. Semuanya wajib dicoba.

6. Galabo, Solo

Tempat wisata kuliner di Indonesia ini terletak di Jalan Mayor Sunaryo, Solo.  Glabo di Solo diresmikan sejak 2008 yang menyediakan beragam hidangan yang melegenda seperti Sate Kere Yu Rebi, Tengkleng Klewer Bu Ediyem, hingga Rawon Penjara.

7. Kya-Kya, Surabaya

Kya-kya terletak di Kawasan pecinan yang terletak di Jalan Kembang Jepun, Kecamatan Pabean, Kota Surabaya, Jawa Timur. Tempat wisata kuliner di Indonesia adalah tempat wisata yang berciri khas dengan ornamen khas Tionghoa.

Meskipun identik dengan ornamen Tiongkok, namun makanan yang ada disana tidak hanya makanan khas Tiongkok. Bahkan makanan khas Surabaya pun bisa ditemukan di sana.

8. Alun-Alun Malang

Di Alun-alun Malang telah berdiri Toko Oen yang menjual eskrim sejak tahun 1930-an. Es krim jadul yang mereka tawarkan bukan hanya sekadar pencuci mulut, tetapi sebuah pengalaman nostalgia yang membawa kita kembali ke masa lalu.

Selain itu, wisata kuliner di Indonesia ini berdiri  Depot Hok Lay, yang telah menjadi bagian dari sejarah sejak tahun 1946. Dikemas dalam botol kaca, rasanya yang autentik tidak akan pernah membuat Anda kecewa

9. Alun-Alun Batu

alun alun batu

Pos Ketan Legenda 1967 adalah tempat makanan yang wajib dicoba saat mengunjungi Alun-Alun Batu. Ada juga Lok-lok Satay yang wajib dicoba karena terbuat dari beragam jenis seafood, seperti udang, cumi-cumi, dan lainnya.

Di sini Anda akan menemukan bakso khas Malang yang nikmat di sini. Ditemani dengan dinginnya suasana Kota Batu maka kehangatan semangkok bakso Malang akan menghangatkan tubuh Anda.

Baca Juga:

10. Pasar Lama, Tangerang

Tempat wisata di Indonesia yang berada di Kota Tangerang ini sering didatangi oleh kaum muda ini menawarkan berbagai jenis makanan yang bisa dicoba. Ketika mengunjungi Pasar Lama Tangerang, disarankan untuk berjalan kaki agar lebih mudah memilih berbagai macam makanan yang tersedia.

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati jajanan khas masa kecil, seperti telur gulung. Tidak hanya itu, terdapat juga hidangan khas Nusantara, seperti surabi hijau dengan berbagai pilihan rasa seperti durian atau pandan.

11. Suryakencana, Bogor

Tempat wisata kuliner di Indonesia ini menawarkan beragam tempat makan yang telah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu. Salah satu yang terkenal adalah lumpia basah yang sudah ada sejak tahun 1972.

Lumpia basah khas Bogor berbeda dengan lumpia Semarang. Lumpia basah Bogor memiliki isian berupa cacahan bengkuang, tauge, tahu, ebi giling, dan telur.

12. Gang Selot, Bogor

Gang Selot berlokasi di Jalan Ir H Juanda yang telah menjadi salah satu tujuan wisata kuliner di Bogor sejak tahun 1974.

Ragam kuliner yang ditawarkan di tempat wisata kuliner di Indonesia ini sangat beragam, mulai dari soto mi, doclang khas Bogor, bakso, hingga batagor. Selain itu, Gang Selot juga menyajikan minuman segar seperti es pala, es podeng, dan es doger.

13. Jalan Cibadak, Bandung

Ada banyak berbagai macam kuliner yang menggiurkan di Jalan Cibadak. Mulai dari soto khas Bandung dari kedai Soto Ojo Lali, bakso ikan goreng yang nikmat, hingga bakso tahu dan siomay yang lezat. Apabila ingin yang hangat, Ronde Jahe Alkateri yang sudah berdiri sejak 1980-an bisa jadi pilihan.

14. Braga, Bandung

Salah satu yang direkomendasikan untuk dikunjungi adalah Restoran Braga Permai, yang memiliki nuansa klasik khas kolonial. Berdiri sejak 1923, pengunjung dapat menikmati berbagai macam patisserie, dan es krim yang lezat.

15. Jalan Sabang, Jakarta

Salah satu wisata kuliner di Indonesia ini termasuk ikonik di Jakarta. Hal itu karena tempat ini berjejer makanan populer yang tergolong cukup legendaris seperti Sate Jaya Agung sejak 1975.

Selain itu juga ada makanan ikan laut yang melegenda yaitu Ben Seafood. Kemudian ada Bakmi Roxy, dan makanan lain-lainnya yang perlu Anda cicipi satu persatu.

16. Pecenongan, Jakarta

Salah satu destinasi kuliner legendaris di Jakarta sejak tahun 1970-an adalah tempat ini. Di sini, kita bisa menemukan berbagai macam hidangan lezat dan terkenal. Misalnya, Bubur Kwang Tung yang terkenal dengan bubur kepiting dan ayam Hainan, Martabak Pecenongan, serta aneka hidangan seafood yang menggugah selera.

Adakah makanan lain yang menjadi favorit Anda di tempat wisata kuliner di Indonesia ini?

17. Pantai Losari, Makassar

pantai losari

Pantai Losari termasuk lokasi di wilayah tengah Indonesia yang menawarkan ragam hidangan khas Makassar yang unik dan lezat. Kawasan tersebut menawarkan kuliner yang lezat seperti coto Makassar dan pisang epe.

Selain itu, terdapat hidangan lainnya yang akan Anda temukan di tempat wisata kuliner di Indonesia ini. Mulai dari yang harganya murah sampai yang terjangkau semua lengkap tersaji di sana.

18. Kawasan Pantai Padang

Ada banyak hidangan legendaris khas Padang yang bisa dinikmati, seperti pisang kapik yang dibakar di atas bara. Untuk memberikan tambahan cita rasa, biasanya diberi parutan kelapa dan gula merah cair.  Selain itu, ada juga karupuak leak, yang biasanya disajikan dengan kuah sate dan taburan bihun di atasnya.

Selain makanan khas Padang, kawasan Pantai Padang diramaikan dengan pedagang makanan ringan yang kekinian.

19. Rimba Jaya & Melayu Square Tanjung Pinang

Jika berkunjung ke Pulau Bintan, terutama ke Kota Tanjung Pinang, Melayu Square dan Pasar Malam Rimba Jaya adalah pilihan yang bagus untuk menikmati kuliner. Tempat wisata kuliner di Indonesia ini selalu ramai setiap saat.

Semakin malah tempat wisata kuliner di Indonesia ini semakin ramai. Ratusan pedagang serta pembeli yang sili-berganti memadati tempat ini.

20. Kawasan Kuliner Jimbaran, Bali

Daerah wisata Jimbaran adalah salah satu tempat wisata kuliner di Indonesia yang ada di Pulau Bali. Selain memiliki Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana dan Dreamland, Jimbaran juga menawarkan banyak tempat untuk menikmati kuliner lezat dari laut. Salah satu pusat kuliner di sepanjang Pantai Jimbaran adalah Menega Cafe, Bela Seafood, dan Nelayan Restaurant.

Cap Gajah, Kertas Bungkus Favorit Pedagang Makanan di Tempat Wisata Kuliner di Indonesia

Masing-masing pedagang di tempat wisata kuliner di Indonesia pasti menyediakan kertas bungkus yang anti rembes. Kualitas tersebut bertujuan agar  makanan di dalamnya terjaga dengan baik sehingga tetap layak dinikmati ketika ingin dinikmati.

Cap Gajah adalah merek kertas bungkus yang anti rembes. Kekuatan laminasi di setiap lembar kertas bungkus Cap Gajah mampu menahan segala jenis makanan di dalamnya. Jenis kertas bungkus Cap Gajah yang dipakai oleh pedagang yaitu Laminated Wrapping Kraft (LWK).

Anda pun bisa mendapatkan LWK Cap Gajah anti rembes dengan mudah dijamin original. Klik tombol dibawah ini berbelanja langung di E-ccomerce "Cap Gajah"

ecommerce suparma

Referensi:

 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 09 July 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer