7+ Daftar Obat yang Harus Ada di Rumah Untuk Jaga-Jaga


 

Sebagai "dokter" di dalam keluarga maka Ibu bertugas untuk memastikan kesehatan seluruh anggota keluarga. Oleh karena itu, ibu harus siap siaga dengan menyediakan berbagai daftar obat yang harus ada di rumah sebagai langkah pencegahan ketika anggota keluarga terserang gangguan kesehatan.

Dengan menyediakan obat di rumah, setidaknya Anda dapat membantunya untuk mengurangi rasa sakit. Mereka pun dapat menjalankan aktivitas seperti biasa.

Maka dari itu luangkanlah waktu untuk pergi ke apotik dan membeli beberapa jenis obat yang harus ada di dalam rumah sebagai berikut ini:

1. Obat Demam

Paracetamol atau ibuprofen adalah nama obat yang harus ada di rumah karena dapat menurunkan demam yang bisa muncul tiba-tiba baik pada anak-anak sampai orang dewasa.

Dengan memiliki obat jenis maka Anda dapat membantu anggota keluarga yang terserang gejala demam bisa segera menurunkan suhu tubuh yang tinggi dan mencegah komplikasi lebih lanjut.

Obat demam ini juga membantu meredakan rasa tidak nyaman yang biasanya disertai dengan nyeri otot atau sakit kepala. Dengan ketersediaan obat di rumah, pertolongan pertama dapat segera diberikan sebelum mendapat penanganan lebih lanjut dari dokter.

2. Obat Diare

Daftar obat yang harus ada di rumah selanjutnya adalah Oralit atau Loperamide untuk mengatasi masalah pencernaan yang tiba-tiba.

Menyediakan obat-obat diare di rumah berfungsi untuk meminimalisir terjadinya tubuh menjadi dehidrasi karena terserang diare. Maka dari itu penanganan anggota keluarga yang terkena diare harus dilakukan secepat mungkin dengan mengonsumsi obat diare yang sudah disediakan di dalam rumah.

Obat diare membantu memperlambat gerakan usus, meredakan gejala, dan mengurangi resiko kehilangan cairan tubuh yang berlebihan. Dengan adanya obat ini, keluarga bisa segera menangani diare sebelum berkonsultasi ke dokter. Selain itu, oralit membantu menggantikan cairan elektrolit yang hilang, mencegah kondisi semakin parah.

3. Obat Bapil (Batuk dan Pilek)

Anda tidak dapat mencegah musim pancaroba, tapi Anda bisa mencegah gangguan kesehatan batuk dan pilek menimpa anggota keluarga saat musim berganti.

Obat yang harus ada di rumah ini membantu meredakan gejala seperti hidung tersumbat, tenggorokan gatal, dan batuk yang mengganggu. Selain itu, obat batuk dan pilek juga membantu mengurangi ketidaknyamanan dan mempercepat proses penyembuhan.

Menyimpan obat ini di rumah memudahkan keluarga menangani gejala awal bapil, sehingga bisa segera pulih tanpa perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan pengobatan.

4. Obat Maag

Antasida atau Ranitidine jadi daftar obat yang harus ada di rumah karena dapat mengobati gangguan maag pada seluruh anggota keluarga. Obat ini membantu meredakan gejala nyeri ulu hati, mual, atau rasa terbakar di dada.

Dengan adanya obat maag di rumah, Anda maupun anggota keluarga lainnya bisa langsung menanganinya tanpa harus menunggu kondisi semakin parah. Ini sangat penting bagi mereka yang memiliki riwayat masalah pencernaan karena tindakan cepat dapat mencegah komplikasi yang lebih serius.

5. Salep Antiseptik

Salep antiseptik penting disediakan di rumah untuk mengobati luka kecil seperti goresan atau lecet yang bisa terjadi sehari-hari. Obat yang harus ada di rumah ini membantu membersihkan luka dan mencegah infeksi bakteri yang dapat memperburuk kondisi luka.

Dengan adanya salep antiseptik di rumah, siapapun yang terkena luka di rumah bisa langsung menangani luka sebelum mendapat perawatan lebih lanjut.

Penggunaan salep antiseptik ini sangat efektif sebagai tindakan pencegahan awal untuk menjaga kebersihan luka dan mempercepat proses penyembuhan.

6. Salep Luka Bakar

Salep luka bakar penting untuk dijadikan sebagai obat yang harus ada di rumah karena fungsinya untuk menangani luka bakar ringan akibat percikan minyak atau benda panas. Luka bakar bisa terjadi secara tidak sengaja saat memasak atau bekerja di rumah. Salep ini membantu mengurangi rasa sakit, mencegah infeksi, dan mempercepat penyembuhan jaringan kulit yang rusak.

Dengan menyediakan salep luka bakar, keluarga bisa langsung memberikan penanganan pertama yang efektif untuk mencegah luka semakin parah sebelum pergi ke fasilitas kesehatan.

7. Minyak Kayu Putih

Gangguan kesehatan dapat diminimalisir dengan obat oles yang tradisional, salah satunya adalah minyak kayu putih. Minyak kayu putih berfungsi untuk meredakan perut kembung, mual, masuk angin, hingga melegakan hidung tersumbat.

Selain itu minyak kayu putih juga bisa digunakan sebagai penghangat tubuh saat cuaca dingin atau setelah kehujanan. Dikarenakan fungsi yang serbaguna dan mudah digunakan, minyak kayu putih sering menjadi andalan keluarga untuk penanganan gejala ringan sebelum memerlukan pengobatan lebih lanjut.

8. Tetes Mata

Tetes mata penting disediakan di rumah karena iritasi mata, mata kering, atau terkena debu bisa terjadi kapan saja. Tetes mata membantu membersihkan mata dari kotoran, melembabkan, dan meredakan gejala iritasi seperti kemerahan atau gatal. Dengan adanya tetes mata di rumah, keluarga bisa langsung menangani masalah mata ringan sebelum berlanjut menjadi kondisi yang lebih serius. Ini sangat berguna terutama bagi mereka yang sering terpapar debu, polusi, atau pengguna lensa kontak.

Kasih sayang Tulus Ibu Merawat Anggota Keluarga

Dengan kecekatannya menyiapkan berbagai obat-obatan di rumah, ibu telah membuktikan betapa besar cintanya pada keluarga sebagai bukti bahwa kasih sayang seorang ibu memang tak ternilai.

Seperti selembar tisu Plenty produksi PT Suparma Tbk, kasih sayang ibu selalu siap sedia menghapus air mata, mengeringkan keringat, dan meredakan segala ketidaknyamanan. Tissue Plenty, dengan kualitasnya yang lembut dan kuat, siap menemani setiap momen kebersamaan keluarga.

Sebagai Pabrik Kertas Indonesia yang Sustainable, PT Suparma Tbk turut bangga karena dapat memproduksi tisu lembut seperti kasih sayang ibu. Jika bunda pengen beli tisu yang kami produksi bisa langsung klik tombol dibawah ini dengan berbagai diskon yang kami berikan.

 

Referensi:

siloamhospitals

halodoc

 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 10 October 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer