Hiasan 17 Agustus dari Bahan Bekas Agar Ramah Lingkungan


 

Warga Indonesia selalu merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia setiap 17 Agustus. Selain upacara, perayaan hari kemerdekaan selalu dimeriahkan dengan aneka hiasan khas 17-an yang identik dengan warna merah dan putih sebagai warna bendera Indonesia. Anda bisa ikut memeriahkan 17-an dengan membuat hiasan 17 Agustus dari bahan bekas.

Selain mempercantik rumah atau jalan-jalan, membuat hiasan dari bahan bekas juga termasuk salah satu upaya recycleuntuk menyelamatkan bumi dari aneka pencemaran yang merusak lingkungan.

Ayo ikut ramaikan hari kemerdekaan sekaligus tetap menjaga lingkungan dengan membuat ide hiasan yang menarik seperti di bawah ini:

Hiasan 17 Agustus dari Bahan Bekas

Berikut ini rekomendasi hiasan untuk 17-an dari bahan bekas untuk memeriahkan hari kemerdekaan:

1. Burung Merah Putih dari Kerta Bekas

Hiasan 17 Agustus dari bahan bekas ini biasanya digantungkan di atas atap sehingga kesannya seperti burung-burung yang berterbangan. Ide ini biasanya dilakukan oleh para siswa saat ingin menghias kelasnya dari kertas bekas yang dicat. Burung Merah Putih dari Kerta Bekas

2. Gantungan dari Botol Plastik

Hiasan 17 Agustus dari bahan bekas ini menggunakan gelas plastik polkadot merah putih atau gelas bekas air mineral yang dicat atau ditempeli kertas krep merah putih untuk tema 17 Agustus. Ikat ujung rumbai dengan benang, lalu masukkan benang melalui lubang di dasar gelas sehingga bisa digantung terbalik. Kaitkan ujung benang dengan pom-pom untuk menghiasi gelas, dan hiasan gantung siap digunakan. Gantungan dari Botol Plastik

3. Lampion Dari Botol Plastik

Siapkan botol plastik bekas air mineral, lalu cat merah dan biarkan kering. Potong botol memanjang dari leher hingga dasar dengan lebar sama. Buka tutup botol, masukkan balon putih, tiup hingga mengembang, sesuaikan dengan bentuk botol untuk lampion cantik. Ikat ujung balon setelah mengembang. Lubangi tutup botol, masukkan benang, buat simpul di bawahnya. Tutup botol kembali, hingga menjadi lampion. Setelah itu gantung hiasan itu di rumah sebagai hiasan 17 Agustus dari bahan bekas.
Lampion Dari Botol Plastik

4. Lampu Gantung dari Galon Air Mineral Bekas

Jika Anda memiliki galon plastik bekas, ubahlah menjadihiasan 17 Agustus dari bahan bekas yaitu kap lampu gantung menarik. Jika tidak, gunakan botol plastik bekas air mineral yang besar. Potong galon menjadi dua dan rapikan bagian atasnya. Warnai merah putih sesuai tema Hari Merdeka.
Lampu Gantung dari Galon Bekas

5. Pom-Pom Dari Kantong Plastik

Memanfaatkan plastik kresek bekas untuk membuat hiasan 17 Agustus dari bahan bekas yang lebih menarik. Plastik kresek merah dan putih dapat diubah menjadiwarna-warni. Gabungkan dan ikat potongan plastik hingga berbentuk panjang, lalu ikat tengahnya. Potong sesuai keinginan agar menjadi pom-pom warna-warni. Susun dan satukan untuk menciptakan hiasan yang cerah dan menarik. Pom-Pom Dari Kantong Plastik

6. Gantungan Bentuk Salju Dari Botol Plastik

Memanfaatkan gelas plastik bekas untuk membuat hiasan 17 Agustus dari bahan bekas berupa gantungan bunga salju yang cantik. Potong gelas plastik menjadi bentuk bunga salju simetris. Warna merah putih pada gelas plastik memberi kesan patriotik. Susun dan ikat bentuk-bentuk ini bersama, lalu gantung sebagai hiasan anggun. Gantungan Bentuk Salju Dari Botol Plastik

Meriahkan Hari Kemerdekaan Lewat Hiasan yang Unik Bersamaan Dengan Menjaga Lingkungan

Saat menyambut 17 Agustus orang-orang di kantor, di sekolah, maupun di lingkungan tempat tinggal umumnya akan menghias tempatnya dengan warna merah dan putih. Hiasan tersebut adalah cara masyarakat untuk ikut merayakan Hari Kemerdekaan dengan memupuk kebersamaan dan semangat juang bagi kita semua.

Bicara tentang kebersamaan dan semangat juang sebaiknya kita lakukan mulai dari kegiatan setiap hari. Misalnya bersama-sama untuk meningkat kesadaran untuk melestarikan lingkungan dan bersama-sama memperjuangkan lingkungan yang lestari untuk masa depan yang lebih baik.

Kedua cara itu akan berdampak baik jika kita bersama-sama menjalankannya. Mulailah dari hal yang kecil seperti memilih tisu yang ramah lingkungan. Dengan cara tersebut, secara tidak langsung Anda telah menyelamatkan bumi dari penggunaan pencemaran oleh barang-barang yang sulit terurai sehingga dapat mengganggu kelangsungan lingkungan dalam jangka panjang.

Mulai saat ini mulailah untuk memilih tisu ramah lingkungan dengan membeli Tissue Plenty dan Tissue See-U di toko online resminya yaitu Shop PT Suparma Tbk karena 100% original sehingga Anda telah dipastikan ikut berkontribusi untuk mewujudkan lingkungan yang hijau bebas pencemaran.

Referensi:

https://www.mygetplus.id/blog/kata-gita/ide-hiasan-17-agustus/

https://tirto.id/7-ide-hiasan-17-agustus-dari-bahan-bekas-yang-keren-dan-unik-gNEx

https://www.popmama.com/life/home-and-living/pramudya-dian-prahmana/hiasan-17-agustus-dari-bahan-bekas?page=all

 
 



Diposting oleh : Ella
pada 08 July 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer