10 Kerajinan dari Bahan Bekas yang Mudah Dibuat Siapa Saja


 

Melihat barang bekas yang berantakan tentu sangat mengganggu pemandangan. Akan tetapi barang yang tak terpakai itu dapat disulap menjadi suatu kerajinan dari barang bekas yang mudah dibuat sendiri.

Kamu tidak perlu menggunakan bahan-bahan yang sulit ditemukan saat membuatnya. Justru kamu dapat membuatnya dengan bahan-bahan yang sederhana namun tetap mampu menghasilkan kerajinan yang mampu menghiasi ruanganmu.

Inilah macam-macam kerajinan dari bahan bekas yang mudah kamu buat:

1. Lampion dari Sendok Plastik Bekas

Siapa sangka, sendok plastik sekali pakai yang sering kita anggap remeh bisa disulap menjadi lampion yang cantik dan unik? Kerajinan dari bahan bekas yang mudah dibuat ini membutuhkan kreativitas kita dalam proses pembuatannya, misalnya memberikan sentuhan warna-warna yang menarik agar menghasilkan nuansa yang indah di ruanganmu.

Ternyata cara membuat lampion dari sendok plastik bekas cukup mudah! Pertama, kumpulkan sendok plastik bekas secukupnya. Lalu, susun sendok-sendok tersebut membentuk pola yang kamu suka, misalnya berbentuk bunga, bintang, atau hati. Setelah itu, rekatkan sendok-sendok tersebut menggunakan lem tembak atau kawat. Jangan lupa buat lubang di bagian atas untuk tempat gantungan.

Terakhir, tambahkan lampu kecil di bagian dalam lampion. Akhirnya lampion unik buatanmu siap menghiasi ruangan. Selain hemat biaya, membuat lampion dari sendok plastik juga merupakan cara yang menyenangkan untuk mengurangi sampah plastik.

2. Boneka dari Sarung Tangan Bekas

Kamu punya sarung tangan bekas yang menumpuk di lemari? Yuk, ubahlah menjadi boneka lucu!

Bahan-bahan yang kamu butuhkan sangat sederhana yaitu sarung tangan bekas, kapas atau dakron, kain perca untuk membuat wajah, serta benang dan jarum.

Cara membuat boneka dari sarung tangan bekas yaitu pertama, isi sarung tangan dengan kapas atau dakron hingga berbentuk boneka. Kemudian, jahit bagian atas sarung tangan agar isinya tidak keluar. Setelah itu, hiasi bagian depan sarung tangan dengan kain perca untuk membuat wajah boneka.

Agar lebih menarik, kamu bisa membuat berbagai ekspresi wajah yang lucu, seperti tersenyum, marah, atau sedih. Setelah itu tambahkan beberapa aksesori seperti topi, kacamata, atau pita untuk mempercantik boneka buatanmu.

Boneka dari sarung tangan bekas menjadi kerajinan dari bahan bekas yang mudah dibuat apalagi dilakukan bersama-sama dengan orang terkasih agar dapat membuat boneka sesuai kesukaan kalian

3. Dompet Koin dari Botol Plastik Bekas

Ingin punya dompet koin yang unik dan ramah lingkungan? Cobalah buat sendiri dari botol plastik bekas. Kerajinan dari bahan bekas yang mudah dibuat ini dapat mengurangi sampah botol dan menjadi nilai ekonomis yang tinggi bila kamu menjualnya di sosial media.

Cara membuat dompet koin dari botol plastik bekas cukup mudah. Pertama, potong botol plastik menjadi dua bagian. Kemudian pilih bagian bawah botol yang bentuknya lebih lebar untuk dijadikan dompet koin. Setelah itu, hias bagian luar botol dengan kain perca, pita, atau kertas warna-warni dan tambahkan resleting atau kancing untuk menutup dompet.

Agar dompetnya menjadi tampil menarik, kamu bisa menambahkan pernak-pernik.

4. Tempat Tisu dari Tutup Botol Bekas

Menyulap tutup botol bekas menjadi tempat tisu adalah kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat. Selain mengasah kreativitas, kamu juga bisa mendapatkan kepuasan tersendiri saat melihat hasil karyamu.

Caranya sangat mudah, cukup ikuti langkah-langkah sederhana seperti mengumpulkan tutup botol, menyusun, merekatkan, dan menghias. Hasilnya, kamu akan memiliki tempat tisu yang unik dan fungsional.

Setelah dibuat, kamu bisa mengisinya dengan tisu wajah dan letakkanlah pada tempat-tempat yang sering dijangkau.

5. Keset Dari Kain Bekas

Kain bekas seperti handuk atau kaos yang sudah tak terpakai jangan dibuang begitu saja. Manfaatkan untuk membuat keset yang cantik dan unik. Selain mengurangi limbah tekstil, kamu juga bisa mendapatkan keset dengan desain yang sesuai dengan selera.

Begini cara kerajinan dari bahan bekas yang mudah: Pertama, potong-potong kain bekas menjadi beberapa bagian dengan ukuran yang sama. Kemudian, jahit potongan-potongan kain tersebut menjadi satu hingga membentuk keset.

Untuk membuat keset terlihat lebih menarik, kamu bisa menambahkan hiasan seperti kancing, manik-manik, atau renda. Keset buatanmu bisa kamu letakkan di depan pintu kamar mandi, dapur, atau di samping tempat tidur.

6. Tempat Penyimpanan dari Karton Bekas

Karton bekas seperti kotak sepatu atau kardus kemasan produk bisa disulap menjadi tempat penyimpanan yang multifungsi. Misalnya, kamu bisa mengubah kotak sepatu menjadi tempat menyimpan perhiasan, alat tulis, atau bahkan koleksi action figure kesayanganmu.

Caranya, cukup hias permukaan karton dengan kertas kado, kain perca atau cat sesuai selera. Tambahkan pegangan atau kaki pada kotak agar terlihat lebih menarik.

Jika kamu ingin membuat tempat penyimpanan dari karton bekas yang lebih besar, kamu bisa membuat sekat-sekat di dalamnya agar barang-barangmu lebih tertata rapi.

7. Tas Belanja Dari Sisa Kemasan Makanan

Makanan kemasan memang praktis, namun bekas kemasannya akan semakin menumpuk jika kamu kerap menikmati makanan kemasan.

Tenang, kini kamu bisa memanfaatkan sisa kemasan makanan menjadi kerajinan dari barang bekas yang mudah dibuat yaitu menjadi tas belanja.

Jahit beberapa kemasan menjadi satu, lalu tambahkan tali atau pita sebagai pegangan. Agar jahitannya semakin kuat maka gunakanlah benang yang kuat dan jarum jahit.

Tas belanja buatanmu tidak hanya ramah lingkungan, tapi juga unik dan menarik.

8. Tempat Pernak-pernik dari Sisa Roll Tisu

Stop remehkan sisa roll tisu! Dengan sentuhan kreativitas, kamu bisa mengubahnya menjadi tempat penyimpanan pernak-pernik yang lucu. Caranya, cukup hias permukaan roll tisu dengan kertas kado, cat, atau kain perca. Kemudian tambahkan pita atau tali sebagai pegangan dan berikan hiasan lainnya yang menarik tampilannya.

Namun jika kamu tidak punya banyak waktu untuk membuat kerajinan ini, kamu bisa beralih menggunakan tisu toilet coreless. Tissue See-U jadi merek tisu toilet coreless yang banyak dipakai oleh semua kalangan karena murah*, ramah lingkungan serta cepat menyerap. Sudah pernah mencobanya?

9. Tempat Sampah dari Ban Bekas

Jika kamu punya ban yang rusak di garasi, jangan buru-buru dibuang karena benda itu bisa dikreasikan menjadi tempat sampah.

Cara membuat kerajinan dari bahan bekas yang mudah dibuat: pertama, bersihkan ban bekas dari kotoran. Kemudian, cat ban dengan warna-warna cerah sesuai selera. Setelah itu, pasang kantong plastik di bagian dalam ban sebagai tempat sampah.

Tempat sampah dari ban bekas ini cocok untuk diletakkan di taman atau halaman rumah.

10. Tempat Pensil dari Kaleng Bekas

Kaleng bekas seperti kaleng susu atau kaleng biskuit bisa dijadikan tempat pensil yang praktis dan dekoratif.

Pertama, bersihkan kaleng bekas dari sisa makanan atau minuman. Kemudian, hias permukaan kaleng dengan cat, stiker, atau kertas kado. Setelah itu, lapisi bagian dalam kaleng dengan kain flanel atau kertas berwarna agar pensilmu tidak tergores. Terakhir tambahkan lubang kecil di bagian samping kaleng untuk mengeluarkan pensil.

Bahkan kerajinan dari bahan bekas yang mudah dibuat ini selalu dijadikan ide bagi anak-anak sekolah yang ingin menghias barang bekas jadi barang yang unik.

Wujudkan Lingkungan Bebas Sampah Lewat Kerajinan yang Mewah

Ini saat yang tepat untuk menunjukkan kalau benda yang tidak terpakai bukan lagi masalah yang besar, tapi justru menjadi peluang!

Dengan menerapkan konsep Recycle, Reuse, Reduce (3R) kamu bisa menghasilkan kerajinan yang bernilai ekonomis tinggi, bermanfaat dan ramah lingkungan.

Saat lagi asyik berkarya, jangan lupa sediakan tisu See-U ya. Tisu produksi PT Suparma Tbk sebagai Indonesia's Sustainable Paper Company ini selain bikin tangan kita tetap bersih, memakai Tisu See-U adalah wujud nyata dukungan terhadap lingkungan yang berkelanjutan atau sustainable. Nah, kalau bunda bingung cari Tisu See-U dimana, Bunda bisa langsung klik dibawah ini dan beli di marketplace kesayangan.

 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 11 October 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer