Kertas Nasi Gajah Produksi Pabrik Apa? Ini Jawabannya


 

Kertas nasi masih bertahan ditengah maraknya beragam pembungkus makanan. Hal itu membuktikan jika masyrakat Indoensia ingin menggunakan pembungkus yang ekonomis dan baik untuk lingkungan, salah satunya adalah kertas nasi Gajah.

Kertas nasi Gajah adalah merek kertas bungkus makanan produksi PT Suparma Tbk sebagai Indonesia's Sustainble Paper Company. Produk tersebut kerap disebut juga dengan kertas nasi Cap Gajah.

Berikut ini penjelasan tentang kertas nasi itu sebagai kertas bungkus makanan yang terpercaya.

Kertas Nasi Gajah

Kertas nasi Gajah yaitu salah satu produk kertas nasi dari PT Suparma Tbk. Umumnya kertas nasi tersebut disebut juga dengan kertas nasi merek Cap Gajah, kertas nasi Cap Gajah atau kertas nasi coklat.

Cap Gajah adalah merek dari kertas nasi produksi PT Suparma Tbk yang identik dengan logo gajah di depan kemasan. Kertas nasi gajah terdiri dari berbagai warna kemasan yaitu ........................... . Perbedaan warna tersebut tidak mempengaruhi kualias kertas nasi merek Gajah yang Anda pilih.

Kualitas kertas nasi merek  Gajah dapat dimanfaatkan dengan baik oleh manusia dan juga lingkungan. Para pengguna kertas nasi Gajah yang umumnya pdagang nasi merasa aman membungkuskan makanannya karena kertas nasi produksi PT Suparma Tbk ini kuat dan anti rembes karena penggunaan laminasi yang kuat setiap lembarnya.

Sementara kualitas kertas nasi produksi PT Suparma Tbk juga bermanfaat untuk lingkungan karena mengurangi dampak kerusakan lingkungan karena sulit terurai. Faktanya, kertas nasi Gajah atau Laminated Wrapping Kraft (LWK) terbuat dari bahan yang ramah lingkungan dengan penggunaan Oxo-Biodegradable untuk proses penguraian yang cepat.

Perduan bahan baku ramah dan teknologi yang ramah lingkungan itulah yang membuat kertas nasi ini dapat mendukung terwujudnya ekosistem hijau yang bebas pencemaran air dan tanah.

Kegunaan Kertas Nasi Gajah

PT Suparma Tbk sebagai Indonesia's Sustainable Paper Company memproduksi kertas nasi Gajah atau kertas nasi coklat agar dapat difungsikan sebagaimana mestinya dengan meminimalisir keraguan pengguna terhadap keamanan dan keberlanjutan. Oleh karena itu berikut ini beberapa kegunaan kertas nasi Gajah yang biasanya digunakan:

  1. Pembungkus Nasi = Kegunaan kertas nasi gajah yang utama adalah sebagai pembungkus nasi. Bentuknya yang praktis dan ukurannya yang pas membuatnya sangat cocok untuk membungkus berbagai jenis nasi, mulai dari nasi putih hingga nasi kuning.
  2. Kemasan Makanan Lainnya =  Selain nasi, kertas nasi merek gajah juga sering digunakan untuk membungkus makanan lainnya, seperti gorengan, sate, atau jajanan pasar.
  3. Penggunaan Kreatif = Dengan sedikit kreativitas, kertas nasi merek Cap Gajah dapat digunakan untuk berbagai keperluan lainnya, seperti membuat kerajinan tangan atau dekorasi.

Pabrik Kertas Nasi Gajah

PT Supar Inpama (nama awal dari PT Suparma Tbk) adalah pabrik kertas nasi Gajah yang telah berdiri sejak 25 Agustus 1976 diatas tanah seluas 5 (lima) hektar yang dibantu oleh 100 tenaga kerja yang ahli di bidangnya.

Di dekade awal pembentukanya PT Supar Inpama berhasil membuat kertas roll jumbo pertama yang berkapasitas keseluruhan sebesar 6.000 ton per tahun tahun tahun 1978.

Pada tahun yang sama, PT Supar Inpama mengganti namanya menjadi PT Suparma. Pergantian nama ini jadi awal yang baik bagi pabrik kertas nasi Gajah untuk kedepannya.

Berjalannya waktu, kebutuhan akan produk kertas bungkus nasi di Indonesia terus meningkat. Demi menjawab kebutuhan pasar maka PT Suparma menambahkan mesin kertas termutakhir sebanyak 3 (tiga) mesin kertas pada tahun 1983. Penambahan tersebut mampu meningkatkan jumlah produksi gulungan kertas yang totalnya mencapai 36.000 ton per tahun.

Kemudian di tahun 1992 PT Suparma meningkatkan kapasitas produksi dengan menambahkan 2 unit mesin kertas terbaik di Indonesia yang mampu menghasilkan gulungan kertas dengan total keseluruhan mencapai 78.000 ton per tahun.

Keberhasilan itulah yang memberanikan PT Suparma mendaftar di Bursa Efek Indonesia sebagai perusahaan publik atau Tbk pada tahun 15 November 1994.  Dengan demikian, "Tbk" resmi tersematkan di belakang PT Suparma sehingga menjadi PT Suparma Tbk.

Seiring upaya PT Suparma Tbk menjaga mutu dan kualitas pabrik dan produk, maka di tahun 2003 pabrik kertas bungkus nasi Cap Gajah ini resmi mengantongi sertifikat ISO 9001. Tahun-tahun berikutnya, sertifikat yang berhasil dimiliki oleh PT Suparma Tbk yaitu ISO 14001

Keberhasilan terbaru itulah yang memacu PT Suparma Tbk untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi kertas bungkus nasi. Hal itu dibuktikan dengan adanya penambahan mesin kertas terbaru untuk memproduksi semakin banyak kertas nasi  Gajah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Kertas Nasi Gajah Mendukung Terwujudnya Keberlanjutan

Kertas nasi Gajah tidak hanya unggul dalam hal kualitas, tetapi juga memiliki komitmen yang kuat terhadap lingkungan. Sertifikasi mutu yang dimiliki menjadi bukti bahwa produk ini aman digunakan dan berkualitas tinggi.

Baca Juga: Pabrik Kertas Bungkus Nasi Cap Gajah: Lokasi, Sejarah, Produk

Di sisi lain, penggunaan bahan baku ramah lingkungan dan proses produksi yang berkelanjutan menunjukkan kepedulian produsen terhadap masa depan bumi.

Dengan memilih kertas nasi produksi Indonesia's Sustainable Paper Company, Anda tidak hanya mendapatkan kemasan yang menarik dan aman, tetapi juga turut berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang lebih baik untuk generasi mendatang.

ecommerce suparma

 
 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 05 September 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer