Lontong Bumbu Ladan Serta 5 Benda Penghilang Noda Kuahnya



 

Banyak sekali makanan di Indonesia yang menggunakan tambahan lontong. Pengganti nasi ini bisa menunda lapar dan menambah kenikmatan makanan jika dihidangkan dengan makanan yang sesuai. Lontong bumbu ladang adalah makanan dengan lontong yang wajib Anda coba jika belum pernah menyobanya.

Bagi yang belum tahu, lontong bumbu ladan identik dengan Kota Gresik, Jawa Timur dalam suatu acara kebudayaan. Makanan ini akan dihidangkan oleh banyak anggota keluarga saat menyambut tamu yang akan datang.

Tapi berhati-hatilah saat menyantap makanan ini. Bisa jadi kuah santan akan jatuh di baju dan menjadi kotor.

Oleh karena itu bacalah artikel ini hingga akhir. Keunikan lontong bumbu ladan hingga benda penghilang noda kuah santannya di baju lengkap disini!

Lontong Bumbu Ladan Adalah

Lontong bumbu ladan adalah makanan yang identik dengan siraman kuah kental berwarna kuning. Sebelumnya lontong itu dipotong-potong dan kemudian diletakkan di atas piring.

Lontong bumbu ladan adalah sajian penting untuk menyuguhkan hidangan pada orang dari luar kota yang mengunjungi rekannya yang berada di Gresik. Akan tetapi hidangan ini ada di beberapa perayaan saja. Umumnya perayaan yang selalu menghadiri makanan berupa lontong bumbu ladan adalah Rebo Wekasan.

Lontong bumbu ladan menggunakan bumbu jangkep. Jangkep adalah bahasa jawa yang berarti lengkap. Oleh karena itu siraman kuah pada makanan ini menggunakan aneka-aneka rempah nusantara, kecuali kencur. (Sumber: Gresik Satu)

Kuah kental pada lontong bumbu ladan berasal dari penggunaan santan. Dengan menggunakan santan yang kental maka cita rasanya akan semakin nikmat dan gurih.

Sayangnya aneka makanan yang terbuat dari santan rawan mengotori baju Anda. Jika tidak berhati-hati maka noda santan akan susah hilang pada baju.

Benda Penghilang Noda Santan di Baju

Noda santan pada kuah lontong bumbu ladang mengganggu penampilan. Apalagi jika menggunakan baju putih maka noda tersebut sangat terlihat. Segeralah hilangkan noda tersebut dengan benda penghilang noda santan di baju berikut ini.

1. Deterjen

Berbahagialah jika Anda menikmati makanan ini di rumah. Noda santan yang mengotori baju bisa segera dihilangkan dengan mencucinya menggunakan deterjen. Oleskan deterjen ke bagiannoda santan dan bersihkanlah secara perlahan hingga nodanya hilang.

Proses penghilangan ini mungkin memerlukan cara yang diulang-ulang. Namun benda penghilang noda santan di baju berupa deterjen akan cepat menghilangkan nodanya.

Setelah noda hilang bilaslah menggunakan air yang mengalir sambil digosok-gosokan menggunakan tangan atau sikat baju. Brhati-hatilah jika kainnya berbahan satin dan sutera karena bahan itu sangatlah rapuh. Dngan demikian seratnya akan mudah rusak.

2. Pakai Sabun Cuci Piring

Jika detergen tidak memungkinkan maka gunakanlah sabun cuci piring. Benda penghilang noda santan ini juga terkenal efektif membersihkan pakaian.

Cara membersihkannya tidak berbeda jauh ketika menggunakan deterjen. Akan tetapi Anda bisa mengganti air dengan tisu kering untuk menghilangkan beas sabun yang digunakan untuk membersihkan noda santan.

Menggunakan sabun cuci piring digunakan untuk menyamarkan noda santan untuk semetara. Saat sudah sampai rumah, barulah mencuci bersih baju tersebut.

3. Pakai Air Lemon

Jika ingin pakai cara yang alami, perasan air lemon bisa jadi benda penghilang noda santan di baju yang alami. Oleskan air perasan itu, gosokan, dan biarkan selama semalam. Setelah itu cuci hingga bersih baju itu menggunakan deterjen.

Air lemon mengandung bersifat asam. Kandungan tersebut efektif untuk campuran bahanpembersih. Di produk tertentu, kandungan asam dicampurkan dengan senyawa lain agar dapat membersihkan kotoran dengan maksimal.

4. Pasta Gigi

Benda penghilang noda santan di baju ini pasti ada di rumah Anda, kan. Selain menajaga kebersihan gigi, pasta gigi juga berguna untuk membersihkan noda santan.

Agar bersihnya maksimal, cucilah baju tersebut menggunakan sabun cuci baju dan air bersih. Kemudian jemur di bawah terik matahari dan lihat! noda santan pasti akan menghilang.

5. Alkohol

Benda penghilang noda santan di baju ini mungkin tidak banyak dimiliki oleh sebagian orang. Namun jika Anda memilikinya, alkohol bisa dimasukan dalam benda yang bisa menghilangkan noda santan.

Pertama-tama, tuangkan alkohol secukupnya di atas kapas yang sudah diambil secukupnya. Kemudian gosokan ke ke noda santan di baju Anda. Setelah menghilang, jangan langsung gunakan bajunya. Lebih baik cuci dengan menggunakan deterjen agar lebih bersih.

Ada Tisu, Makan Lontong Bumbu Ladan Jadi Tenang

Nikmatilah lontong bumbu ladan tanpa khawatir yaitu dengan kantongi tisu di kantong pakaian Anda. Dengan tisu maka santan akan diminimalisir mengotori baju Anda. Menyeka bagian mulut dan menggosokan benda penghilang noda itu adalah tugas tisu.

Tisu kantong Plenty adalah tisu "jaga-jaga" saat menikmati lontong bumbu ladan. Mudah dibawa membuat kebersihan semakin terjaga. Maka, siapkan tisu kantong Plenty mulai sekarang!

Referensi:
https://www.hops.id/trending/pr-2943337302/kuah-opor-ayam-membekas-di-pakaian-coba-cara-menghilangkan-noda-santan-di-baju-berikut-ini?page=2
https://artikel.rumah123.com/5-cara-menghilangkan-noda-santan-di-baju-tidak-usah-panik-baju-bisa-kembali-bersih-seperti-semula-57428
https://www.gresiksatu.com/mencicipi-lontong-bumbu-ladan-menu-wajib-khas-rebo-wekasan-desa-suci-gresik/
https://surabaya.tribunnews.com/2022/09/21/lontong-bumbu-ladan-makanan-khas-rebo-wekasan-di-desa-suci-kabupaten-gresik
https://www.detik.com/jatim/kuliner/d-6304682/lontong-bumbu-ladan-menu-wajib-rebo-wekasan-di-gresik
https://www.bantenraya.com/nasional/pr-1274834852/lontong-bumbu-ladan-menu-wajib-khas-rebo-wekasan-desa-suci-gresik
 
 



Diposting oleh : Dini Harianti BR Sinambela
pada 05 March 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer