13 Makanan Manis Khas Jawa Barat yang Wajib Dicoba


 

Jawa Barat terkenal akan keinahan alam dan aneka makanan yang nikmat. Selain makanan pedas, makanan manis khas jawa barat pun patut dicoba dan rasakanlah sensasi rasa yang nikmat.

Aneka makanan tersebut mungkin jarang ditemukan ditempat lain. Oleh karena itu rekomendasi makanan manis yang berikut ini wajib dicoba ketika berada di kota-kota di Jawa Barat.

Saat membelinya, mintalah pendagang untuk memberikan alas pada piring yang disajikan. Alas kertas itu berguna agar makanan tidak bersentuhan dengan piring yang dikhawatirkan menimbulkan kontaminasi bakteri karena kotor.

Bacalah artikel ini untuk mengetahui makanan manis serta alas piring yang direkomendasikan

Ragam Makanan Manis Khas Jawa Barat

Setidaknya Anda wajib mencoba satu dari sekian makanan manis khas jawa barat berikut ini. Rasakan sensai lezat yang mungkin tidak didapatkan di kota lain selain area jawa barat.

1. Awug

awug

Awug adalah salah satu makanan manis khas Jawa Barat yang asalnya dari Bandung.  Awug terbuat dari campuran tepung beras, kelapa, dan gula merah yang dikukus. Rasa awug sangat manis dan lezat, terutama jika dimakan saat masih hangat.

Bentuk awug menyerupai kue putu. Biasanya, awug dikukus ke dalam wadah berbentuk kerucut atau yang disebut  dengan aseupan.

2. Bandros

Makanan manis khas Jawa Barat ini menyerupai kue pukis dan kue rangi yang sama-sama berbentuk setengah lingkaran. Meskipun bentuknya mirip, bandros memiliki rasa lebih manis gurih karena terbuat dari campuran tepung terigu, santan kelapa, dan garam yang kemudian dimasak dalam cetakan.  Setelah matang, bandros disajikan dengan taburan gula pasir atau cokelat meises.

3. Burayot

Burayot adalah makanan manis khas Jawa Barat yang dapat ditemukan di beberapa kecamatan di Kabupaten Garut seperti: Leles, Kadungora, dan Wanaraja. Bentuk burayot bulat lonjong dengan sedikit keriput dan berwarna kecokelatan

Nama "burayot" yaitu berasal dari bahasa Sunda yang berarti "bergelantungan". Rasa manis burayot didapatkan dari gula merah dan kelapa parut dan disajikan dalam beberapa varian rasa seperti cokelat, wijen, keju, jahe, dan kacang tanah.

Baca Juga:

4. Colenak

Colenak adalah makanan manis khas Jawa Barat yang berasal dari singkatan "dicocol makin enak". Makanan ini sudah ada sejak tahun 1930-an.

Colenak terbuat dari peyeum alias tape yang dipanggang di atas arang hingga agak kecoklatan. Setelah itu disajikan dengan cara dipenyet dan diberi gula merah cair serta kelapa parut yang dimasak dengan gula merah.

5. Dodol Garut

dodol garut

Dodol adalah makanan manis khas Jawa Barat tepatnya berada di Garut. Bentuk makanan ini seperti pipa kecil panjang, berwarna coklat, dan memiliki tekstur yang lembut. Dodol terbuat dari tepung ketan, kelapa parut, dan gula merah yang dimasak sambil terus diaduk hingga mengental dan dapat dibentuk.

Dodol garut sudah tersedia beraneka rasa. Rasa dodol garut terbaru diantaranya: strawberry, nanas, sirsak, durian, nangka, dan cokelat.

6. Getuk

Gethuk adalah makanan manis khas Jawa Barat yang menarik karena warna-warni. Getuk disajikan dengan parutan kelapa di atasnya.

Makanan ini terbuat dari olahan singkong yang digiling halus dan dicampur dengan gula pasir, kemudian dibentuk memanjang. Cita rasanya yang lezat dan manisnya gula pasti membuatnya sangat menggugah selera.

7. Gurandil

Gurandil terbuat dari tepung tapioka yang dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil dan diwarnai dengan pewarna. Biasanya makanan manis khas Jawa Barat ini punya warna hijau atau merah muda untuk menambah daya tariknya. Kemudian adonan ini dikukus dan disajikan dengan parutan kelapa. Jajanan tradisional Jawa Barat ini memiliki kemiripan dengan kue tradisional cenil.

8. Kue Balok

Kue balok merupakan makanan manis khas Jawa Barat yang berasal dari Bandung sejak tahun 1960-an. Kue manis ini terbuat dari adonan tepung terigu yang dicampur dengan susu dan gula pasir. Kemudian dipanggang di atas cetakan berbentuk balok sehingga dinamakan kue balok.

Kue ini sering ditemui di pinggir jalan karena termasuk dalam jajanan kaki lima. Ada kue balok yang dijual polos tanpa topping dan ada pula yang ditaburi meises.

9. Misro

misro

Misro adalah kue  yang terbuat dari campuran singkong parut dan kelapa parut yang kemudian diisi dengan gula merah. Ketika digoreng, gula merah di dalamnya akan meleleh, memberikan sensasi tekstur yang berbeda saat disantap dalam keadaan panas.  Misro adalah makanan manis khas Jawa Barat yang berasal dari singkatan "amis di jerone". Dalam bahasa Indonesia disebut dengan "manis di dalam".

10. Pisang Bolen

pisang bolen

Pisang bolen adalah makanan manis khas Jawa Barat yang dipanggang dengan isian pisang. Kulit yang di digunakan pada pisang bolen karena bentuknya seperti lapisan pastry croissant dengan tekstur yang lembut dan gurih.

Pisang bolen dikreasikan dengan beraneka isian yang disukai oelh semua kalangan misalnya kejo dan cokelat.

11. Putri Noong

Noong dalam bahasa Sunda berarti "mengintip" sehingga putri noong dapat diartikan sebagai putri yang mengintip,. Makanan manis khas Jawa Barat ini terbuat dari bahan dasar singkong dan pisang. Adonan singkong yang diparut dan diberi pewarna, kemudian bagian tengahnya diberi buah pisang. Adonan ini kemudian dikukus, dan setelah matang disajikan dengan kelapa parut.

12. Surabi

surabi

Surabi Bandung kerap disebut juga dengan pancake dari jawa barat. Makanan manis khas Jawa Barat ini dimasak dengan cara dibakar di atas tungku, sehingga aroma yang dihasilkan sangatlah harum.

Surabi asli Bandung yaitu surabi oncom. Namun kini surabi muncul dengan beraneka rasa-rasa manis seperti keju, fla, cokelat meises, bahkan buah-buahan.

13. Wajit Cicilin

Makanan manis khas Jawa Barat ini sering ditemukan di toko oleh-oleh di tempat-tempat wisata Jawa Barat. Oleh karena itu kue wajit cicilinkerap dipilih untuk buah tangan dari jawa barat.

Bentuknya sangat unik karena menyerupai limas. Wajik cicilin terbuat dari campuran beras ketan, gula merah, dan kelapa parut yang kemudian dimasak dan dibungkus dengan kulit jagung yang sudah dikeringkan terlebih dahulu.

#BungkusinAja Manisnya Makanan Jawa Barat dengan "Cap Gajah"

Manis nan legit di seluruh makanan manis khas jawa barat di atas menawarkan cita rasa yang lezat dan taakan terlupakan. Bila perlu bawalah kelezatan aneka makanan di atas dengan kertas bungkus anti rembes agar kenikmatan selalu terjaga hingga saat ingin dinikmati.

Kertas bungkus yang bantu hadirkan kenikmatan secara utuh adalah kertas bungkus "Cap Gajah".

Kertas bungkus "Cap Gajah" memiliki dua jenis kertas yaitu Laminated Wraping Kraft (LWK) dan Laminated Machine Glazed (LMG). Kedua dapat difungsikan sesuai jenis makanan yang akan dibungkusin.

#BungkusinAja kenikmatan dengan kertas bungkus berkualitas dan ramah lingkungan dengan membelinya disini:

  • E Commerce Kertas Bungkus Cap Gajah
  • Shopee Kertas Bungkus Cap Gajah Jakarta
  • Shopee Kertas Bungkus Cap Gajah Surabaya
  • Shopee Kertas Bungkus Cap Gajah Bandung
  • Tokopedia Kertas Bungkus Cap Gajah Jakarta
  • Tokopedia Kertas Bungkus Cap Gajah Surabaya
  • Tokopedia Kertas Bungkus Cap Gajah Bali
  • Tokopedia Kertas Bungkus Cap Gajah Bandung
  • Blibli Kertas Bungkus Cap Gajah Surabaya
  • Blibli Kertas Bungkus Cap Gajah Jakarta
  • Blibli Kertas Bungkus Cap Gajah Bandung
  • Lazada Kertas Bungkus Cap Gajah Jakarta
  • TikTok Shop Kertas Bungkus Cap Gajah

ecommerce suparma

 

Referensi:

 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 06 June 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer