6 Sate Khas Bali yang Autentik dan Lezat Rasanya


 

Bali terkenal akan aneka kulinernya yang menggugah selera. Salah satu jenis kuliner yang wajib dicoba ke sana yaitu aneka sate khas Bali.

Selain sate lilit, Bali juga punya aneka sate yang rasanya tak kalah nikmat. Siapapun yang menikmatinya pasti jatuh cinta dan ingin mencobanya lagi.

Jika Anda ke Bali, jangan lupa membungkusnya untuk dinikmati di rumah. Biasanya pedagang sate itu akan membungkusnya dengan kertas bungkus berkualitas yang anti rembes. Hal itu demi menjaga kenikmatan sate sampai saat dinikmati dirumah.

Ketahui pula merek dan jenis kertas bungkus sate khas Bali yang berkualitas didalam artikel ini.

Sate Khas Bali

Berikut ini aneka sate khas Bali yang kelezatannya mampu menyaingi aneka sate-sate di Indonesia.

1. Sate Lilit

sate lilit

Sate lilit adalah sate khas Bali yang paling populer diantara sate-sate di bali yang lainnya. Bahkan kepopuleran itu menjadikan sate lilit dimasukan dalam menu makanan yang wajib ada di restoran maupun warung makan sederhana khas Bali.

Sate lilit terbuat dari aneka daging-dagingan, misalnya: daging sapi, daging ayam, daging ikan, hingga daging babi.

Baca Juga:

Dinamakan sate lilit karena daging yang digunakan digiling, diberikan bumbu, kemudian di lilitkan di batang sereh atau tusuk sate.

Baca Juga:

2. Sate Asem

Sate asem adalah  sate khas Bali yang terbuat dari daging sapi yang berasal dari Karangasem, Bali. Dinamakan sate asem karena olahan sate ini menggunakan asam jawa sehingga terdapat rasa yang asam menyegarkan.

Sate asem masih kerap digunakan untk upcara keagamaan di Bali. Terdapat dua fungsi ritual keagamaan yang terkait sate asem yaitu simbol persembahan (yadnya), dan juga menjadi simbol senjata cakra milik dewa wisnu.

Mula-mula daging di sate asem dipotong dadu kemudian dicampur dengan bumbu base ganep, jeruk limau, dan santan kental.  Adapun proses memasak sate asem yang digoreng terlebih dahulu. Biasanya cara memasak ini dilakukan di Gianyar.

3. Sate Lembat

Sama halnya dengan sate asem, sate lembat digunakan untuk kelengkapan upacara keagamaan di Bali. Fungsinya juga sama yaitu sebagai persembahan (yadnya) dan simbol gada senjata Dewa Brahma (banten).

Sate lembat menggunakan aneka daging diantaranya; babi, ayam, itik, hingga penyu.

4. Sate Plecing

sate plecing

Singaraja memiliki sate khas Bali yang dinamakan sate plecing. Sate ini bercita rasa pedas, gurih, dan menyegarkan. Rasa itu didapatkan dari penggunaan bumbu plecing yang terkenal dengan pedas yang menyegarkan.

Sate plecing menjadi hidangan yang wajib saat acara keluarga atau kerabat di daerah Singaraja.

5. Sate Kablet

Sate kablet adalah sate khas bali yang mirip dengan sate lilit. Kemiripan itu karena daging yang digunakan dililit di tusuk yang dipakai.

Umumnya sate kablet menggunakan daging ikan tuna yang sudah dibumbui dan dihaluskan. Sajian sate kablet ditameni dengan sambal matah dan sambal kecap. Rasa pedas dan gurih bercampur dengan kelembutan daging tuna menambah kenikmatan sate khas bali ini.

6. Sate Languan

sate languan

Sate languan adalah sate khas bali yang biasanya disebut juga dengan sate lilit khas Bali. Sate ini berasal dari daerah Klungkung, Bali.

Sate Languan menggunakan ikan tongkol atau ikan tengiri. Pemilihan jenis ikan tersebut karena dagingnya yang cukup tebal dan kaya akan vitamin ikan tengiri yang baik untuk tubuh. Apalagi proses pembuatannya yang tanpa minyak sehingga dijamin lebih sehat.

Sate Languan disajikan bersama nasi putih dan sambal matah khas bali. Perpaduan itulah yang membuat seporsi sate languan dijamin ketagihan.

#BungkusinAja Kenikmatan Sate Khas Bali Pakai Cap Gajah

Dari keenam sate khas bali di atas, manakah yang akan Anda ingin cicipi?

Tenang, selagi berada di Bali, Anda dapat menikmatinya tanpa perlu makan di tempat. Anda dapat meminta penjualnya untuk membungkus sate khas bali yang Anda pesan.

Para pedagang akan membungkus pesanan Anda dengan kertas bungkus yang Anti rembes. Pilihan itu sangatlah tepat mengingat sate bali akan mengeluarkan minyak dari lemak daging yang dibakar.

Kertas bungkus dengan kualitas anti rembes karena kemampuan laminasi yang kuat sehingga mampu menahan makanan yang berminyak.  Kertas bungkus yang digunakan untuk membungkus sate adalah Laminated Wrapping Kraft (LWK) "Cap Gajah".

Anda juga dapat memilikinya sebagai pengganti kotak bekal nasi. Klik tulisan dibawah ini untuk membelinya:

  • E Commerce LWK Cap Gajah
  • Shopee LWK Cap Gajah Jakarta
  • Shopee LWK Cap Gajah Surabaya
  • Shopee LWK Cap Gajah Bandung
  • Tokopedia LWK Cap Gajah Jakarta
  • Tokopedia LWK Cap Gajah Surabaya
  • Tokopedia LWK Cap Gajah Bali
  • Tokopedia LWK Cap Gajah Bandung
  • Blibli LWK Cap Gajah Surabaya
  • Blibli LWK Cap Gajah Jakarta
  • Blibli LWK Cap Gajah Bandung
  • Lazada LWK Cap Gajah Jakarta
  • TikTok ShopLWK Cap Gajah

ecommerce suparma

Referensi:

 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 17 June 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk is a leading paper manufacturer company which focused in providing reliable and high quality paper.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. All Rights Reserved. | Privacy Policy | Site Map | Disclaimer