Corporate Sustainability Adalah: Definisi dan Perusahaannya


 

Corporate sustainability adalah kunci keberlanjutan bisnis di era modern yang tengah dijalankan oleh perusahaan terkemuka di Indonesia maupun di dunia.

Bayangkan sebuah dunia di mana perusahaan tidak hanya mengejar keuntungan, tetapi juga memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan. Itu akan berdampak bagi kelangsungan hidup bagi makhluk hidup di dunia.

Konsep ini mengedepankan tanggung jawab sosial dan lingkungan dalam strategi bisnis sehari-hari agar terwujudnya berbagai keuntungan tanpa mengorbankan lingkungan. Itulah yang tengah dilakukan oleh perusahaan kertas terbesar di Indonesia, yaitu PT Suparma Tbk.

Maka dari itu artikel ini akan mengajak Anda untuk  mengetahui apa itu corporate sustainability sekaligus bagaimana PT Suparma Tbk menerapkan prinsip sustainability dalam kegiatannya sehari-hari.

Corporate Sustainability Adalah

Corporate sustainability adalah strategi di mana perusahaan menyediakan barang dan jasa secara ramah lingkungan serta mendukung pertumbuhan ekonominya. Corporate sustainability adalah pendekatan yang memprioritaskan pertumbuhan jangka panjang melalui metode berkelanjutan dibandingkan berfokus pada keuntungan finansial jangka pendek. Dengan menerapkan strategi ini, perusahaan berkomitmen untuk menggunakan sumber daya alam secara bertanggung jawab, berinvestasi demi kesejahteraan bumi dalam jangka panjang, dan memastikan bahwa semua pihak yang terlibat dalam proses bisnis diperlakukan secara adil.

Corporate sustainability adalah konsep yang tak terpisahkan dari pengertian keberlanjutan secara umum, yang mengacu pada upaya untuk mendukung kehidupan dan menjaga keseimbangan planet kita. Dalam praktiknya, ini berarti melestarikan sumber daya alam bumi sambil memenuhi kebutuhan masa kini, tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka. Perusahaan yang menerapkan praktik berkelanjutan cenderung mengurangi konsumsi sumber daya terbatas atau mencari alternatif yang memiliki dampak lingkungan lebih minimal.

Pilar Corporate Sustainability

Tak dipungkiri jika corporate sustainability adalah pendekatan yang dijalankan guna menghasilkan nilai yang jangka panjang bagi pemegang saham, karyawan, konsumen, dan masyarakat. Maka dari itu perlu untuk menjalankan pilar Corporate Sustainability yang meliputi lingkungan, sosial, dan ekonomi (ESG). Berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai pilar corporate sustainability:

1. Lingkungan

Pilar corporate sustainability terkait lingkungan sering mendapat perhatian terbesar. Fokus utama pilar ini adalah pada pengurangan jejak karbon, pengelolaan limbah, efisiensi penggunaan air, dan mitigasi kerusakan lingkungan. Program ini tidak hanya mendukung kelestarian bumi tetapi juga membawa dampak finansial positif, seperti efisiensi bahan bakar melalui pengurangan kemasan yang berdampak pada bumi di waktu yang akan datang.

2. Sosial

Pilar corporate sustainability yang berfokus pada aspek sosial menekankan pentingnya izin sosial, di mana bisnis harus mendapatkan dukungan dari karyawan, pemangku kepentingan, dan komunitas lokal serta global. Perlakuan adil terhadap karyawan, seperti memberikan tunjangan fleksibel dan peluang pengembangan, serta kontribusi kepada komunitas melalui kegiatan seperti beasiswa dan investasi publik, merupakan bagian integral dari pilar ini.

3. Ekonomi

Pilar corporate sustainability ekonomi menekankan bahwa bisnis harus menguntungkan tetapi tetap berpegang pada prinsip kepatuhan, tata kelola yang baik, dan manajemen risiko. Hal ini melibatkan keselarasan antara manajemen perusahaan dan kepentingan pemegang saham serta komunitas. Praktik akuntansi yang transparan, penghindaran konflik kepentingan, dan tata kelola yang etis adalah kunci dalam memastikan pilar corporate sustainability ekonomi ini berfungsi dengan baik, memungkinkan perusahaan mempertimbangkan strategi keberlanjutan secara seimbang tanpa mengorbankan dua pilar lainnya.

Baca Juga: Perbedaan ESG dan CSR Lengkap Dengan Definisinya

PT Suparma Tbk Berhasil Menjadi Indonesia's Sustainability Paper Company

PT Suparma Tbk adalah corporate sustainability yang memproduksi tisu dan kertas merek Plenty, See-U dan Cap Gajah dengan melakukan semua pilar corporate sustainability yang dijelaskan di atas.

Dalam aspek lingkungan, PT Suparma Tbk memprioritaskan pengurangan jejak karbon dan penggunaan bahan baku ramah lingkungan. Melalui pengelolaan limbah yang cermat dan efisiensi energi, PT Suparma Tbk menunjukkan dedikasi pada pelestarian alam.

Pada pilar corporate sustainability sosial, PT Suparma Tbk sebagai Indonesia's Sustainability Paper Company berfokus pada kesejahteraan karyawan dan kontribusi positif bagi komunitas lokal. PT Suparma Tbk mengimplementasikan program kesejahteraan karyawan, serta berinvestasi dalam pendidikan dan proyek-proyek sosial.

Sampai pada bidang ekonomi, PT Suparma Tbk menerapkan praktik bisnis yang berintegritas, mematuhi standar tata kelola yang baik, dan berusaha menjaga keseimbangan antara keuntungan finansial dan tanggung jawab sosial. Dengan demikian, PT Suparma Tbk menunjukkan bahwa keberlanjutan dapat dicapai dengan berpegang teguh pada pilar-pilar corporate sustainability.

Mari kita bersama-sama mendukung PT Suparma Tbk dalam mewujudkan lingkungan yang berkelanjutan dengan memilih produk kertas dan tisu yang mereka produksi. Klik tombol di bawah ini untuk berkontribusi pada masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan.

Referensi:

https://www.futurelearn.com/info/blog/what-is-corporate-sustainability

https://www.investopedia.com/articles/investing/100515/three-pillars-corporate-sustainability.asp

 
 



Diposting oleh : Ella
pada 02 July 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk merupakan perusahaan kertas terkemuka yang berfokus pada pembuatan kertas dengan mutu handal dan kualitas tinggi.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. Hak cipta dilindungi Undang-undang. | Kebijakan Privasi | Peta Situs | Disclaimer