12 Rekomendasi Makanan Musim Hujan Serta Minuman Penghangat



 

Indonesia punya dua musim yaitu kemarau dan hujan. Pada saat hujan, suasana akan menjadi lebih dingin sehingga perlu makanan yang mampu menghangatkan tubuh Anda. Oleh karena itu nikmatilah rekomendasi makanan musim hujan pada artikel ini.

Di sisi lain, suasana dingin akibat hujan dapat bermanfaat untuk tubuh misalnya mampu meningkatkan kualitas tidur. Sayangnya hal tersebut tidak bisa dirasakan bagi orang yang tidak kuat terhadap suasana dingin.

Agar tidak menimbulkan gangguan kesehatan santaplah makanan yang hangat. Oleh karena itu siapkan bahan makanannya di tempat penyimpanan, kemudian masaklah dan hidangkan dalam keadaan yang hangat. Agar lebih hangat kami juga rekomendasikan minuman yang harus Anda hadirkan juga.

Aneka Makanan Musim Hujan

Pada bagian ini kami ingi menyebutkan aneka makanan yang cocok untuk dinikmati saat musim hujan. Inilah pilihannya:

1. Mie Rebus Instan

mie rebus instan
 

Mie rebus instan yang masih panas mengepul membuat makanan musim hujan ini tmenjadi pilihan yang tepat. Apalagi cara pembuatannya yang mudah dan tidak butuh waktu lama sehingga tubuh Anda akan terjaga kehangatannya.

Tambahkan telor agar mie rebus terasa nikmat dan gurih. Jika ingin vitamin yang kompleks, tambahkanlah potongan sayur sawi.

2. Sup

sup
 

Kuah kaldu ayam becampur dengan aneka rempah sop dapat menjaga kehangata untuk tubuh Anda. Kini banyak sekali aneka bumbu sop instan sehingga Anda dapat membuatnya dengan cepat di rumah. Campurkan wortel, buncis, bakso, sosis, dan daging ayam membuat sop lebih sehat dan lezat.

3. Bakso

Adonan daging yang dibentuk bulat serta tambahan kuah gurih dari kaldu sapi membuat bakso menjadi makanan musin hujan yang menjadi favorit orang-orang. Jika Anda tak sempat membelinya, kini bumbu bakso instan sudah banyak diperjualkan. Dengan membeli bakso instan dan campurkan bumbu kuah bakso tersebut sudah jadi makanan yang nikmat untuk menjaga kehangatan saat musim hujan.

Padukan semangkuk kuah bakso dengan mie dan sayuran berupa sawi atau kecambah. Dengan demikian rasa baksonya akan semakin beragam dan tentunya bergizi.

4. Soto

soto ayam
 

Indonesia punya 10 lebih jenis soto yang telah beredar. Banyaknya jenis soto ini menunjukan bahwa masyarakat indonesia menyukai makanan kuah yang hangat itu apalagi saat musim hujan.

Apapun jenis soto yang Anda nikmati gunakan perasan jeruk nipis di atas kuah tersebut. Rasa kecut ini menambah rasa yang segar pada semangkok soto yang Anda nikmati bersama keluarga.

5. Pempek

Kami masukan salah satu makanan khas sumatera ini menjadi makanan musim hujan karena rasanya yang segar dengan tambahan kuah cukonya. Rasa kecut serrta manis bercampur dengan gurihnya pempek membuat makanan ini cocok untuk teman Anda menikmati udara yang dingin saat hujan.

Jenis pempek yang patut dicoba untuk mengatkan tubuh adalah tekwan. Pempek disajikan dengan kuah kaldu udang bening sehingga tampilannya sekilas mirip dengan bakso.

6. Aneka Gorengan

Anda setuju kan jika gorengan adalah makanan yang disukai oleh masyarakat Indonesia? OGorengan masih cocok untuk dinikmati saat suasana dingin karena hujan.

Rekomendasi gorengan yang disantap saat suasana dingin adalah pisang goreng, bakwan atau bala-bala, tahu goreng, dan tempe goreng. Dengan tambahan cabe rawit mentah membuat gorengan terasa pedas dan keringat pun bercucuran.

7. Seblak

seblak pedas
 

Meskipun berasal dari Bandung namun seblak kini sudah mudah ditemukan di mana saja. Seblak identik dengan makanan berkuah yang disantap selagi masih hangat. Oleh sebab itu seblak cocok untuk makanan musim hujan pilihan Anda.

Rasa pedas serta bumbu kecurnya yang khas menambah rasa hangat pada tubuh Anda ketika menyantapnya. Namun berhati-hatilah saat menentukan level kepedasan pada seblak Anda sehingga jagalah keesehatan Anda.

Aneka Minuman Musim Hujan

Jika tak sempat memasak makanan musin hujan di atas, Anda bisa menghangatkan tubuh dengan aneka minuman musin hujan berikut ini:

1. Wedang Ronde

Minuman musim hujan ini dipadukan dengan anke isian dalam semangkuk ronda. Dengan demikian, Anda bisa menikmati kehangatan kuah wedang jahe sekaligus mengunyah isisan-isian yang menggugah selera tersebut. Bola-bola kecil terbuat dari tepung ketan dan ada kacang sangrai, kolang-kaling dan roti tawar. Kuah jahe dari wedang ronde cukup nikmat dinikmati di malam hari sembari menghangatkan tubuh di musim hujan.

2. Bubur Kacang Hijau

Kacang hijau direbus dan dicampurkan dengan kuah manis. Kacang hijau hangat adalah pilihan minuman musin hujan yang mampu menghangatkan tubuh selain wedang ronde.

Perpaduan kuah yang manis dan kacang membuat minuman ini mempu mengenyangkan perut. Sehingga minuman musin hujan ini sudah cukup memenuhi kebutuhan tubuh Anda.

3. Angsle

Angsle adalah jenis minuman musim hujan yang kerap disamakan dengan ronde. Hal yang membedakan angsle dengan ronde adalah penambahan roti tawar di dalamnya. Angsle adalah minuman dari kuah jahe yang hangat dengan ditambahkan isian roti tawar, kacang sangrai, dan mutiara.

Minuman ini hanya tersedia di malam hari. Maka dari itu angsle sangat cocok untuk dinikmati di dinginkan malam apalagi saat hujan sudah turun.

4. Coklat Hangat

Cokelat hangat sudah tersedia dalam bentuk bubuk. Dengan demikian Anda dapat menyeduhknya dengan air hangat.

Agar lebih nikmat, celupkan sedikit demi sedikit roti tawar di minuman musin hujan ini. Selain mendapatkan kehangatan, Anda juga akan mendapatkan rasa yang menganyangkan.

5. Bajigur bandrek

Minuman musi hujan ini berasal dari Jawa Barat. Meskipun demikian, sudah banyak pedagang yang menjual minuman ini.

Ternyata kedua bajigur dan bandrek adalah minuman yang berbeda. Bajigur terbuat dari gula aren dan santan sedangkan bandrek terbuat dari jahe dan gula merah. Jadi maknakah yang akan Anda seruut saat hujan turun?

Tisu di Ruang Makan

Menikmati makanan musim hujan beserta minumannya bersama keluarga akan menambah kehangatan. Oleh karena itu ciptakanlah suasana kebersamaan di ruang makan dengan menghadirkannya serta tak lupa hadirkan tisu di ruang makan.

Tisu Multi Purpose adalah tisu di ruang makan yang kami rekomendasikan. Bentuknya yang compact serta punya kelembutan membuat tisu multi purpose aman untuk digunakan saat menyeka kotoran di mulut. Selain itu Anda dan keluarga dapat menggunakan tisu multi purpose untuk menghilangkan kotoran di meja makan.

Merek tisu di ruang makan terbaik adalah See U. Pilihlah sesuai kebutuhan untuk meja makan Anda dengan melihat pilihan tisu multi purpose See U berikut ini:

  • Tisu Multi purpose See U; 150 Sheets
  • Tisu Multi Purpose See U; 200 Sheets; 4 in 1
  • Tisu multi-purpose See U; 200 Sheets; 6 in 1
  • Tisu Multi purpose See U; 150 Sheet; 8 in 1
  • Tisu multi purpose See U; 180 Sheets; 8 in 1

Temukanlah kehangatan tubh dan keluarga dengan tetap menjaga kebersihan dengan menggunakan tisu multi purpose See U. Dapatkanlah di pusat perbelanjaan sekitar Anda.

 

Referensi:
 
 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 18 March 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk merupakan perusahaan kertas terkemuka yang berfokus pada pembuatan kertas dengan mutu handal dan kualitas tinggi.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. Hak cipta dilindungi Undang-undang. | Kebijakan Privasi | Peta Situs | Disclaimer