6 Jenis Makanan untuk Insomnia yang Baik Dikonsumsi Rutin



 

Insomia adalah gangguan tidur sehingga penderitanya mengalami produktivitas yang terganggu. Oleh karena itu, perhatikanlah makanan yang dikonsumsi. Pilihlah makanan untuk insomnia agar dapat membantu kualitas tidur Anda membaik dari sebelumnya.

Makanan-makanan tersebut terandung nutrisi yang baik untuk bantu mendapatkan kualitas tidur yang baik. Agar hal teersebut dapat terwujud, masak dengan metode yang dianjurkan serta rutinlah mengonsumsinya dimana Anda berada.

Oleh karena itu bawalah bekal yang mengandung makanan-makanan tersebut. Bungkus makanan dari rumah dengan menggunakan kertas nasi yang berkualitas agar menjaga cita rasa olahan makanan Anda.

Gunakanlah kertas nasi yang tepat seperti dalam artikel ini. Dengan demikian Anda pun dapat membawa olahan makanan sehingga insomnia dapat berkurang dengan secara berkala. Bacalah artikel ini sampai selesai untuk menemukan merek kertas nasi untuk bungkus jenis makanan yang ada di bawah ini.

1. Makanan yang Mengandung Glycine

Glycine adalah jenis asam amino yang berperan dalam sistem saraf tubuh. Menurut Jurnal Sleep and Biological Rhythms, kandungan Glycine membantu seseorang yang insomnia agar cepat tidur dan punya kualitas tidur yang baik. Makanan untuk insomnia yang mengandung Glycine adalah kacang polong, bayam, telur, ikan, dan kubis.

2. Aneka Makanan untuk Insomnia dari Kacang-kacangan

Aneka kacang-kacangan mengancung magnesium yang cukup tinggi. Selain itu kandungan kacang-kacangan yang baik untuk orang insomnia adalah Triptofan.

Kedua andungan dalam kacang-kacangan itu dapat mengurangi kerja sarap dan otak. Dengan menurunkan kerja saraf dan otak membuat penyintasnya mengalami cepat lelah dan akhirnya tertidur.

Makanan untuk insomnia dari kacang-kacangan yang paling direkomendasikan adalah kacang almond. Salah satu jenis kacang ini dinilai lebih ampuk untuk mengurangi resiko insomnia karena dapat menstabilkan irama jantung sehingga menyebabkan cepat mengantuk.

Selain kacang almond, Anda boleh memilih kacang kenari dan kacang brasil untuk membantu Anda punya kualitas tidur yang baik. Hal itu karena mengandung protein, kalium, dan seleniaum yang membuat hormon tidur bekerja dengan baik.

3. Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Cukupilah kadar karbohidrat dalam tubuh Anda karena dapat menyebabkan Anda mengantuk dan tertidur. Karbohidrat dapat bantu memasukan zat pengatur tidur ke otak yang membuat Anda cepat mengantuk.

Makanan untuk insomnia yang mengandung karbohidrat ternyata dapat meningkatkan indeks glikemik. Hal tersebut membuat kualitas tidur menjadi lebih baik karena merasakan durasi tidur yang lebih lama.

Agar manfaat karbohidrat dapat diserap oleh tubuh dengan baik, sebaiknya konsumsilah maksimal tiga jam sebelum tidur. Waktu tersebut dipilih karena dianggap dapat terhindar sakit perut atau gangguan sistem pencernaan yang lainnya..

Makanan berkarbohidrat yang direkomendasikan untuk orang insomnia adalah karbohidrat kompleks diantaranya: roti gandum, oatmeal, jagung, dan kentang.

4. Makanan yang Mengandung Melatonin

Melatonin adalah hormon alami dari tubuh yang berguna sebagai pengendali ritme sirkadian atau pola yang mengatur fungsi tubuh selamaseharian penuh. Dengan demikian hormon melatonin adalah senyawa yang tergolong penting untuk mengatasi orang yang susah tidur atau insomnia.

Anda pun bisa menambahkan hormon Melatonin dari makanan untuk insomnia diantaranya telu, buat ceri, dan goji berry.

5. Makanan yang Mengandung Magnesium

Kandungan Magnesium sangat diperlukan untuk ada di dalam makanan yang dkonsumsi oleh penderita insomnia. Hal itu karena magnesium tergolong dalam salah satu jenis mineral yang mampu mengatur siklus hingga kualitas tidur. Oleh karena itu makanan yang mengandung mahnesium ini harus dipenuhi setiap hari untuk meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Kandungan magnesium laki-laki dan perempuan dewasa ternyata berbeda. Pada pria dewasa, magnesium yang dianjurkan yaitu sekitar 350 miligram setiap hari. Sedangkan magnesium pada perempuan dewasa yaitu 300–320 miligram.

Meskipun berbeda namun laki-laki dan perempuan harus melengkapi magnesium dengan mengonsumsi makanan untuk insomnia yang meliputi: alpukat, pisang, cokelat hitam, dan lain sebagainya.

6. Makanan yang Mengandung Berprotein

Makanan untuk insomnia yang mengandung protein pasti terkandung vitamin B6 yang terbukti baik untuk mengatasi kesulitan untuk tidur. Vitamin B6 akan aktif bekerja memproduksi Melatonim yang bekerja sama dengan Serotonim untuk menghasilkan siklus tidur yang tetap seimbang.

Makanan berprotein yang cocok untuk memperbaiki kualitas tidur yaitu ikan. Apapun olahan ikan pasti membantu Anda untuk mendapatkan kualitas tidur yang terbaik dari sebelumnya.

Selain itu makanan yang mengandung protein untuk "obat" insomnia adalah daging ayam. Menurut American Sleep Association, daging ayam mengandung Triptofan sehingga Anda dapat tertidur lebih pulas.

Triptofan dibutuhkan untuk memproduksi Serotonim,melatonin, dan vitamin B6. Ketiganya berfungsi untuk menghasilkan suasana yang rileks dan mood yang baik hingga mengatur siklus tidur yang baik.

#BungkinAja Makanan untuk Insomnia Dengan LWK

LWK adalah Laminated Wrapping Kraft atau lkertas nasi coklat yang biasanya digunakan untuk emmbungkus makanan. Jenis-jenis makanan untuk insomnia di atas dapat diolah dengan sehat agar nutrisi yang terkandung tidak hilang dan mampu mengurangi perasaan insomnia.

Gunakanlah bungkus makanan yang sehat dan bersi yaitu LWK Cap Gajah. Jadi hindarilah keraguan dengan menggunakan LWK Cap Gajah untuk membungkus makanan Anda dengan praktis.

 

Referensi:
  • https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/rekomendasi-obat-tidur-alami
  • https://hellosehat.com/pola-tidur/insomnia/makanan-minuman-untuk-mengatasi-insomnia/
  • https://www.halodoc.com/artikel/5-makanan-dan-minuman-untuk-bantu-mengatasi-insomnia

 
 



Diposting oleh : Dini Harianti BR Sinambela
pada 14 March 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk merupakan perusahaan kertas terkemuka yang berfokus pada pembuatan kertas dengan mutu handal dan kualitas tinggi.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. Hak cipta dilindungi Undang-undang. | Kebijakan Privasi | Peta Situs | Disclaimer