12 Makanan untuk Keluarga yang Mudah Dibuat Serta Bervitamin



 

Kumpul keluarga membuat suasana lebih hangat. Saat berkumpul jangan lupa menyantap makanan bersama-sama. Sayangnya, ibu-ibu masih bingung dengan menu makanan yang cocok untuk dihidangkan dengan keluarga. Oleh karena itu menu makanan untuk keluarga ini bisa jadi rekomendasi Anda untuk dihidangkan.

Makan ramai-ramai sudah menjadi budaya yang dilakukan masyarakat Indonesia secara turun temurun. Dengan makan bersama maka hubungan keluarga akan mudah diperbaiki. Dengan demikian komunikasi menjadi lebih baik dan keharmonisan pun menjadi terjalin.

Dengan satu meja yang sama, kemudian dihidangkan makanan-makanan di bawah ini maka kehangatan keluarga pun terjalin. Inilah rekomendasi menu makanan yang baik untuk dihidangkan di atas meja makan.

Baca juga: 12 Rekomendasi Makanan Musim Hujan Serta Minuman Penghangat

Makanan untuk Keluarga Berbahan Sayuran

Sayuran cocok untuk diolah apapun untuk hidangan keluarga Anda. Dengan diolah menjadi tumis hingga kuah, sayuran masih nikmat untuk disantap bersama keluarga. Maka dari itu inilah rekomendasi makanan untuk keluarga dari sayuran yang bisa dicoba:

1. Sop

Kuahnya bening dengan rasanya yang segar membuat makanan untuk keluarga ini cocok untuk segala umur. Dengan tambahan aneka protein di dalamnya membuat sop memiliki cita rasa yang lebih nikmat. Sop lebih nikmat jika disantap dengan nasi yang hangat sehingga isi perut terasa lebih hangat.

Sop adalah salah satu makanan untuk keluarga yang mudah pembuatannya. Sayuran yang umum digunakan untuk makanan sop adalah wortel, buncis, kentang. Kemudian diberikan aneka sumber protein misalnya potongan daging ayam, bakso, hingga sosis.

Sop nikmat disantap bersama protein yang digoreng misalnya ayam goreng, tempe goreng, tahu goreng. Penambahan sambal bantu menambah cita rasa yang nikmat dari sop karena ada rasa pedas, gurih dan segar dalam satu piring.

2. Cap Jay

Jika keluarga Anda suka menyantap sayuran yang sedikit berkuah, cap jay adalah menu makanan yang cocok. Sama halnya dengan sop, cap jay bisa ditambahkan dengan anka protein yang Anda dan keluarga sukai.

Cap jay diberikan sedikit kuah yang bertekstur kental. Dengan rasa yang gurih, kuah kental itu akan nikmat jika dicampurkan dengan nasi yang hangat.

3. Sayur Bening

Mungkin sayur ini tidak disukai oleh sebagian keluarga karena rasanya cenderung tidak menonjol dari olahan sayuran capjay. Namun hal itu justru menjadi ciri khas sayur bening karena tetap segar jika dinikmati.

Sayur bening menggunakan sayur bayam dan ditambah dengan jagung manis di dalamnya. Dengan demikian sayur bening punya cita rasa yang menyegarkan dengan vitamin dari bayam dan jagung.

Hati-hatilah jika menolah sayur bening. Pastikan porsi yang Anda buat cukup untuk keluarga Anda, jangan berlebihan. Bayam adalah sayuran yang tidak aman jika dipanas. Penyebab bayam tidak boleh dipanaskan karena bayam mengandung zat beso dan nitrat. Bayam yang dipanaskan membuat zat besi teroksidasi yang memicu radikal bebas. Kandungan tersebut menjadi pemicu penyakit kanker.

4. Aneka Sayur Tumis

Tumis adalah olahan makanan yang menggunakan sedikit minyak. Memasak sayuran tumis hanya membutuhkan waktu yang singkat jika Anda.

Sayuran tumis lebih baik diolah dengan waktu yang tidak terlalu lama. Mengolah sayuran tumis yang terlalu lama membuat vitamin di sayuran bisa hilang dan Anda dan keluarga kehilangan khasiat sayuran tersebut.

Sayur-mayur yang cocok untuk diolah dengan cara ditumis adalah kangkung, sawi, kecambah, buncis, kancang panjang, dan lain-lainnya. Agar lebih nikamt Anda boleh mencampurkan makanan untuk keluarga ini dengan campuran yang punya kandungan protein, misalnya: putih telur, ikan teri, dan protein bentuk kecil lainnya.

Baca juga:  6 Jenis Makanan untuk Insomnia yang Baik Dikonsumsi Rutin

Penuhi kebutuhan tubuh keluarga Anda dengan protein yang banyak ditemukan yaitu ayam. Mulai dari telor hingga daging ayam mampu diolah menjadi makanan untuk kelyuarga yang nikmat saat disantap bersamaan. Inilah rekomendaasi menu makanan yang bisa Anda buat di rumah:

1. Telor Goreng

Olahan telor goreng yang umum dibuat adalah telor kocok atau dadar dan telor mata sapi atau ceplok. Cukup dengan tambahan garam sangat nikmat saat disantap dengan aneka olahan sayuran.

Bahkan telor goreng ditemani dengan nasi hangat lengkap dengan sambal sudah sangat nikmat. Apalagi jika dimakan bersamaa dengan keluarga. Makanan sederhana pun akan tetap terasa enak.

2. Ayam Goreng

Kemunculan bumbu ayam goreng instan membuat pilihan makanan untuk keluarga dari ayam ini cepat untuk dimasak. Dengan tambahan penyedap rasa sesuai selera membuat ayam goreng buatan Anda jadi salah satu protein terfavorit yang disuka keluarga Anda.

Jika Anda punya banyak waktu untuk membuatnya, tidak ada salahnya untuk berkreasi. Ayam goreng keremes adalah menu yang boleh Anda coba. Ayam goreng yang gurih sekaligus tamburan renyahnya keremesan yang nda buat membuat lidah bergoyang saat menyantapnya.

3. Ayam Kecap

Kuah kecap yang manis dengan taburan bawang goreng membuat ayam kecap patut Anda buat untuk keluarga. Ayam kecap akan lebih nikmat jika menggunakan bagian ayam yang cukup berlemak misalnya paha ayam.

Sensasi makan ayam kecap akan nikmat saat Anda nikmati dengan campuran sayuran tumis. Tidak lupa taburkan kuah kecap secukupnya agar lebih nikmat. Pernahkan Anda mencobanya?

4. Ayam Opor

Disaat-saat tertentu, makanan untuk keluarga berupa opor ayam adalah menu yang wajib ada di atas meja makan. Biasanya opor ayam tersaji dengan lontong nasi yang sudah dipotong.

Setelah itu taburkan bawang goreng di atasnya. Kemudian berikan sambal secukupnya dipinggiran piring. Opor ayam siap dinikmati bersama-sama saat kumpul keluarga.

Keluarga pecinta makanan olahan laut? Tidak perlu beli di luar, Anda pun bisa membuat menu makanan yang menggugah selera mereka.

Seafood atau aneka ikan yang sering diolah untuk makanan keluarga adalah udang dan ikan nila. Kedua jenis ikan itu bisa diolah menjadi hidangan yang nikmat seperti berikut ini:

1. Udang Saus Padang

Rasa asam dan manis dari saus padang yang disiram dengan udang membuat santapan ini cocok untuk dihidangkan dengan keluarga. Menggunakan nasi hangat, Anda telah menghadirkan makanan dari restoran mahal di rumah.

2. Pepes Ikan

Makanan tradisional ini lebih nikmat jika dibalut dengan daun pisang karena lebih alami. Daging ikan yang sudah gurih ditambah dengan rempah khas indonesia yang nikmat membuat ikan pepesa cocok ntuk disantap meskipun tanpa nasi. Umumnya banyak orang yang menggunakan campuran belimbing sayur untuk menghadirkan sensasi kecut yang menyegarkan.

Makanan Keluarga dari Tahu Tempe

Tahu tempe adalah protein murah dan cocok untuk diolah apapun. Dengan demikian tahu tempe cocok untuk makanan keluarga yang dihidangkan di atas meja makan. Ini rekomendasi yang kami pilihkan untuk Anda:

1. Tahu Cabai Garam

Nama ini mungkin masih terdengar asing bagi Anda. Menu makanan keluarga ini cocok untuk dijasikan lauk bersamaan dengan aneka tumis sayuran.

Tahu krispi dengan penambahan rasa pedas dan gurih dari penyedap rasa membuat tahu cabai bisa untuk camilan keluarga Anda.

2. Oseng Tempe

Tempe dipotong kotak kecil, kemudian ditumis dengan menggunakankecap dan aneka taburan yang menggugah selera. Bila perlu tambahkan cabai agar menambah rasa yang pedas pada makanan menu keluarga ini.

Oseng tempe dengan ayam goreng adalah perpaduan makan yang membuat Anda ingin tambah terus-menerus. Apalagi jika makanan tersebut masih dalam keadaan hangat tentu meningkatkan nafsu makan Anda.

Tisu di Meja Dapur

Saat keluarga sudah berkumpul di meja makan, siapkan tisu tertentu di sana. Benda ini berfungsi untuk menyeka tangan dan mulut setelah menyantap makanan untuk keluarga yang Anda hidangkan.

Tisu di meja dapur yang kami sarankan adalah tisu multi purpose. Tisu ini punya ukuran kotak dan cukup kecil sehingga tidak membutuhkan ruang yang cukup banyak. Tisu multi purpose punya permukaan yang lembut sehingga aman untuk diaplikasikan ke mulut.

Permukaan tisu multi purpose yang lembut telah ada di tisu See U. Merek tisu di meja dapur itu menawarkan beberapa pilihan dapat Anda pilih, sepertui:

  • Tisu Multi purpose See U; 150 Sheets
  • Tisu Multi Purpose See U; 200 Sheets; 4 in 1
  • Tisu multi-purpose See U; 200 Sheets; 6 in 1
  • Tisu Multi purpose See U; 150 Sheet; 8 in 1
  • Tisu multi purpose See U; 180 Sheets; 8 in 1

Milikilah sekarang untuk kenyamanan setelah menyantap aneka makanan untuk keluarga yang terhidang.

 

ecommerce suparma



Referensi:
 
 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 19 March 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk merupakan perusahaan kertas terkemuka yang berfokus pada pembuatan kertas dengan mutu handal dan kualitas tinggi.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. Hak cipta dilindungi Undang-undang. | Kebijakan Privasi | Peta Situs | Disclaimer