Menu Prasmanan Arisan Keluarga yang Paling Banyak Dipilih


 

Salah satu cara mempererat hubungan silaturahmi keluarga yaitu dengan mengadakan arisan keluarga. Sambil bertukar cerita antar anggota keluarga, hidangkanlah menu prasmanan arisan keluarga yang selalu ada di setiap acara kumpul keluarga.

Cara penyajian prasmanan selalu jadi favorit ketika seseorang mengadakan acara yang mengundang banyak orang. Tamu-tamu akan merasa senang karena mereka dapat menikmati seluruh makanan yang disediakan tanpa dibatasi.

Acara kumpul keluarga akan lebih afdol jika menyediakan menu makanan yang familiar dengan selera orang Indonesia seperti yang berikut ini:

Menu Prasmanan Arisan Keluarga yang Berkuah

Masyarakat Indonesia suka makanan yang berkuah karena menyenangkan dan menghangatkan. Oleh karena itu makanan berkuah yang kerap dijadikan pilihan untuk menu prasmanan arisan keluarga diantaranya:

1. Bakso

menu arisan keluarga

 

Semangkuk bakso berisi bola-bola daging kenyal, mie kuning lembut, bihun kenyal dan tahu goreng gurih, siap memanjakan lidah seluruh anggota keluarga. Cita rasa kuah kaldu jika ditaburi dengan daun bawang, seledri, bawang goreng, serta saus sambal dan kecap. Dengan variasi rasa dan tekstur yang menggugah selera, bakso tak hanya mengenyangkan, tapi juga menjadi pusat perhatian di setiap acara.

Baca Juga: 3 Perbedaan Bakso dan Bakwan yang Mudah Diketahui

Bakso menjadi menu prasmanan arisan keluarga yang paling banyak dipilih karena mudah disiapkan dalam jumlah besar.

2. Rawon

Rawon juga menjadi menu prasmanan arisan keluarga yang tepat karena rasanya yang gurih. Daging sapi yang empuk berpadu sempurna dengan kuah kaya rempah yang dihasilkan dari buah kluwek. Rasanya yang unik dan menggugah selera membuat rawon tak pernah gagal memikat hati.

Untuk menyempurnakan hidangan ini, sediakan aneka pelengkap seperti tauge segar, irisan daun bawang, bawang goreng renyah, dan sambal yang pedasnya nampol. Kombinasi sempurna antara kuah rawon yang hangat, daging yang lembut, dan sensasi pedas dari sambal akan membuat setiap suapan terasa istimewa. Dengan menyajikan rawon sebagai menu utama dalam prasmanan arisan keluarga, Anda tidak hanya menghadirkan hidangan yang lezat, tetapi juga menciptakan suasana keakraban yang tak terlupakan.

3. Soto

Menu prasmanan arisan keluarga ini tak hanya mengenyangkan, tetapi juga menyatukan semua anggota keluarga dalam suasana yang hangat. Semangkuk soto hangat dengan kuah bening , ditambah dengan suwiran daging yang lembut dan tekstur kenyal bihun, pasti akan membuat siapa saja ketagihan.

Agar soto terasa lebih nikmat, jangan lupa racik kuahnya dengan tambahan irisan jeruk nipis, kecap asin, dan sambal. Kemudian Anda bisa menambahkan berbagai macam topping seperti telur rebus, kerupuk, atau potongan kentang goreng untuk menambah variasi dan cita rasa.

Menu Prasmanan Arisan Keluarga Pakai Nasi

Menu makanan prasmanan berikut ini biasanya dinikmati bersama dengan nasi hangat:

1. Sate Ayam

menu arisan keluarga

Menu prasmanan arisan keluarga ini selalu menjadi favorit di berbagai acara, termasuk arisan keluarga. Aroma harum dari daging ayam yang dibakar dengan sempurna kemudian dicampurkan dengan manisnya saus bumbu yang meresap hingga ke dalam serat daging akan bertambah nikmat jika dinikmati bersamaan dengan nasi hangat.

Saus kacang yang kental dan gurih akan menambah cita rasa unik pada setiap suapan. Tambahkan pula sambal yang pedasnya nendang untuk membuat sensasi makan semakin lengkap.

2. Ayam Goreng

Ayam goreng yang renyah di luar dan lembut di dalam, dipadukan dengan nasi hangat, menjadi kombinasi yang tak tertahankan. Dengan demikian menu prasmanan arisan keluarga ini selalu dicari-cari oleh seluruh anggota keluarga dan mereka akan mengambilnya lebih dari satu potong.

Keharuman bumbu yang meresap ke dalam daging ayam membuat siapa pun yang menciumnya langsung ingin mencicipi. Apalagi jika disajikan dengan sambal yang pedas dan segar, dijamin akan membuat selera makan semakin bertambah.

3. Capcay

Capcay adalah hidangan tumis sayuran yang kaya akan warna dan rasa. Perpaduan berbagai macam sayuran segar seperti wortel, brokoli, buncis, dan kembang kol, yang dimasak dengan bumbu yang pas, menghasilkan cita rasa yang lezat dan menyehatkan. Capcay sangat cocok disantap bersama nasi hangat karena tekstur sayuran yang masih renyah dan kuah yang gurih membuat capcay menjadi hidangan yang disukai semua kalangan.

Selain kenikmatannya, alasan capcay menjadi menu prasmanan arisan keluarga karena mengandung serat dan vitamin yang baik untuk tubuh.

4. Pecel

Pecel adalah hidangan khas Indonesia yang terbuat dari berbagai macam sayuran segar yang disiram dengan bumbu kacang. Rasa manis, gurih, dan sedikit pedas dari bumbu kacang membuat pecel menjadi hidangan yang sangat digemari. Sayuran yang digunakan dalam pecel biasanya terdiri dari kangkung, tauge, kacang panjang, dan bayam.

Meskipun sederhana namun pecel selalu jadi menu prasmanan arisan keluarga yang disukai oleh semua kalangan. Apalagi pecel cocok dicampurkan dengan berbagai lauk ditambah lagi dengan pemberian krupuk akan menambah kenikmatannya.

Camilan Saat Arisan Keluarga

Selain makanan berat setidaknya sediakan juga camilan untuk berbincang santai dengan anggota keluarga. Bahkan ada pula yang hanya menyediakan camilan saja saat mengadakan arisan keluarga karena camilan yang berikut ini sudah cukup menganyangkan:

1. Risoles

Risoles adalah camilan klasik yang selalu menjadi favorit banyak orang. Kulitnya yang renyah berisi isian daging ayam suwir atau sayuran yang gurih, membuatnya sangat cocok dinikmati sebagai camilan saat arisan keluarga. Ukurannya yang pas membuat risoles mudah dimakan dan tidak membuat kenyang berlebihan.

Selain itu, rasa gurih dan sedikit manis dari risoles sangat sesuai dengan selera masyarakat Indonesia. Risoles juga bisa disajikan dalam berbagai variasi isi seperti kornet atau sayuran, sehingga bisa menyesuaikan dengan selera setiap orang.

2. Kue Basah

Kue basah adalah jenis kue tradisional Indonesia yang memiliki beragam bentuk, rasa, dan tekstur. Mulai dari yang manis seperti onde-onde, getuk, atau apem, hingga yang gurih seperti bakwan atau tahu isi.

Kue basah sangat cocok disajikan sebagai hidangan penutup atau teman ngopi saat arisan keluarga. Selain itu, kue basah juga biasanya disajikan dalam porsi yang kecil-kecil, sehingga mudah untuk dicicipi berbagai macam jenisnya.

3. Pisang Goreng

menu arisan keluarga

 

Pisang goreng adalah camilan sederhana yang selalu berhasil menggoyang lidah. Pisang yang manis dan lembut dibalut dengan adonan tepung yang renyah, menghasilkan perpaduan rasa yang sempurna. Pisang goreng sangat cocok dinikmati sebagai camilan saat arisan keluarga. Selain itu, pisang goreng juga mudah dibuat dan bahan bakunya mudah ditemukan. Untuk menambah variasi, pisang goreng bisa disajikan dengan berbagai topping, seperti cokelat, keju, atau meses.

4. Tahu Isi

Tekstur tahu yang lembut berpadu dengan isian yang gurih membuat tahu isi menjadi hidangan yang sangat lezat apalagi saat diajikan saat acara arisan keluarga.

Tahu isi sangat cocok disajikan sebagai lauk pendamping nasi atau sebagai camilan. Selain itu, tahu isi juga merupakan makanan yang cukup mengenyangkan, sehingga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi perut saat arisan keluarga.

5. Pastel

Pastel adalah camilan untuk arisan keluarga yang memiliki kulit yang renyah dan berisi sayuran atau daging yang gurih. Rasa pastel yang gurih dan sedikit manis membuatnya sangat disukai oleh banyak orang. Selain itu, pastel juga mudah dibuat dan bisa disimpan dalam kulkas untuk kemudian digoreng saat akan disajikan.

6. Kue Bolu

Kue bolu adalah kue yang lembut dan memiliki rasa manis yang beraneka ragam seperti cokelat, keju, atau buah-buahan. Kue bolu sangat cocok disajikan sebagai hidangan penutup saat arisan keluarga. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis membuat kue bolu disukai oleh semua kalangan, terutama anak-anak.

Ciptakan Keharmonisan Keluarga dengan Hidangan Prasmanan

Keharmonisan keluarga dapat terwujud melalui berbagai cara, salah satunya adalah dengan menikmati hidangan bersama. Prasmanan adalah pilihan yang tepat untuk mengakomodasi selera makan yang berbeda-beda. Namun, aktivitas memasak dan makan bersama juga seringkali menghasilkan banyak kotoran.

Jangan khawatir, dengan Tissue Plenty, tisu dapur berkualitas tinggi dari PT Suparma Tbk, Anda dapat membersihkan dapur dengan mudah dan cepat. Daya serapnya yang tinggi akan membantu Anda mengatasi segala jenis tumpahan dan noda, sehingga Anda bisa fokus menikmati waktu bersama keluarga.

Pabrik kertas Indonesia, PT Suparma Tbk akan memberikan sentuhan lembut layaknya kasih sayang tulus seorang ibu dalam mempersiapkan makanan untuk seluruh keluarganya. Selain itu sebagai Indonesia's Sustainable Paper Company ini juga tetap menghadirkan lingkungan berkelanjutan yang baik untuk kita di masa depan

Referensi:

https://www.sehataqua.co.id/en/menu-prasmanan-arisan-keluarga/

https://monsera.id/ini-dia-menu-prasmanan-arisan-keluarga-sederhana-yang-enak/

https://boganaanlay.com/blog/menu-prasmanan-asrisan-keluarga/

 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 16 October 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk merupakan perusahaan kertas terkemuka yang berfokus pada pembuatan kertas dengan mutu handal dan kualitas tinggi.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. Hak cipta dilindungi Undang-undang. | Kebijakan Privasi | Peta Situs | Disclaimer