Nasi Balap Puyung adalah: Sejarah, Resep, dan Definisinya



 

Jika sedang ke Lombok, jangan lupa menyantap makanan khasnya. Nasi balap puyung adalah makanan khas Kota Lombok yang patut Anda coba. Makanan ini punya cerita unik yang harus Anda ketahui.

Berbeda dengan makanan khas lainnya, nasi balap puyung justru susah sekali ditemukan di luar Kota Lombok. Keterbatasan itu justru membuat Anda wajib mencoba makanan khas ini agar lebih komplit saat mengunjungi Lombok.

Makanan khas ini mengunakan kertas nasi sebagai alas piring saat disajikan. Oleh karena itu kami lengkapi informasi Anda dengan merek kertas nasi yang baik untuk aneka makanan nasi khas Nusantara.

Nasi Balap Puyung Adalah

Seperti yang sudah Anda baca dikalimat pembuka, nasi balap puyung adalah salah satu makanan khas Lombok. Tepatnya makanan khas ini pertama kali tercipta di Desa Puyung, Kecamatan Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Nasi Balap puyung adalah makanan yang lebih nikmat jika disantap pagi hari. Hal itu tak terlepas dari isiannya yang komplit karena ada kandungan karbohidrat, protein, dan vitamin. Dengan demikian sepiring nasi balap puyung sudah cukup memenuhi kebutuhan harian Anda untuk sarapan.

Isian nasi balap puyung adalah nasi putih, ayam suwir, keripik kentang, kacang kedelai, tumis kacang panjang. Kacang kedelai itu biasanya juga digantikan dengan sangrai kacang tanah.

Nasi balap Puyung selalu dihidangkan dengan piring yang sudah diberi alas berupa daun pisang. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa alas yang dipakai adalah kertas nasi. Terlepas dari apapun alas yang dipakai, nasi balkap puyung masih layak dinikmati tanpa kehilangan satu cita rasa dari makanan tersebut.

Sejarah Nasi Balap Puyung

Setelah mengetahui apa itu nasi balap puyung, Anda perlu tahu tenang sejarah nasi balap puyung. Kata "balap" pada makanan ini tidak lepas dari kebiasaan warga setempat.

Di beberapa tempat di Lombok kerap kali dijadikan sebagai arena balapan. Kmeriahan itu membuat orang-orang yang menontonnya sering membeli nasi campur khas lombok tersebut.

Sejarah nasi balap puyung punya beberapa versi. Mengutip dari Liputan6, salah satu penjual nasi balap puyung mengatakan bahwa makanan ini berkaitkan kegemaran anak muda terhadap balapan. Dikarenakan balap identik dengan malam hari sehingga para pedagang kerap melayani mereka yang suka nongkrong di Desa Puyung.

Sejarah nasi balap puyung pada versi lain mengatakan bahwa makanan ini disajikan dengan cara yang cepat. Oleh karena itu makanan ini disebuh dengan nasi balap.

Penyajiannya yang cepat tak lepas dari isian dari nasi ini. Pedagang tidak perlu memasak lauknya terlebih dahulu. Jadi, ketika ada yang membelinya maka penjual langsung memasukan isian kah nasi balap ini.

Resep Nasi Balap Puyung

Nasi Balap Puyung bisa dibuat dari rumah. Mudah sekali, Anda bisa meniru resep nasi balap puyung yang berikut ini:

1. Siapkan Bahan-bahan Nasi Balap Puyung

  • nasi putih
  • daging ayam suwir
  • bawang putih
  • bawang merah
  • butir kemiri
  • cabe merah
  • batang sereh
  • ruas laos yang digeprek
  • ketumbar
  • udang kering atau ebi
  • kentang ukuran besar
  • kacang goreng
  • lonjor kacang panjang

2. Masak Nasi

Masaklah nasi sesuai kebutuhan. Anda bisa mamasaknya di rice cooker sehingga dapat ditinggal untuk memask lauk nasi balap puyung lainnya.

3. Masak Ayam Suwir

Siapkan ayam tanpa kulit dan haluskan bumbunya yang menyerupai cabe merah, kemiri, bawang putih, bawang merah. Setelah sudah haslus, suwir-suwir ayam yang sudah dikukus dan masukan ke dalam bumbu yang sudah di dalam panci.

4. Masak Kentang

Mula-mula kentang di parut dan direndam dengan air yang sudah diberi garam dan penyedap rasa. Kemudian gorenglah dengan minyak yang panas. Setelah itu tiriskan.

5. Masak Kacang Tanah

Pada bagian ini gunakanlah minyak sedikit saja dan aduklah terus menerus. Jika sudah kecoklatan, angkat dan tiriskan.

6. Masak Kacang Panjang

Kacang panjang disajikan mentang dengan sensasi gurih dan pedas dari sambal. Mula-mula buatlah sambal dengan campuran bawang merah, bawang putih, tomat, teras, dan lombok. Setelah itu campurkan dengan kacang panjang yang sudah disediakan.

7. Susun Di Atas Piring

Agar tampilannya cantik, letakan nasi ditengah, kemudian dikelilingi lauk-lauk yang sudah Anda buat.

Alas Makan di Piring

Nasi balap Puyung identik dengan alas makan di piring. Selain daun pisang, bisa juga menggunakan kertas nasi.

Kertas nasi adalah alas makan di piring sebagai pengganti daun pisang yang semakin langka. Jika memilik produk kertas nasi yang tepat Anda akan mendapatkan keamanan saat digunakan.

Kertas nasi Cap Gajah adalah alas makan di piring yang paling direkomendasikan.  Plastik pelapis tersebut tersertifikasi aman kontak langsung dengan makanan karena menggunakan Oxxium

Sudahkah Anda emmilikinya?

Referensi:

www.detik.com
www.liputan6.com
 



Diposting oleh : Trenaldy
pada 06 March 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk merupakan perusahaan kertas terkemuka yang berfokus pada pembuatan kertas dengan mutu handal dan kualitas tinggi.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. Hak cipta dilindungi Undang-undang. | Kebijakan Privasi | Peta Situs | Disclaimer