CSR PT Suparma Tbk Membersihkan Sungai Demi Hadirkan Air yang Bersih



 

PT Suparma Tbk selaku inisiator yang melakukan kegiatan membersihkan sungai di Sungai Pelayaran, Sidoarjo, Jawa Timur. Kegiatan membersihkan sungai tersebut adalah bentuk komitmen PT Suparma Tbk untuk menjaga kebersihan air sungai agar dapat digunakan oleh makhluk hidup secara berkelanjutan.

Sungai Pelayaran di Sidoarjo diketahui sebagai salah satu sungai yang perlu dibersihkan di Sidoarjo. Di sepanjang aliran Sungai Pelayanan ditemukan eceng goondok, limbah popok, dan limbah-limbah anorganik lainnya. Jika dibiarkan maka itu akan mencemari air sehingga tidak layak lagi untuk digunakan oleh manusia.

Dengan demikian PT Suparma Tbk sebagai salah satu perusahaan ramah lingkungan bertanggung jawab akan kebersihan air dan juga lingkungan. Oleh karena itu PT Suparma Tbk melakukan aksi bersih-bersih Sungai Pelayaran yang dilaksanakan pada 18 Mei 2024 dengan tema "Commitment to A Better Future : Aksi Bersih-Bersih Sungai di Sungai Pelayaran Sidoarjo”.

CSR PT Suparma Tbk Inisiasi Gerakan Bersih - Bersih di Sungai Pelayaran

Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, PT Suparma Tbk melaksanakan program CSR berupa aksi bersih-bersih sungai Pelayaran di desa Krembangan, Kecamatan Taman Sidoarjo, pada Sabtu, 18 Mei 2024. (Sumber: Cakrawala)

Jajaran Manajemen PT Suparma Tbk juga ikut terjun langsung, membersihkan sampah dan eceng gondok dari sungai tersebut. Wahyu Kristiawan, General Manager Corporate Liaison & Public Relations PT Suparma Tbk menyampaikan bahwa inisiatif dan komitmen yang baik ini akan terus dijalankan sepanjang masa. (Sumber: Tribunnews)

Kegiatan CSR PT Suparma Tbk yang bertema "Commitment to A Better Future : Aksi Bersih-Bersih Sungai di Sungai Pelayaran Sidoarjo”, ini sebagai salah satu langkah untuk menjaga kebersihan air sungai agar dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan manusia.  Apalagi isu global yang berkembang adalah semakin banyaknya sampah, emisi yang tidak terkendali, dan kualitas air yang menurun. (Sumber: Beritaplus)

"Penurunan kualitas air harus kita antisipasi, mungkin salah satu penyebabnya adalah tingginya beban pencemaran setiap hari, seperti sampah yang dibuang sembarangan. Oleh karena itu, kita perlu fokus menangani masalah kualitas air," tambah Wahyu Kristiawan. (Sumber: RRI)

Perlu kita sadari bahwa aksi bersih-bersih sungai sangat berdampak baik bagi lingkungan secara berkelanjutan. Manfaat membersihkan sungai yaitu dapat meminimalisir bencana banjir, menjaga ekosistem sungai, penggunaan air yang bebas gangguan kesehatan, terpenuhinya kebutuhan manusia terhadap air bersih, hingga dapat menggunakan sungai yang bersih sebagai tempat wisata.

Manfaat membersihkan sungai itulah yang sedang PT Suparma Tbk gencarkan agar Sungai Pelayaran dapat menjadi sungai yang dapat dimanfaatkan dengan baik bagi manusia.

Kegiatan membersihkan sungai yang diinisiasi oleh PT Suparma Tbk adalah hasil kolaborasi dengan pihak-pihak yang terkait diantaranya:

  1. PUSDA (Pekerjaan Umum Sumber Daya Air) Jawa Timur,
  2. Perum Jasa Tirta (PJT)
  3. Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS)
  4. Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sidoarjo
  5. Perangkat Desa Krembangan Sidoarjo, dan
  6. Warga sekitar.

Total orang yang ikut serta dalam kegiatan yang diinisiasi PT Suparma Tbk sebagai inisiator dalam aksi Sungai Pelayaran Sidoarjo yaitu sebanyak 150 orang.

Kepala Desa Krembangan, Sutrisno, menyatakan bahwa kegiatan ini mampu menjawab kebutuhan masyarakat dalam mengatasi masalah lingkungan seperti kebersihan sungai, pendangkalan, dan banjir akibat eceng gondok. (Sumber: Infopublik)

"Atas nama pemerintah desa Krembangan, saya sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada PT Suparma Tbk atas program CSR ini, harapannya, kepedulian ini akan berkelanjutan, kontribusi terus berlanjut termasuk untuk kesehatan dan kenyamanan hidup masyarakat, serta membawa berbagai hal positif bagi masyarakat," kata Kepala Desa Krembangan Sutrisno.

PT Suparma Tbk Berhasil Berhasil Bersihkan Sungai Pelayaran di Sidoarjo, Jawa Timur

Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Suparma Tbk yang bertema "Commitment to A Better Future : Aksi Bersih-Bersih Sungai di Sungai Pelayaran Sidoarjo” sebagai representasi konsep sustainability yang dijunjung tinggi oleh PT Suparma Tbk. Komitmen PT Suparma Tbk terhadap sustainability bertujuan agar memberikan manfaat terhadap sosial, ekonomi, lingkungan, sejalan dengan prinsip yang lebih terintegrasi, terarah, dan terukur arahnya".

"Kita PT Suparma Tbk akan berinisiatif dan kedepannya akan melanjutkan untuk melaksanakan program pembersihan sungai dan upaya-upaya lain untuk mendapatkan air-air bersih" ujar Edward Sopanan selaku CEO PT Suparma Tbk.

Inisiasi PT Suparma Tbk membersihkan sungai bertujuan agar dapat menghadirkan kualitas air sungai yang terbaik. Hal itu sejalan dengan konsep dari forum kelas World Water Forum 2024 yang sedang berlangsung di Bali. Dengan demikian PT Suparma Tbk adalah satu-satunya perusahaan ramah lingkungan di Indonesia yang berkesempatan untuk mendukung langsung keberhasilan forum berskala Internasional tersebut. (Sumber: Antaranews)

Mari dukung kebaikan PT Suparma Tbk dengan cara membeli semua produknya di shop.ptsuparmatbk.com. Di sana menjual produk PT Suparma Tbk berkualitas dengan harga termurah.

Klik banner di bawah ini untuk beralih ke shop.ptsuparmatbk.com.

 

ecommerce pt suparma

    Referensi:
 



Diposting oleh : Ella
pada 21 May 2024

Rate this article :

 

PT Suparma, Tbk merupakan perusahaan kertas terkemuka yang berfokus pada pembuatan kertas dengan mutu handal dan kualitas tinggi.

 

© 2024 PT Suparma, Tbk. Hak cipta dilindungi Undang-undang. | Kebijakan Privasi | Peta Situs | Disclaimer